Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mendisiplin Anak Anda


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Sebelum Anda mendisiplin anak, beberapa pertimbangan perlu Anda pikirkan terlebih dahulu.

  1. Waktu yang tepat.

    Disiplin (hukuman) harus dilakukan pada saat itu juga untuk memperkuat efeknya. Tetapi hal itu jangan dilakukan dengan kemarahan.

  2. Tunjukkan secara spesifik kelakuan-kelakuan yang tidak dapat diterima.

    Hal ini akan membantu anak Anda untuk mengetahui kelakuan- kelakuan apa saja yang tidak dapat diterima dan apa konsekuensinya.

  3. Yang Anda hadapi adalah kelakuan anak bukan anak Anda.

    Hindari komentar yang meremehkan, seperti, "Kamu bodoh". Hadapi dengan sikap yang tidak meremehkan anak.

  4. Hadapi masa sekarang.

    Jangan terus-menerus mengungkit kesalahan yang dulu pernah dibuat anak Anda karena hal itu bisa menimbulkan omelan dan menambah kesalahan kepadanya.

  5. Berusaha menerima anak.

    Setelah mendisiplin anak, ambil waktu untuk berbicara dengannya dan katakan agar ia tahu bahwa ia tetap dicintai walaupun telah melakukan kesalahan.

Beberapa pendekatan dan panduan dalam mendisiplin anak:

  1. Bicarakan

    Ketika anak Anda melakukan suatu kesalahan, bicarakanlah dengan tenang kepadanya mengenai peraturan yang ia langgar. Mintalah kepadanya untuk mengatakan kepada Anda tentang kelakuan yang benar yang diharapkan. Biarkan ia tahu yang Anda harapkan. Kemudian, katakan kepadanya konsekuensi dari kesalahannya tersebut.

  2. Berikan Penghargaan

    Hadiah dapat berupa pujian, mencatat sikap positif, dan traktiran atau hadiah yang sekali-kali diberikan. Dengan cara ini, sikap baik menguat. Namun, jangan biarkan anak Anda berasumsi bahwa ia harus mendapat penghargaan berupa materi atas sikap baiknya.

  3. Mengucilkan

    Mengucilkan adalah menjauhkan sebentar anak Anda sampai ia mau mengambil sikap, tetapi hal ini tidak boleh berlangsung terlalu lama. Hal itu juga dapat memberi kesempatan kepada Anda waktu untuk dapat mengendalikan situasi kembali. Beberapa cara pengucilan adalah dengan berdiri di pojok ruangan dan menguncinya sendiri dalam sebuah ruangan. Perdamaian harus diikuti dengan menentramkan hati anak.

  4. Hukuman

    Ada dua bentuk utama hukuman:

    1. Pencabutan hak, artinya sama dengan penarikan hak, misalnya tidak boleh menonton TV.
    2. Menentukan tanggung jawab, khususnya untuk anak yang lebih tua. Mereka dapat membersihkan rumah atau diberi tugas tambahan.

  5. Pukulan

    Pukulan, jika dirasa perlu dilakukan, harus dilakukan secukupnya dan terbatas di daerah pantat. Sebagai orangtua, Anda harus menyadari bahwa kadang-kadang, anak Anda akan berlaku tidak baik dan Anda akan kehilangan kendali dalam situasi tertentu. Apa pun yang dilakukan, anak Anda harus merasa bahwa Anda tetap mencintainya dan menginginkannya walaupun ia tidak disiplin.

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Artikel: 
Considerations in Disciplining
Judul Buku: 
Essential Parenting Tips
Halaman: 
43 - 44
Penerbit: 
MCDS and Fammily Matters
Kota: 
Singapore

Komentar