Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Lakukan yang Terbaik


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Cerita berikut ini dapat Anda gunakan sebagai bahan renungan pada saat Anda mengunjungi anak-anak SM Anda. Selamat melayani!

LAKUKAN YANG TERBAIK

Alat Peraga:

Pinjamlah pensil, penghapus dan kertas dari anak SM Anda, atau Anda dapat membawanya sendiri.

Ayat Alkitab:

Pengkhotbah 9:10

Tema:

Lakukan yang terbaik dalam segala hal.

Penyampaian:

Saya sangat suka penghapus. Penghapus sangat sering saya pakai karena berguna bagi saya. Kalau saya menulis sesuatu dan ternyata saya melakukan kesalahan, maka saya dapat memakai penghapus saya ini untuk menghilangkan kesalahan itu. (Demostrasikan dengan menuliskan sesuatu dan menghapusnya.)

Karena saya telah mempunyai penghapus ini, tidak berarti bahwa saya boleh berbuat ceroboh dan tidak melakukan pekerjaan dengan baik. Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik dan menulis dengan benar. Tetapi, kalau saya membuat kesalahan, saya dapat memakai penghapus untuk memperbaikinya.

Ada dua cara kita bekerja. Kita dapat melakukan yang terbaik atau melakukan dengan asal-asalan.

Yang mana yang Tuhan mau? Kamu benar! Tuhan mau agar kita melakukan yang terbaik.

Dalam Pengkhotbah 9:10, tercatat, "Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga." Tuhan ingin hasil yang terbaik dari segala pekerjaan kita. Di rumah, di sekolah, di gereja, atau pada saat bermain, lakukanlah yang terbaik. Hanya dengan cara itulah kamu akan merasa puas dalam apapun yang kamu kerjakan. Tuhan sangat senang kalau kita memberikan yang terbaik. Mari kita melakukan yang terbaik untuk menyenangkan hati Tuhan.

Tetapi kita sering melakukan kesalahan, walaupun kita sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk menyenangkan Tuhan. Maka, seperti penghapus saya ini, Tuhan menolong kita. Pada saat kita mengatakan kepada Tuhan bahwa kita menyesal telah melakukan kesalahan, maka Tuhan akan mengampuni kita, seperti penghapus yang menghilangkan kesalahan yang kita buat itu.

Kita tahu bahwa Tuhan mengampuni dan mengasihi kita walaupun kita melakukan kesalahan. Dengan pimpinan Tuhan, kita dapat berusaha melakukan yang terbaik.

Doa:

Ya Tuhan, pimpinlah kami untuk melakukan yang terbaik dan ampuni kami jika kami melakukan kesalahan. Tolong kami agar kami melakukannya dengan lebih baik di waktu yang akan datang. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I): Sebuah Sumber Ibadah
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Halaman: 
51 - 52
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam

Komentar