Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Allah Memberi Sepuluh Perintah


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Untuk Guru SM:

  1. Bacalah Keluaran 19-20.
  2. Pelajarilah pasal-pasal tersebut.
  3. Apakah Anda siap bercerita? Mulailah cerita.
  4. Cerita ini penting sekali untuk menjelaskan arti dan maksud perintah Allah. Allah memberi perintah atau Taurat supaya manusia dapat mengerti bahwa kita orang yang berdosa.
  5. Semua orang berdosa sebab semuanya keturunan Adam. Ketika kita semua dilahirkan, kita sudah terpisah dari Allah, itu adalah akibat dosa Hawa.

Katakan kepada Murid-murid:
Carilah sifat-sifat Allah yang dijelaskan dalam cerita hari ini.

Ayat Alkitab:
Keluaran 20:1-17

Cerita:
Duabelas anak Yakub dan keturunannya sekarang disebut umat Israel. Mereka sudah menjadi bangsa yang besar dan raja mereka ialah Allah. Mereka terus berjalan dan akhirnya tiba di gunung Sinai. Allah memimpin Musa sampai umat Israel dapat berbakti di gunung itu.

Allah memanggil Musa agar datang ke puncak Gunung Sinai untuk bercakap-cakap. Di situ Allah mengulangi rencana-Nya untuk membawa mereka keluar dari Mesir dengan kuasa-Nya yang besar dan dengan mujizat. Allah berkata kepada Musa, "Sekarang kalau kamu taat kepada-ku dan setia kepada perjanjian-Ku, kamu akan Kujadikan umat- Ku sendiri." Musa kembali kepada umatnya dan menceritakan semua yang dikatakan Allah kepadanya. Orang banyak itu berkata, "Kami mau melakukan segala sesuatu yang dikatakan Tuhan."

Lalu Allah menyuruh Musa dan bangsanya bersiap-siap. Pada hari ketiga, Allah akan turun ke Gunung Sinai dan berbicara kepada umat Israel. Pada hari itu terjadi guruh dan petir. Awan yang tebal muncul di atas gunung dan terdengarlah bunyi terompet yang sangat keras. Semua orang di situ gemetar ketakutan.

Musa membawa mereka keluar, agar dia dapat bertemu dengan Allah. Mereka tidak boleh mendaki gunung itu. Kalau ada orang yang terlalu dekat, seketika itu juga dia akan mati. Hanya Musa saja yang boleh mendaki gunung itu.

Lalu Allah berbicara, Dia memberi "Sepuluh Perintah", dikenal juga sebagai "Sepuluh Hukum Allah":

  1. Jangan menyembah ilah-ilah lain; sembahlah Aku saja.
  2. Jangan membuat patung.
  3. Jangan menyebut nama Allah dengan sembarangan.
  4. Hormatilah hari Sabat (saat ini hari Minggu).
  5. Hormatilah ayah dan ibumu.
  6. Jangan membunuh.
  7. Jangan berzinah.
  8. Jangan mencuri.
  9. Jangan berbohong.
  10. Jangan iri hati.

Tanyakan kepada Murid-murid:
Sifat-sifat Allah yang mana yang dijelaskan dalam cerita ini? Bagaimana sifat-sifat Allah itu dinyatakan?

Sifat-sifat Allah dalam Cerita Ini:

  1. Allah itu Maha kuasa -- Allah menjadikan guruh, petir, api, awan yang tebal, dan gunung itu bergoyang sebelum Dia berbicara kepada umat Israel.
  2. Allah itu Mahabesar -- Allah memberikan sepuluh perintah yang sempurna dan suci. Perintah itu menolong manusia untuk menyadari bahwa kita orang berdosa.

Aktivitas:
Tulislah setiap perintah Allah pada secarik kertas. Tulislah arti perintah itu pada kertas lain. Sesudah selesai dengan pelajaran, bagikan kertas itu dan minta para murid mencari dan menjodohkan setiap perintah dengan artinya.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Sampaikan Cerita Keselamatan: Menyatakan Sifat-sifat Allah dan Kebenaran-Nya
Pengarang: 
Dell & Rachel Schultz
Halaman: 
78 - 82
Penerbit: 
Lembaga Literatur Baptis

Comments

situs ini membuat saya

situs ini membuat saya semakin ingin bertumbuh dan mengenal Yseus.

Komentar