Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kreasi Drama Sekolah Minggu -- Orang Samaria yang Baik


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Dalam kelas Sekolah Minggu bersama anak-anak berumur 6 -- 8 tahun, saya telah mementaskan kelas drama sekolah minggu yang meriah dari bahan pelajaran "Orang Samaria yang Baik". Apakah Anda pernah menampilkan drama-drama di kelas Anda? Saya merasa pementasan drama-drama tersebut sukses besar untuk anak-anak berumur 6 -- 8 tahun.

Drama Sekolah Minggu:

Buatlah naskah drama untuk melakonkan kisah Orang Samaria yang baik.

Tunjuk pemeran-pemeran utama dalam cerita tersebut dan arahkan mereka untuk melakukan adegan orang-orang yang lewat serta adegan orang Samaria yang berhenti untuk menolong.

Diskusi Drama Sekolah Minggu:

Pikirkanlah tentang perintah Allah "Kasihilah sesamamu manusia" dan bandingkanlah hal ini dengan Orang Samaria yang Baik. Orang yang manakah yang merupakan teman yang baik? Siapakah temanmu? Hal-hal seperti apa yang dilakukan teman yang baik? Siapakah teman yang baik di dalam kelas ini?

Kerajinan Tangan: Menciptakan Kebun Teman yang Baik

Bahan yang dibutuhkan:

1. Satu kertas latar yang besar yang berwarna hijau atau Anda dapat mengecat kertas latar itu dengan warna hijau. Dengan cara lain, Anda dapat meremas-remas kertas koran, celupkan ke cat berwarna hijau dan kemudian oleskan ke kertas latar agar kertas tersebut tampak berwarna hijau. Atau dengan cara lain, Anda juga bisa menggunakan kertas dinding berwarna hijau yang biasa jika Anda punya.

2. Piring-piring kertas yang berukuran sedang.

3. Cat, krayon, atau kertas berbentuk yang bisa ditempelkan untuk mendekorasi kebun.

4. Spidol yang besar/tebal.

Cara membuat:

Gambarlah sebuah lingkaran di tengah-tengah piring kertas: lingkaran ini adalah bundaran di tengah bunga. Biarkanlah anak-anak mendekorasi piring-piring tersebut dengan bahan-bahan kesenian apa pun yang Anda gunakan, tetapi biarkanlah tengahnya tetap putih. Setelah mereka selesai mendekorasi "bunga", minta mereka untuk memikirkan sebuah kata yang menggambarkan "teman yang baik" -- satu kata per anak, tetapi kata yang belum diucapkan sebelumnya. Kemudian, gunakanlah spidol untuk menuliskan kata tersebut di tengah-tengah bunga anak itu. Lalu, mintalah anak-anak untuk menanamkan (menempelkan) bunga mereka ke "kebun teman yang baik". Jika sudah selesai, letakkanlah spanduk kecil yang terbuat dari kertas biru atau putih di atas gambar dengan tulisan "Kebun Teman Kami yang Baik" dan gantungkanlah karya tersebut di dinding. (t/Uly)

Tanggal akses : 15 Juni 2010

Diterjemahkan dan disuting seperlunya dari:

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Sunday School Drama - Good Samaritan
Situs: 

http://www.christianitycove.com/sunday-school-drama-good-samaritan(Sunday School Teaching Resources)

Komentar