Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Melakukan Kegiatan Perkunjungan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Agar kunjungan dapat menghasilkan dampak yang positif, guru SM perlu mengetahui etika dalam melakukan kunjungan, seperti yang dijelaskan oleh Pdt. Stephen Tong dalam bukunya Biarkanlah Anak-anak Datang Kepada-Ku (Cara Mengajar Sekolah Minggu) berikut ini:

MELAKUKAN KEGIATAN PERKUNJUNGAN

Kunjungan bukan saja untuk mencari domba yang sesat, tetapi juga dapat membina hubungan erat dengan guru sehingga guru dapat lebih mengenal dan memperhatikan hidup anak didiknya. Kunjungan ialah pekerjaan kerohanian, sebab itu banyak berdoa, supaya Tuhan memberi sikap, motif yang benar, dan kesempatan yang tepat. Perkunjungan yang berdasarkan kasih dapat menyebabkan anak-anak lebih mengenal kita dan mengasihi Tuhan.

Dalam hal perkunjungan harus diperhatikan:
  1. Kunjungan bukan untuk menegur, maka tidak boleh menunjukkan sikap yang berwibawa, supaya anak-anak tidak menjadi jemu.
  2. Waktu kunjung jangan terlalu lama.
  3. Mengunjungi bukan untuk menghakimi.
  4. Mengunjungi bukan menggembalakan orangtua, tapi anak.
  5. Mengunjungi bukan menarik anak Sekolah Minggu lain ke gereja kita.
  6. Mengunjungi bukan berkotbah.
  7. Mengunjungi tidak boleh pilih kasih, harus mengunjungi tiap-tiap anak Sekolah Minggu. Jangan hanya anak-anak tertentu.
Kunjungan Istimewa:
  1. Pada waktu anak sakit. Anak yang sakit harus banyak dikunjungi, maka kita akan memenangkan hati anak itu (terutama anak nakal). Dari kesakitannya, kita dapat mengembalikan kasihnya kepada kita, sehingga ia mau tunduk/menurut, sebab:
    a. Pada waktu sakit anak mudah disadarkan hati nuraninya.
    b. Dalam keadaan sakit anak memerlukan belas kasihan dan sangat menghargai perhatian dan kasih orang lain.
    c. Pada waktu sakit anak mudah membedakan persahabatan yang benar dan persahabatan yang palsu.
    d. Dalam keadaan yang paling lemah, maka anak mudah menurut.
    e. Dalam keadaan yang lemah dan susah, anak memiliki pandangan terhadap jiwa dan roh lebih serius.
  2. Terhadap anak-anak yang orangtuanya bukan Kristen. Jika orangtuanya melarang anak-anaknya ke Sekolah Minggu, jangan mengunjungi mereka, supaya jangan menimbulkan akibat yang tidak baik. Kita dapat menemuinya untuk menyatakan kasih kita pada kesempatan lain atau jika bertemu di rumah anak yang lain.
  3. Dalam rumah tangga yang sedang sibuk atau ada kejadian yang tidak baik jangan campur tangan atau bertamu terlalu lama. Datang pada kesempatan yang lain.
  4. Ada kalanya mengirim kartu bergambar kepada anak-anak untuk menanyakan keadaannya. Tetapi harus diperhatikan, jangan terlalu sering dan kartu bergambar jangan terlalu bagus supaya tidak menimbulkan salah pengertian.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Buku: 
Biarkanlah Anak-anak Datang Kepada-Ku: Cara Mengajar Sekolah Minggu
Pengarang: 
Pdt. Dr. Stephen Tong
Halaman: 
31 - 32
Penerbit: 
Gereja Utusan Pantekosta
Kota: 
Surakarta

Komentar