Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Apakah Tuhan Yesus akan Memukul Saya?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Chandra tahu bahwa ia tidak boleh mengganggu adik perempuannya yang kecil, tetapi bagaimanapun ia tetap melakukannya. Sudah berkali-kali ibu menegur Chandra supaya menghentikan perbuatannya itu.

"Kalau kamu mengganggu adikmu lagi, Ibu akan pukul kamu," kata ibu kepada Chandra.

Chandra berpikir beberapa saat. "Tuhan Yesus tidak akan memukul saya, bukan?" tanyanya.

Renungan Singkat tentang Disiplin:

  1. Maukah kamu menolong ibu supaya tahu apa yang harus dikatakannya kepada Chandra? Apakah Tuhan Yesus akan memukul kita?
  2. Coba sebutkan beberapa bentuk disiplin selain dari memukul! Apakah Tuhan Yesus akan melakukan salah satu bentuk-bentuk dari disiplin itu?

"Saya tidak ingat ayat di dalam Alkitab yang menceritakan tentang Tuhan Yesus memukul seseorang," kata ibu, "tetapi ada beberapa ayat yang menceritakan tentang Tuhan Yesus mendisiplin seseorang."

"Apakah artinya mendisiplin, Bu?" tanya Chandra.

"Mendisiplin berarti menolong seseorang berhenti melakukan hal-hal yang salah dan mulai melakukan hal-hal yang benar," kata ibu. "Memukul adalah cara menghukum seseorang atas perbuatan-perbuatannya yang salah. Tuhan Yesus pernah membawa cambuk dan melarang orang- orang berjualan di Bait Allah. Itulah artinya mendisiplin. Tetapi Ia tidak sungguh-sungguh memukul mereka."

"Bu, saya pikir Tuhan Yesus ingin menjaga kita supaya tidak melakukan perbuatan yang salah," kata Chandra. "Itulah sebabnya mengapa Ia ingin agar para ayah dan ibu membantu Dia melakukannya."

Renungan Singkat tentang Tuhan Yesus dan Kamu:

  1. Apakah kamu ingin Tuhan Yesus menjagamu supaya kamu tidak berbuat salah? Ia tentu akan menolongmu. Maukah kamu meminta Dia untuk menolongmu?
  2. Apakah kamu ingin Tuhan Yesus menolongmu untuk melakukan hal-hal yang benar? Maukah kamu meminta Dia melakukannya?

Bacaan Alkitab:

Yohanes 2:13-16

Kebenaran Alkitab:

Tuhan Yesus berkuasa menjagamu supaya tidak melakukan hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan (Yudas 1:24).

Doa:

Ya Tuhan Yesus, jagalah saya supaya tidak melakukan hal-hal yang tidak boleh saya lakukan. Dan ajarlah saya melakukan hal-hal yang seharusnya saya lakukan. Terima kasih atas ayah dan ibu, yang membantu-Mu memelihara saya. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
50 - 51
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar