Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Permainan: Berlaku Baik Kepada Semua Orang


Edisi PEPAK: e-BinaAnak 236 - Saling Menerima

Persiapan:

  1. Sediakan alat-alat yang praktis, misalnya: sapu, kemoceng, kain lap, ember, sendok, garpu, piring, buku tulis, pena, bunga, dan sebagainya.
  2. Permainan ini dapat diadakan di dalam atau di luar ruangan sesuai dengan jumlah peserta.
  3. Umur peserta di atas 12 tahun.
  4. Seorang dari antara para peserta ditunjuk sebagai pemimpin permainan.

Cara Bermain:

Pemimpin permainan membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari sepuluh pasangan yang sejenis. Sepuluh orang di antara mereka diminta berbaris dan sepuluh orang lagi diminta ke luar ruangan terlebih dahulu.

Lalu pemimpin memberitahukan kepada kesepuluh orang yang berbaris itu bahwa mereka akan dibentuk menjadi sebuah "patung orang yang indah", karena itu mereka tidak boleh membantah apa yang dikehendaki oleh si pembuat patung.

Kemudian kesepuluh orang yang sedang bersembunyi atau berada di luar ruangan dipanggil masuk, dan mereka diminta untuk membuat sebuah "patung orang seindah-indahnya" dengan menggunakan alat-alat yang sudah disediakan. Mereka boleh membentuk "patung" itu sesuka hati mereka sampai "patung" itu kelihatan sungguh-sungguh indah.

Setelah kesepuluh orang itu merasa puas dengan "patung" mereka, maka sekarang giliran mereka menjadi patung dengan gaya atau posisi seperti kesepuluh "patung" yang telah mereka bentuk dan hiasi tadi. Kesepuluh orang yang menjadi "patung" tadi boleh membantu mereka.

Tujuan:

Mengajarkan kepada para peserta yang lain bahwa jika kita ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain, kita juga tidak boleh memperlakukan mereka dengan tidak baik.

"Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka."
(Lukas 6:31)

Komentar