Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Kreasi Menggambar Enam Hari Masa Penciptaan (II)


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Kreasi menggambar 6 hari masa penciptaan bagian I (hari ke-1 sampai ke-3) sudah diterbitkan pada edisi e-BinaAnak 677/Mei/I/2014. Anda dapat mengakses bahan ini di < http://pepak.sabda.org/kreasi_menggambar_enam_hari_masa_penciptaan_ii >. Minggu ini adalah lanjutannya untuk hari keempat sampai keenam.

Tingkat Keterampilan Menggambar

Bahan mengajar ini dirancang untuk dapat digambar dengan mudah/sederhana sehingga Anda tidak perlu menjadi seorang seniman untuk menampilkannya. Gambar-gambar tersebut juga cukup sederhana bagi anak-anak untuk dapat menggambar bersama Anda pada lembaran kertas mereka sendiri.

Pelajaran-pelajaran ini dapat disajikan kepada anak-anak dengan menggunakan overhead projector, papan tulis kapur, atau papan tulis spidol.

Sebuah spidol warna yang berbeda akan bagus untuk setengah pelajaran ini. Walau tidak harus, tetapi warna yang berbeda memudahkan untuk memisahkan apa yang dilakukan pada tiga hari pertama penciptaan dari tiga hari terakhir penciptaan.

Jangan mengambil lembaran baru karena kita akan terus menggambar pada halaman yang sama. Lukisan hari pertama hingga hari ketiga yang sudah kita buat pada bagian I pelajaran ini mempersiapkan kita untuk hal selanjutnya pada hari keempat sampai keenam penciptaan.

  1. Hari Keempat (Kejadian 1:14-19)

  2. Kembalilah ke bagian atas halaman gambar. Tulis angka 4 di sudut kanan atas dari bagian kanan atas kertas. Ini untuk penciptaan hari keempat.

    Pada hari keempat, kita akan menunjukkan empat hal utama yang Allah ciptakan untuk ditempatkan di langit:

    Matahari: pembawa terang mulai hari itu. Gambarlah matahari itu di sebelah sisi terang bumi.

    Bulan: Gambarlah di sebelah sisi gelap bumi.

    Planet: Gambarlah lingkaran-lingkaran kecil yang tersebar di langit.

    Bintang-bintang: Gambarlah bintang-bintang kecil di angkasa. Ini lebih mudah digambar dibandingkan dengan gambar bintang lima sudut.

  3. Hari kelima (Kejadian 1:20-23)

  4. Kembalilah ke bagian tengah halaman. Tulislah angka 5 di sudut kanan atas pada bagian tengah ini. Ini untuk penciptaan hari kelima.

    Pada hari kelima, kita akan menunjukkan Allah menciptakan makhluk-makhluk yang hidup di langit dan laut:

    Makhluk terbang: gambarkan banyak huruf "m" kecil di sekitar awan untuk makhluk terbang. Jelaskan bahwa makhluk yang beterbangan tidak hanya burung, tetapi juga reptil terbang dan mamalia. Mintalah anak-anak menyebutkan contoh berbagai jenis makhluk terbang.

    Contohnya adalah: beo, elang, kelelawar, dan kupu-kupu. Untuk anak-anak yang lebih tua, Anda mungkin ingin menggambar beberapa kelelawar dan reptil terbang.

    Makhluk-makhluk laut: gambarlah ikan sederhana dengan dua garis di bawah permukaan air. Jelaskan bahwa makhluk laut tidak hanya ikan, tetapi juga reptil yang dapat berenang, mamalia, dan jenis-jenis kehidupan laut lainnya. Mintalah anak-anak menyebutkan contoh-contoh dari berbagai jenis makhluk laut.

    Contohnya adalah: paus, gurita, bintang laut, karang, penyu, hiu, dan ikan trout. Untuk anak-anak yang lebih tua, Anda mungkin ingin menggambar beberapa jenis makhluk laut.

  5. Hari keenam (Kejadian 1:24-31)

  6. Pindahlah ke bagian bawah halaman. Tulis angka 6 di sudut kanan atas dari bagian kanan terbawah kertas. Ini untuk penciptaan hari keenam.

    Pada hari keenam, kita akan menunjukkan Allah melakukan dua hal utama.

    • Dia menciptakan hewan darat: gambarlah dinosaurus sederhana (lihat animasi) dan seekor anjing di sisi kanan wilayah daratan. Mintalah anak-anak menyebutkan contoh-contoh berbagai jenis hewan darat. Misalnya dinosaurus, kadal, kucing, anjing, kelinci, rusa, beruang, domba, sapi, dan gajah.

    • Allah menciptakan dua manusia yang pertama. Seorang pria (Adam) dan seorang wanita (Hawa). Gambar orang berbentuk tongkat bisa untuk digambar. Anda mungkin ingin menggambar mereka di balik semak-semak.

    Jika anak-anak telah menggambar bersama Anda pada lembaran kertas mereka sendiri, adalah baik memberi mereka waktu untuk menggambar lebih banyak hewan pada hari ke-5 dan ke-6. Pada akhir hari keenam, Tuhan melihat segala sesuatu yang telah dibuat-Nya dan menyebutnya "Sangat Baik"! (Kejadian 1:31) (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : Answers in Genesis
Judul asli artikel : Drawing Lesson I: How to Draw the 6 Days of Creation for Kids - Part I
Penulis : Tidak dicantumkan
Alamat URL : http://www.answersingenesis.org
Tanggal akses : 20 Februari 2014

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Komentar