Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Manajemen dan Disiplin Kelas di Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Bila sekolah minggu Anda sedang menjangkau masyarakat sekitar, Anda harus mengenali bahwa banyak anak yang datang tidak akan tahu apa yang gereja harapkan dari mereka. Disiplin merupakan suatu hal yang diperlukan untuk keberhasilan sekolah minggu. Berikut beberapa langkah untuk membantu mengendalikan kelas.

Berdoa!

Kita sering merendahkan kekuatan doa. Ketika Anda berdoa untuk program sekolah minggu, staf, dan peserta Anda, doakan juga khususnya masalah disiplin di sekolah minggu Anda. Minta Tuhan memberi anak-anak hati yang sungguh-sungguh dan penuh perhatian. Anak-anak yang sungguh-sungguh ingin belajar tidak akan mengalami masalah disiplin. Berdoalah untuk kebijaksanaan rekan sepelayanan Anda. Sering kali para guru dan pekerja membuat masalah disiplin karena perilaku mereka atau kurangnya pengalaman mereka dalam menangani situasi kelas.

Berencana!

Benjamin Franklin pernah berkata, "Gagal melakukan persiapan berarti Anda sedang menyiapkan kegagalan." Rencana dan persiapan yang cermat adalah suatu keharusan bila Anda ingin sekolah minggu Anda meraih apa yang kita rasa seharusnya diraih. Rencanakan kegiatan pembuka dengan baik sehingga Anda akan memulai kelas dengan baik (dan selalu tepat waktu) dan lakukan sesuai dengan jadwal. Jangan pernah "melakukan tanpa persiapan". Cobalah untuk memperkirakan bagian-bagian yang bermasalah dan siapkan penyelesaiannya. Bila murid-murid kemungkinan akan berminat dan tertarik, perlu diusahakan untuk menyampaikan pelajaran-pelajaran dan kegiatan-kegiatan secara efisien dan dengan cara yang akan menarik perhatian dan respons positif dari para murid.

Teratur!

Rencana yang terbaik bila digabungkan dengan persiapan yang sungguh-sungguh selama berjam-jam, belum tentu memberikan hasil seperti yang Anda inginkan jika Anda tidak teratur. Para guru harus mengatur ruangan, pelajaran, peralatan, dan segala sesuatu yang akan berdampak pada kelas sekolah minggu serta presentasi mereka. Sekolah minggu akan berjalan lebih baik bila setiap orang yang terlibat tahu apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka melakukannya, bahan apa yang akan mereka gunakan, dan berapa lama waktu yang mereka miliki.

Periksalah Suasana Pembelajaran!

Pentingnya mempelajari suasana pembelajaran sering kali diabaikan. Ruangan yang kacau sering mendorong perilaku yang kacau. Ketidaknyamanan menyebabkan kegelisahan dan kurang konsentrasi, dan gangguan dapat merusak alur pembelajaran yang sedang dibangun.

Pastikan ruangan kelas tertata rapi dan menarik dengan bahan-bahan yang disusun dengan rapi. Periksa suhu dan ventilasi udara di setiap ruangan. Cobalah untuk menyediakan perabot yang sesuai kebutuhan dan ukuran untuk anak yang akan menggunakannya. Periksalah dengan teliti ruang kelas Anda dan aturlah duduk anak-anak sedemikian rupa sehingga gangguan bisa diminalisir.

Tentukan Batasannya!

Biarkan anak-anak selalu tahu apa yang diharapkan dari mereka. Mereka senang bisa tahu batasan-batasannya. Ingatlah bahwa rentang perhatian sangat bervariasi sementaraanak-anak tumbuh dewasa. Keragaman dan kegiatan fisik selama di dalam kelas sangat penting ketika melayani anak-anak. Ketika anak-anak sudah mengetahui peraturannya, disiplin harus diterapkan dengan cara yang konsisten.

Tonjolkan Hal-Hal Positif!

Tanamkan semangat POSITIF! Tuntut yang terbaik! Anak-anak biasanya menghidupi apa yang kita tuntut dari mereka.

Siap Siagalah!

Sebagian besar masalah bisa diminimalisir, atau dihindari seluruhnya, apabila para guru dan pendamping waspada pada penyebab yang mungkin muncul dan titik-titik masalah dan memperbaiki situasinya sebelum masalah tersebut tidak bisa dikendalikan lagi. Pepatah kuno mengatakan, "Satu ons pencegahan bernilai seharga 1 kilo pengobatan," sangat cocok diterapkan dalam hal kedisiplinan. Sebaliknya, kurangnya disiplin (atau kendali) bisa meruntuhkan sekolah minggu yang baik. (t/Ratri)

(Artikel ini ditampilkan di "The Herald" edisi "Spring, 1993".)

--Bergabunglah dalam: http://fb.sabda.org/binaanak--

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Classroom Management And Discipline In The Sunday School
Situs: 

(SundaySchoolHelp.com)

Komentar