Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Sebelas Rahasia Disiplin yang Mudah Diterapkan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Kehilangan visi untuk menciptakan kedisiplinan di dalam kelas? Kurang peralatan juga? Berikut ini adalah cara-cara yang dapat digunakan menjadi titik awal. Gunakan daftar ini sebagai penuntun sehingga Anda dapat mencapai sasaran!

Apakah anak Anda lebih sering mendengar "tidak boleh" daripada "boleh"? Masalah kedisiplinan merupakan tanda-tanda yang jelas bahwa suatu kelompok kurang memiliki arah yang mendasar. Rombaklah dasar negatif Anda yang menyebutkan "tidak boleh" dan bangun kembali dasar yang positif dengan menerapkan panduan sederhana.

  1. Berpikir positif.
  2. Jika Anda menilik peraturan secara keseluruhan, fokuslah pada apa yang akan dan apa yang dapat dilakukan oleh anggota kelompok daripada apa yang tidak akan atau tidak dapat mereka lakukan. "boleh" harus lebih banyak daripada "tidak boleh".

  3. Sebutkan harapan-harapan yang jelas.

    Sebelum acara retret atau pada awal tahun, tunjukkan ekspektasi yang Anda miliki kepada anggota kelompok. Banyak anak-anak baru di kelompok Anda yang tidak tahu "norma" apa saja yang ada untuk mengatur mereka.

  4. Buatlah aturan sesedikit mungkin.

    Prioritaskan apa yang penting dan fokuslah pada masalah tersebut. Susunlah aturan yang mencakup banyak situasi agar daftar peraturan Anda tidak terlalu banyak. "Kami akan memperlakukan satu sama lain dengan hormat" mencakup banyak hal -- termasuk menjatuhkan teman dan memukul -- dan mendorong interaksi positif.

  5. Biarkanlah anak-anak menanggung konsekuensi dari perbuatan mereka.

    Rusaknya sebuah mainan merupakan akibat yang wajar dari penyalahgunaan mainan itu sendiri. Respons yang logis adalah dengan menyingkirkan mainan tersebut hingga kelompok itu memperbaiki atau menggantinya. Dengan menanggung konsekuensi, anak-anak mendapatkan pelajaran hidup dan belajar untuk mengontrol tingkah laku mereka.

  6. Kembangkan sikap saling menghormati.

    Perlihatkan kepada anak bahwa Anda menghargai mereka dan ambillah contoh seorang pemimpin lain yang juga bisa meneladani hal itu. Janganlah mencari pemimpin yang haus akan kekuasaan atau yang memiliki harapan-harapan yang tidak realistis terhadap tingkah laku anak-anak. Carilah orang yang mau mendengarkan anak-anak, mempertimbangkan ide-ide mereka, dan memerhatikan masalah mereka dengan sungguh-sungguh.

  7. Hindari kekerasan.

    Orang tua sering kali dengan seenaknya menghajar anak-anak ketika mendisiplin mereka. Jangan mencaci-maki mereka karena tidak mendengarkan dengan baik setiap kata yang Anda ucapkan atau karena lupa dengan peraturan. Ingatlah usia dan kemampuan mereka serta belum adanya kepedulian mereka akan harga diri.

  8. Susunlah perjanjian kelompok.

    Bekerjalah bersama-sama, uraikan apa saja yang diharapkan. Biarkan anak-anak bertanya mengapa suatu aturan diperlukan, dan bantu mereka untuk memahami alasannya.

  9. Hindari standar ganda.

    Sering kali orang tua tidak menaati sendiri peraturan yang mereka buat untuk anak-anak. Pada waktu kelompok Anda membuat perjanjian atau daftar panduan, orang tua seharusnya melaksanakannya juga. Kerelaan satu sama lain dapat membangun rasa kebersamaan.

  10. Susunlah program dengan bijak.

    Pertemuan-pertemuan yang ada harus aktif dan hidup. Sediakan lebih banyak bahan daripada yang mungkin bisa Anda gunakan pada waktu yang ditentukan. Waktu luang seharusnya diatur -- terlalu banyak waktu yang terbuang sia-sia tanpa melakukan aktivitas yang terencana dapat memunculkan masalah.

  11. Tuntutlah yang paling baik.

    Biarkan anak-anak mengetahui bahwa Anda mengharapkan aktivitas Anda berjalan dengan lancar. Tunjukkanlah melalui sikap dan perilaku Anda bahwa Anda percaya anak-anak bisa bersikap baik.

  12. Belajarlah dari kegagalan.

    Ketika ada sesuatu yang tidak beres, bicarakan hal itu dengan kelompok. Carilah apa saja yang tidak beres dan tetapkan langkah apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya. Perlihatkan perasaan Anda dan biarkan anak-anak pun memperlihatkan perasaan mereka. Manfaatkan kegagalan untuk menolong anak-anak belajar akan kemurahan dan pengampunan Allah. (t/Setya)

--Bergabunglah dalam: http://fb.sabda.org/binaanak--

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Eleven Practical Secrets of Discipline
Judul Buku: 
Almost Every Answer for Pratically Any Teacher!
Halaman: 
40
Penerbit: 
Multnomah, Portland - Oregon in cooperation with Walk Thru the Bible Ministries, Inc.
Kota: 
Atlanta, Georgia

Komentar