Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bahan Mengajar: Ide Kegiatan Belajar Menghormati Orang Tua


Kategori Bahan PEPAK: Kurikulum - Pedoman Mengajar

Salah satu pelajaran yang paling penting bagi anak-anak, remaja, atau pemuda adalah belajar menghormati orang tua mereka. Perintah kelima dari Sepuluh Hukum Allah, pada kenyataannya, mensyaratkan orang-orang Kristen untuk menghormati orang tua mereka. Sekolah Minggu adalah tempat yang ideal untuk mengajarkan pelajaran berharga ini kepada anak-anak. Dan, cara yang efektif untuk melakukan ini adalah dengan permainan untuk membantu mereka memahami pentingnya hukum tersebut.

1. Pelajaran dari Kitab Efesus

Bacalah Efesus 6:1-3, "Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi." < http://alkitab.mobi/?Efesus+6:1-3 >

Berikan definisi untuk kata-kata bentuk "aktif" dalam teks di atas bersama dengan siswa. Misalnya, "taatilah", "hormatilah", dst.. Pastikan mereka memahami implikasinya. Diskusikan dengan anak-anak, hal-hal apa saja yang sudah dilakukan orang tua untuk mereka dan mengapa mereka yakin bahwa orang tua melakukan semua itu untuk mengurus mereka. Diskusikan mengapa Alkitab mengatakan bahwa kita akan memiliki hidup lebih lama jika kita mematuhi orang tua kita. Pastikan siswa memahami gagasan bahwa orang tua tidak menerima imbalan atas tindakan mereka, kecuali anak-anak berterima kasih kepada mereka. Doronglah anak untuk mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan tawarkan bantuan kepada orang tua ketika mereka bisa.

2. Contoh dalam Menghormati Orang Tua

Mintalah siswa sekolah minggu berpartisipasi dalam kegiatan "memberikan contoh baik dan buruk dalam menghormati orang tua". Bagilah kelas ke dalam kelompok kecil atau Anda dapat melakukan aktivitas dengan semua anak dalam satu kelompok, tergantung pada jumlah siswa dan seberapa baik mereka bekerja sama.

Buatlah daftar skenario contoh-contoh yang baik dan buruk dalam menghormati orang tua. Contoh yang baik misalnya, "Melakukan apa yang ibu minta tanpa membantah", atau "Berterima kasih kepada ayah yang memasak makan malam". Contoh yang buruk misalnya, "Membantah ibu yang meminta kamu membersihkan kamar sendiri", atau "Mengeluh untuk makanan yang sudah disediakan untuk makan malam". Buatlah lebih banyak skenario lagi.

Mintalah siswa berdiskusi, mengapa masing-masing contoh bisa dikategorikan sebagai contoh yang baik ataupun contoh yang buruk dalam menghormati orang tua. Bagaimanakan contoh yang buruk dapat dibuat lebih baik? Mengapa penting bagi mereka untuk menghormati orang tua?

3. Yang Aku Suka dari Orang Tuaku

Mintalah anak membuat kartu atau surat untuk orang tua mereka. Dalam suratnya itu, anak harus menuliskan daftar hal yang mereka sukai tentang orang tuanya. Misalnya, "Aku suka saat ayah dan ibu menceritakan cerita sebelum aku tidur", atau "Aku suka kalau ayah selalu mengajakku bermain bola sebentar pada sore hari".

Anak harus menghias kartu mereka sehingga surat mereka merupakan surat yang sangat pribadi untuk orang tua mereka. Anda bahkan dapat meminta mereka untuk membawa foto orang tua mereka yang dapat disisipkan ke dalam surat atau kartu mereka. Sementara siswa menghias, ajukan pertanyaan serupa seperti di atas, mengapa penting bagi kita untuk mengingat hal-hal yang sudah dilakukan orang tua untuk kita, dan bagaimana kita dapat berterima kasih kepada mereka. (t/Davida)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : eHow
Alamat URL : http://www.ehow.com/list_5953727_sunday-school-games-honor-parents.html
Penulis : Samantha Volz
Tanggal akses : 21 Mei 2013

Komentar