Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

e-BinaAnak, 20 January 2010, Volume 2010, No. 466


Aturan dan Disiplin dalam Kelas
Editorial

Pentingnya Membuat Peraturan di dalam Kelas

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 466 - Aturan dan Disiplin dalam Kelas

Meskipun menerapkan disiplin kepada anak bukan tugas yang mudah, namun seorang guru sekolah minggu harus melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut merupakan sebuah komitmen agar anak pun dapat kita bawa untuk memiliki disiplin rohani yang baik. Menerapkan aturan dalam kelas merupakan langkah awal yang baik untuk mengajarkan perihal disiplin kepada anak. Bagaimana sebaiknya kita menyusun aturan dalam kelas agar anak-anak dapat belajar disiplin melaluinya? Kami mengajak Anda menyimak edisi
Artikel

Lima Kunci Masalah Disiplin Dalam Kelas

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Disiplin bisa menjadi suatu masalah bagi guru-guru sekolah minggu ataupun guru-guru di sekolah umum. Guru-guru sering bertanya pada diri mereka sendiri: "Harus setaat apakah murid-murid saya? Apa saja yang seharusnya saya izinkan?" Kadang-kadang suasana saat bersama dengan murid-murid bisa menjadi tidak terkendali dan hampir tidak bisa ditoleransi lagi. Kelas yang tidak disiplin menurunkan semangat anak dan guru. Berikut ini lima kunci yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam kelas.

KUNCI PERTAMA: SIKAP GURU TERHADAP MURID

Bersikaplah sewajarnya. Tunjukkan sikap hormat kepada anak. Terimalah mereka dan kasihilah mereka apa adanya, seperti Tuhan mengasihi dan menerima Anda. Bangunlah sikap yang positif terhadap murid dan cobalah untuk membuat komitmen yang positif terhadap perilaku mereka. Kendalikan selalu temperamen dan nada suara Anda; jangan biarkan kemarahan muncul pada saat suasana panas -- meskipun suasana menjadi semakin panas! Doakan diri Anda sendiri dan anak-anak Anda. Jika Anda terlalu sibuk untuk mendoakan pelayanan pengajaran Alkitab atau pelajaran yang akan Anda sampaikan, maka Anda memang terlalu sibuk untuk memikirkan anak-anak yang ada dalam kelas Anda. Seharusnya, semuanya berjalan seimbang dan Anda harus belajar untuk memfokuskan diri terhadap semua hal dalam proses belajar mengajar. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Discipline: Five Keys
Judul Buku: 
The Complete Handbook For Children`s Ministry
Pengarang: 
Dr. Robert J. Choun dan Dr. Michael S. Lawson
Halaman: 
121 -- 124
Penerbit: 
Thomas Nelson Publishers
Kota: 
Nashville -- USA
Tahun: 
1993
Tips

Sebelas Rahasia Disiplin yang Mudah Diterapkan

Jenis Bahan PEPAK: Tips

Kehilangan visi untuk menciptakan kedisiplinan di dalam kelas? Kurang peralatan juga? Berikut ini adalah cara-cara yang dapat digunakan menjadi titik awal. Gunakan daftar ini sebagai penuntun sehingga Anda dapat mencapai sasaran!

Apakah anak Anda lebih sering mendengar "tidak boleh" daripada "boleh"? Masalah kedisiplinan merupakan tanda-tanda yang jelas bahwa suatu kelompok kurang memiliki arah yang mendasar. Rombaklah dasar negatif Anda yang menyebutkan "tidak boleh" dan bangun kembali dasar yang positif dengan menerapkan panduan sederhana. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Eleven Practical Secrets of Discipline
Judul Buku: 
Almost Every Answer for Pratically Any Teacher!
Halaman: 
40
Penerbit: 
Multnomah, Portland - Oregon in cooperation with Walk Thru the Bible Ministries, Inc.
Kota: 
Atlanta, Georgia

Manajemen dan Disiplin Kelas di Sekolah Minggu

Jenis Bahan PEPAK: Tips

Bila sekolah minggu Anda sedang menjangkau masyarakat sekitar, Anda harus mengenali bahwa banyak anak yang datang tidak akan tahu apa yang gereja harapkan dari mereka. Disiplin merupakan suatu hal yang diperlukan untuk keberhasilan sekolah minggu. Berikut beberapa langkah untuk membantu mengendalikan kelas.

Berdoa!

Kita sering merendahkan kekuatan doa. Ketika Anda berdoa untuk program sekolah minggu, staf, dan peserta Anda, doakan juga khususnya masalah disiplin di sekolah minggu Anda. Minta Tuhan memberi anak-anak hati yang sungguh-sungguh dan penuh perhatian. Anak-anak yang sungguh-sungguh ingin belajar tidak akan mengalami masalah disiplin. Berdoalah untuk kebijaksanaan rekan sepelayanan Anda. Sering kali para guru dan pekerja membuat masalah disiplin karena perilaku mereka atau kurangnya pengalaman mereka dalam menangani situasi kelas. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Classroom Management And Discipline In The Sunday School
Situs: 

(SundaySchoolHelp.com)

Warnet Pena

Cerita Alkitab Menarik di Situs Groovy Storytimes

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 466 - Aturan dan Disiplin dalam Kelas

Silakan berkunjung ke situs Groovy Storytimes dan dapatkan kumpulan cerita Kristen yang menyenangkan. Bahan tersedia dalam bahasa Inggris dan diperuntukkan bagi anak layan Anda yang prasekolah, maka bahan-bahan yang disediakan boleh menjadi sarana alternatif ide cerita Anda minggu ini. Judul cerita yang ada di antaranya adalah: Happy Birthday Jesus, Finding Shelter in God (The Lost Sheep), God Loves Us No Matter What Mood We're In, dan masih ada lagi yang lainnya. Kreativitas Anda sangat dibutuhkan. Metode serta bahan mengajar bisa disesuaikan dengan keadaan pelayanan di tempat Anda. Harapan kami, Anda akan semakin terinspirasi dan semakin bersemangat melayani anak layan Anda dengan cerita Alkitab yang menyenangkan. Selamat mencoba! ... baca selengkapnya »

Bahan Mengajar

Karunia Tuhan yang Agung

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat Peraga: Bayi atau anak berusia di bawah 3 tahun

Ayat Alkitab: Galatia 1:15

Tema: Kita semua memiliki karunia hidup yang agung

Kita bersama anak-anak yang masih sangat kecil dalam mendengarkan cerita hari ini. Apakah kamu terkejut melihat ada bayi-bayi bersama kita?

Rosa (atau siapa pun yang Anda undang hari ini) membawa bayinya yang baru lahir, Sarah, yang baru berumur 5 minggu. Saya juga mengajak Joel, yang berusia 15 bulan. Saya meminta Rosa untuk membawa Sarah, dan saya membawa Joel untuk suatu alasan khusus. Saya ingin berbicara tentang karunia agung yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Lihatlah bayi Sarah dengan jari-jari tangan dan kakinya yang mungil-mungil. Dia tersenyum dan menangis dan menyenangkan sekali untuk dipeluk. Sarah kecil punya karunia agung dari Tuhan. Joel juga punya karunia agung dari Tuhan. Joel berjalan mengelilingi tempat ini dan mencari tahu, juga belajar tentang dunia. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Artikel: 
Karunia Tuhan yang Agung
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I)
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Halaman: 
123 -- 124
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam
Tahun: 
2002

Komentar