Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Dunia Anak


Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Bacaan: Ulangan 6:6-25

Nas: ..., "Perhatikanlah segala perkataan yang kuperingatkan kepadamu pada hari ini, supaya kamu memerintahkannya kepada anak-anakmu untuk melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat ini." (Ulangan 32:46)

Sebuah restoran pizza terkenal yang melayani anak-anak mengiklankan dirinya sebagai "tempat seorang anak dapat menjadi seorang anak". Sebenarnya, seorang anak selalu dapat menjadi seorang anak di mana saja.

Namun, membangun dunia bagi seorang anak bukanlah sekadar membiarkan seorang anak menjadi seorang anak. Orang tua harus memahami tanggung jawab mereka dalam membimbing anak itu. Dan, untuk itu kita perlu melihat apa yang Alkitab katakan mengenai tanggung jawab orang tua.

  1. Orang tua harus mengajarkan kebenaran Allah (Ulangan 4:9; 32:46).
  2. Orang tua harus mendisiplin anak-anak dengan kasih karena mereka belum dewasa dan memerlukan bimbingan (Amsal 22:15; 29:15).
  3. Orang tua tidak boleh membangkitkan amarah di hati anak-anak mereka (Efesus 6:4).
  4. Keputusan orang tua yang bijaksana membawa berkat bagi anak-anak mereka (Ulangan 30:19,20).
  5. Orang tua yang saleh mengajar anak-anak mereka untuk taat (Efesus 6:1; 1 Timotius 3:4).
  6. Orang tua yang melatih anak-anak mereka dengan setia, dapat meyakini bahwa usaha mereka tidaklah sia-sia (Amsal 22:6).

Di atas semua itu, untuk membangun dunia bagi seorang anak, rumah Anda harus menjadi tempat bagi setiap anggota keluarga untuk saling melayani dengan kasih Allah (Galatia 5:13). Dan, tidak ada bedanya membeli pizza sekarang atau tidak! [JDB]

Diambil dan disunting dari:

Nama situs : SABDA.org
Alamat URL : http://sabda.org/publikasi/e-rh/1997/10/12/
Penulis : JDB
Tanggal akses : 15 Mei 2013

Komentar