Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Guru - Pendidik


Berisi berbagai tulisan yang membahas tentang peranan dan tugas pendidik / guru serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pendidik / guru.

Tak Mau Kehilangan

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Pertama kali aku terjun di Sekolah Minggu, aku melayani di kota kelahiranku, di gereja tempat aku dibina sejak kecil. Begitu asyiknya aku terikat di sana, sehingga aku enggan melepasnya meski sudah kuliah di luar kota. Aku memilih tetap mempertahankannya, dan baru melepaskan setelah menikah dan pindah domisili ke luar kota. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Menjadi Guru Sekolah Minggu adalah Panggilan

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

"Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu," (Yohanes 15:16). Ucapan Tuhan Yesus berlaku untuk siapa saja yang terjun di ladang pelayanan; apa pun pelayanannya dan di mana pun pelayanan itu dilakukan. Termasuk di Sekolah Minggu. Jadi, jangan berpikir bahwa kita menjadi guru Sekolah Minggu itu karena kebetulan, tanpa sengaja, atau kesasar, apalagi karena "kecelakaan". Jangan. Menjadi seorang guru Sekolah Minggu sungguh-sungguh adalah panggilan Tuhan. Tuhan sendiri -- bukan siapa-siapa yang lain -- yang sudah memilih kita di ladang pelayanan ini. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Bagian Para Guru

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Salah satu gerakan yang membawa harapan pada beberapa tahun terakhir ini adalah pengakuan betapa pentingnya untuk mengajar secara sungguh-sungguh, "bersifat pribadi", dan bertujuan. Tujuannya bukan hanya untuk memiliki pengetahuan Alkitab saja. Juga, tujuan itu bukan semata-mata untuk mengembangkan watak susila di dalam arti yang biasa. Kita harus mengajar murid-murid supaya mereka menjadi teman sekerja kita bersama-sama dengan Allah. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Tuhan Melihat Hati

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 761 - Mempersiapkan Anak Menghadapi Pergumulan Hidup (2)

Pelajaran Alkitab untuk anak-anak ini berasal dari 1 Samuel 16:1-13 ketika Samuel mengurapi seorang anak gembala muda bernama Daud sebagai raja Israel berikutnya. Ini mengajarkan kebenaran bahwa Tuhan melihat hati manusia dan bukan pada penampilan luar mereka. ... baca selengkapnya »

Bagaimana Kita Mempersiapkan Anak-Anak Kita untuk Menghadapi Penderitaan?

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 760 - Mempersiapkan Anak Menghadapi Pergumulan Hidup (I)

(Wawancara dengan John Piper -- Transkrip Audio)

Sebuah pertanyaan yang menyentuh, penting, dan bijaksana dari seorang ibu. "Pastor John, nama saya Malia, dan saya baru menjadi ibu dari seorang bayi laki-laki. Saya sudah berpikir tentang konsep menderita dalam kaitannya dengan anak saya. Akan sangat sulit untuk melihatnya menderita, tetapi saya tahu dia akan menghadapinya pada suatu hari, dan mungkin dia sudah mengalaminya dengan caranya sendiri sebagai bayi. Pertanyaan saya sederhana: Bagaimana cara mempersiapkan dirinya untuk, dan membesarkannya untuk menangani, penderitaan? Apa saja cara praktis bagi orangtua muda untuk mengajarkan anak bahwa penderitaan adalah bagian dari kehidupan, dan bahwa kita dapat memercayai Tuhan di dalamnya?" ... baca selengkapnya »

Komitmen Guru Sekolah Minggu

Jenis Bahan PEPAK: Tips

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 723 - Komitmen Pelayan Anak (II)

Komitmen sebagai guru sekolah minggu untuk melayani Tuhan perlu diuji dan diperbarui. Berikut ini adalah daftar komitmen yang bisa menjadi evaluasi bagi kita, apakah masih ada hal-hal penting seputar pelayanan sekolah minggu yang kita belum berkomitmen untuk melakukannya. Daftar komitmen di bawah ini juga bisa menjadi salah satu bagian dari formulir pendataan/pendaftaran guru sekolah minggu di gereja kita. ... baca selengkapnya »

Bukan Kamu yang Memilih-Ku

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 722 - Komitmen Pelayan Anak (I)

Menjadi Guru Sekolah Minggu Adalah Panggilan

"Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu." (Yohanes 15:16) Ucapan Tuhan Yesus berlaku untuk siapa saja yang terjun di ladang pelayanan, apa pun pelayanannya dan di mana pun pelayanan itu dilakukan, termasuk di sekolah minggu. ... baca selengkapnya »

Berhati Hamba

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 722 - Komitmen Pelayan Anak (I)

Pujian sedang berlangsung. Kami semua, anak-anak dan para guru, hanyut dalam pujian yang ceria dan bersemangat. Dengan gerakan yang menyertai masing-masing lagu, kami menggunakan tubuh kami juga untuk memuji Tuhan. ... baca selengkapnya »

Alat yang Tepat

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 707 - Pengajaran Atau Alat Peraga? (II)

Secara tak sengaja, saya menemukan sebuah pohon tumbang yang bisa menjadi kayu api yang sangat baik untuk kompor besi dalam ruangan kami. Gergaji mesin saya memotongnya dengan rapi menjadi potongan-potongan kayu sekitar 45 cm. Akan tetapi, potongan-potongan kayu berdiameter 50 cm ini masih perlu dibelah. Oleh karena itu, saya mulai mengayunkan kapak. Tak ada yang terjadi -- kecuali mata kapak itu terjepit pada kayu. Kapak saya tajam, tetapi tidak cukup kuat untuk membelah kayu tersebut. ... baca selengkapnya »

Fungsi Alat Peraga dalam Pelayanan Sekolah Minggu

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 706 - Pengajaran atau Alat Peraga? (I)

e-BinaAnak: Menurut Sahabat e-BinaAnak, apa fungsi alat peraga dalam pelayanan sekolah minggu? ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content