Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Paskah untuk Anak-Anak


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita merencanakan Paskah sekolah minggu.

  1. Inti berita Paskah harus jelas.

  2. Beberapa kata kunci yang harus mewarnai seluruh acara Paskah adalah: Kristus bangkit, Kristus mengalahkan kematian, Kristus mengalahkan maut, Kristus menang atas kuasa dosa, Kristus sungguh hidup, dan Kristus hidup di dalam hidupku. Oleh karena itu, tema-tema Paskah sebaiknya dibuat dalam kalimat yang pendek dan jelas. Hindarkan kata-kata abstrak yang sulit dimengerti artinya karena anak belum memiliki cukup kemampuan untuk menginterpretasi.

  3. Acara Paskah perlu dikoordinasi dengan baik.

  4. Acara Paskah harus diatur agar mendukung tema Paskah, baik nyanyian-nyanyiannya, renungan beritanya (cerita), dramanya, permainannya, dekorasinya, dll.. Hindarkan kegiatan-kegiatan ekstra yang akan mengalihkan anak-anak dari inti pesan/berita Paskah, misalnya kegiatan sosial, permainan yang tidak memiliki tema Paskah, atau rekreasi. Jadikan Paskah menjadi pelajaran rohani tentang iman Kristen yang paling mendasar. Sajikan itu dalam suasana yang menyenangkan.

  5. Semua orang harus terlibat dalam perayaan Paskah.

  6. Spirit Paskah bukan spirit "one man show" karena Paskah adalah perayaan kemenangan orang beriman di dalam Kristus. Karena ikatan kasih di antara orang beriman akan mendorong kebersamaan, hal itu dapat tercermin, baik dalam suasana maupun pada pembagian tugas pelaksanaan kegiatan ini. Semakin banyak guru terlibat, semakin baik. Semakin banyak anak terlibat adalah yang terbaik.

  7. Undangan perayaan Paskah.

  8. Cara terbaik melibatkan anak-anak dan guru dalam mempersiapkan Paskah adalah dengan membuat brosur/pamflet/kartu/selebaran yang berisi undangan untuk anak-anak lain, khususnya yang sudah lama tidak datang atau yang belum memiliki keselamatan. Tularkan semangat penginjilan dalam hati anak-anak, dengan pergi bersama-sama, berkunjung, dan membagikan undangan perayaan Paskah. Guru memberikan contoh kepada murid-muridnya bagaimana mengundang anak lain untuk datang bersekutu dalam kebaktian Paskah dan menjadi teman bagi mereka. Sementara anak-anak saling mengenal, guru memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan orang tua mereka.

  9. Tempat dan waktu penyelenggaraan Paskah.

  10. Untuk sekolah minggu yang lebih senang menggabung seluruh anak SM dalam acara Paskah, akan diperlukan tempat yang cukup luas agar anak-anak dapat berkumpul bersama. Kendala yang lain adalah diperlukan guru-guru untuk berada di antara anak-anak agar keributan dapat dikendalikan. Waktu pelaksanaan pun mungkin akan lebih lama dari biasanya. Penggabungan kelas-kelas perlu dilakukan jika ada acara yang istimewa, seperti drama Paskah, panggung boneka, atau renungan (cerita) Paskah, dengan memanggil pembicara yang ahli dalam bidangnya.

    Melaksanakan perayaan per kelas dapat menjalin rasa keakraban, tetapi persiapan akan tidak efisien karena masing-masing guru kelas akan membuat persiapan sendiri-sendiri. Untuk menghindarkan rasa persaingan antarkelas, guru-guru dapat diimbau untuk membuat acara yang sama di masing-masing kelas dan melakukan persiapan bersama-sama. Waktu pelaksanaan dapat dibuat lebih lama dari biasa, dan gunakan waktu untuk menolong anak mengerti berita Paskah dengan lebih baik.

  11. Tindak lanjut perayaan Paskah.

  12. Hal yang paling penting diperhatikan adalah bagaimana tindak lanjut perayaan Paskah ini. Mengadakan kegiatan mudah, tetapi bertanggung jawab untuk memastikan bahwa berita Paskah itu tinggal dalam hati anak-anak dan terpelihara tidaklah mudah. Oleh karena itu, siapkan cara-cara bagaimana menolong agar benih yang telah ditaburkan mendapat siraman agar bertumbuh. Untuk itu, guru-guru perlu memberikan bimbingan dan perhatian, baik itu berupa cerita-cerita lanjutan di minggu-minggu berikutnya maupun dengan mengadakan pertemuan tatap muka secara pribadi, untuk berdoa bersama/sharing atau memberikan tugas-tugas bacaan untuk anak yang lebih besar.

Diambil dan disunting dari:

Nama situs : Pondok Renungan
Alamat URL : www.pondokrenungan.com
Judul asli artikel : Tips Paskah Anak-anak
Penulis : Vincentius Eko Yunianto S.S
Tanggal akses : 14 Januari 2014

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Komentar