Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Sekolah Minggu Selama Liburan


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Anak-anak Berlibur.
Jumlah anak sekolah minggu berfluktuasi.
Guru membutuhkan hari libur.

Terkadang sulit bagi kita untuk melewati masa liburan. Ini merupakan masalah khusus bagi gereja-gereja kecil.

Beberapa gereja, akan berusaha sekuat tenaga untuk tetap mengadakan sekolah minggu apa pun yang terjadi. Tetapi, bukankah hal ini justru menyurutkan semangat para guru?

Beberapa gereja mungkin akan meliburkan sekolah minggu selama masa liburan. Tetapi, bukankah anak-anak yang setia itu penting meskipun hanya sedikit?

Kesempatan-Kesempatan Sekolah Minggu pada Masa Liburan

Apakah ini menjadi masalah utama atau masalah sepele? Mengapa Anda tidak mengubah acara sekolah minggu selama masa liburan untuk mengatasi masalah ini? Anda bisa membuat sekolah minggu pada masa liburan menjadi spesial atau unik.

Anda hanya membutuhkan sedikit perencanaan dan peningkatan, tetapi Anda akan terkejut dengan hasilnya. Lebih-lebih jika yang Anda lakukan lahir dari sebuah doa.

Apa yang Allah inginkan untuk Anda lakukan pada masa liburan? Inilah masalah pokoknya, bukan apa yang menarik atau apa yang dilakukan gereja-gereja yang lain.

Anda bisa memanfaatkan masa liburan sebagai kesempatan untuk menjangkau orang yang tidak biasanya Anda jangkau, seperti jemaat reguler atau komunitas. Orang tua akan merasa senang, mengetahui ada kegiatan yang bisa mengikutsertakan anaknya setiap minggu pada saat libur sekolah.

Anda bisa memanfaatkan masa liburan sebagai kesempatan untuk melibatkan orang-orang yang belum menjadi guru sekolah minggu. Orang-orang yang tidak mengajar sekolah minggu, mungkin bersedia melakukan tipe-tipe pelayanan yang lain, jika Anda menawarkan kegiatan yang berbeda pada masa liburan.

Pilihan-Pilihan Kegiatan yang Dapat Dilakukan Sekolah Minggu

1. Kelas Gabungan

  1. Gabungkan beberapa kelas untuk anak-anak yang jenjang usianya berdekatan.
  2. Gabungkan semua kelas untuk kegiatan khusus (menonton film, panggung boneka, drama, permainan sulap, program musik, CTA (Cerdas Tangkas Alkitab), dll.).

2. Pelajaran dan Kegiatan

  1. Pilihlah pelajaran untuk sekali pertemuan (bukan pelajaran berseri) yang tidak saling terkait, sehingga anak-anak yang tidak hadir pada satu atau dua minggu sebelumnya tidak ketinggalan cerita saat mereka datang ke sekolah minggu. Dengan demikian, Anda tidak perlu menghabiskan setengah sesi pelajaran untuk mengulang kembali cerita minggu lalu bagi anak-anak yang minggu sebelumnya tidak hadir.
  2. Gunakan kurikulum untuk Sekolah Alkitab Liburan (SALIB) atau kurikulum berkemah pada jam-jam sekolah minggu (Beberapa gereja menerapkan hal ini dalam acara Sekolah Alkitab Liburan selama seminggu penuh).
  3. Libatkan guru-guru tamu agar guru yang lain bisa libur.
  4. Jika Anda menggunakan kurikulum tradisional (sesuai aturan gereja/sinode), beralihlah ke pusat pembelajaran atau lakukan model pengulangan kurikulum.
  5. Manfaatkan tempat-tempat yang bagus di luar ruangan. Adakan sekolah minggu di luar ruangan saat cuaca tidak terlalu panas atau tidak hujan. Kelas pemuda atau dewasa duduk di bawah pohon, di dalam paviliun atau tenda untuk mendiskusikan topik yang relevan. Anak-anak duduk di atas rumput untuk mendengarkan cerita Alkitab dan mengikuti kegiatan tambahan lainnya di luar ruangan. Banyak permainan tradisional yang bisa digunakan untuk mengajarkan ayat, kebenaran, dll.. Anak-anak sangat senang bermain balon air pada musim yang cerah.

3. Aktivitas Anak

  1. Masa liburan adalah masa yang tepat untuk mencoba beberapa pembelajaran antarkelompok usia. Anda bisa mengajak anak-anak dari semua umur.
  2. Sebelum musim liburan, mintalah kelas-kelas yang berbeda merencanakan sesuatu yang istimewa untuk ditampilkan kepada semua orang atau kepada kelas lain. Ingatlah untuk meminta anak-anak memeriksa kalender sebelum menyerahkan tanggung jawab mereka.
  3. Bentuklah kegiatan persaudaraan yang di dalamnya Anda dapat memasangkan anak-anak layan yang muda dengan yang lebih tua untuk membaca buku atau cerita Alkitab, membuat keterampilan bersama-sama, dsb..

4. Kreatif

  1. Rencanakanlah untuk mengadakan piknik, penjangkauan, atau ibadah kunjungan untuk perawatan orang sakit, rumah sakit, klinik-klinik, pembagian traktat di taman, dll.. Orang-orang dewasa bisa ditugasi untuk memimpin sekelompok anak. Waktu dalam perjalanan ini bisa digunakan untuk mendiskusikan hal-hal seperti menjadi seorang Samaria yang baik, dll.. Beberapa kegiatan bisa dilaksanakan di sekitar gereja seperti menyiapkan tempat makanan, membuat kartu untuk para utusan Injil, dll..
  2. Ajak beberapa kelompok kecil orang dewasa dan remaja ke sekolah minggu dan buatlah sesuatu yang spesial untuk anak-anak, seperti film, panggung boneka, drama, dll..
  3. Siapkan sarapan setiap minggu dan sampaikan renungan pendek atau pelajaran, beberapa anak bernyanyi dan bagilah mereka ke dalam beberapa kelompok kecil untuk bersekutu dan berdoa.
  4. Buatlah aktivitas spesial di luar ruangan pada jadwal sekolah minggu dengan mengingat komunitas penjangkauan seperti bazar, sarapan di dalam tenda, cuci mobil, dll.. Dengan aktivitas tersebut, traktat dan informasi tentang gereja Anda dapat disebarkan. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Mintools.com
Alamat URL : http://mintools.com/blog/summer-sunday-school.htm
Judul asli artikel : Sunday School During Summer Months
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 13 April 2011

Komentar