Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Buah-buah dalam Pelayanan Guru SM


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Tujuan kita dalam pelayanan SM tentunya untuk menghasilkan sesuatu. Pelaksanaan berbagai tujuan dalam pelayanan SM diarahkan kepada pencapaian tujuan tersebut. Pelayanan yang berbuah adalah pelayanan yang sudah dapat mencapai tujuan dalam pelayanan SM. Berikut ini diuraikan hal-hal apa saja yang dapat dihasilkan dalam pelayanan SM dimana hal-hal tersebut merupakan tujuan-tujuan utama pelayanan SM.

1. Keselamatan
Keselamatan merupakan tujuan terutama yang harus dihasilkan dari segala sesuatu yang kita lakukan serta kita ajarkan melalui bahan pelajaran dan pelayanan kita di SM. Kita ingin membawa masing- masing anak SM ke dalam pengalaman kelahiran baru. Kita ingin agar mereka mengerti bahwa mereka itu orang berdosa dan hukuman menantikan mereka. Mereka juga harus tahu bahwa mereka tidak dapat menyelamatkan diri mereka sendiri, tetapi Kristus yang sudah matilah yang dapat menyelamatkan. Sebagai guru kita pasti ingin agar pelayanan kita dapat membuat mereka sadar dan datang kepada Allah untuk memohon pengampunan, berbalik dari dosa- dosanya, dan menerima Kristus sebagai Juruselamat pribadi.

2. Pengetahuan Alkitab
Melalui pelayanan yang guru SM lakukan hasil terbesar lainnya yang ingin dicapai adalah bertambahnya pengetahuan Alkitab anak- anak SM kita, dimana hal itu akan menghasilkan orang-orang Kristen yang matang rohaninya. Melalui pelayanan dalam SM, kita ingin anak-anak itu mengerti, percaya, dan mematuhi Alkitab sebagai Firman Allah yang diilhami yang tidak dapat salah dan berkuasa. Kita ingin agar mereka mengetahui prinsip-prinsip dan perintah-perintah Alkitab yang memberi petunjuk dalam masalah- masalah tingkah laku. Buah lain dalam hal pengetahuan Alkitab ini adalah melihat anak-anak didik kita mencintai Alkitab, mau membaca dan mempelajarinya dengan cara teratur, sistematis, disertai doa, serta menjadikan Alkitab itu sebagai pedoman hidup.

3. Pertumbuhan Kristen
Pertumbuhan Kristen merupakan salah satu buah yang besar dalam pelayanan kita sebagai guru. Kita ingin menolong semua orang percaya termasuk anak-anak SM kita bertumbuh menuju kematangan Kristen. Kita ingin agar mereka tahu bahwa tidak saja mereka harus dilahirkan kembali, tetapi mereka juga harus bertumbuh secara rohani, dan hal menjadi seperti Kristus itulah sasaran utama kehidupan Kristen. Kita ingin agar anak-anak didik kita mengetahui dan memanfaatkan cara-cara yang digunakan Roh Kudus untuk memimpin orang-orang Kristen kepada kematangan: Alkitab, doa, ibadah, disiplin diri, pelayanan Pribadi, dan persekutuan dengan orang-orang percaya lainnya.

4. Penyerahan Pribadi
Penyerahan pribadi merupakan satu hasil penting dalam pelayanan seorang guru SM. Penyerahan pribadi akan menolong anak-anak didik kita menjadi orang-orang Kristen yang sesuai dengan kehendak Allah. Kita ingin memimpin mereka untuk senantiasa menyerahkan hidupnya kepada kehendak Allah. Kita ingin agar mereka mengerti tanggung jawabnya sebagai anak-anak Allah dan mengakui-Nya sebagai Tuhan atas hidup mereka. Sebagai guru kita pasti ingin agar melalui pelayanan kita anak-anak dengan sukarela memilih kehendak Allah dan membuatnya sebagai faktor yang menentukan semua keputusan; menggunakan semua yang Allah telah percayakan kepada mereka dengan bijaksana; dan menemukan serta memenuhi rencana Allah.

5. Pelayanan Kristen
Hasil berikutnya yang harus dicapai dalam pelayanan kita adalah pelayanan Kristen. Dalam setiap pelayanan kita, tekankanlah bahwa pelayanan Kristen secara luas mencakup setiap perbuatan dan aktivitas yang membantu pertambahan, perkembangan, dan kesejahteraan tubuh Kristus. Anak-anak akan memiliki semangat yang menyala-nyala dalam pelayanan Kristen apabila mereka memiliki guru yang juga punya semangat yang sama, dan itu berarti Anda harus siap menjadi teladan bagi mereka.

6. Kehidupan Kristen
Dengan memperhatikan kehidupan anak-anak SM kita, dapat dilihat apakah pelayanan kita selama ini sudah menjadi berkat bagi kehidupan mereka. Tujuan kita mengajar mereka tentunya karena kita ingin menolong mereka menerapkan prinsip-prinsip Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Kita ingin agar mereka memuliakan Kristus dalam kehidupan mereka melalui sikap dan sifat mereka, seperti sikap tengggang rasa, kejujuran, kasih, dapat dipercaya, dll. Pendek kata, kita ingin agar melalui apa yang kita ajarkan mereka dapat mengenal untuk kemudian mematuhi prinsip-prinsip Kristen untuk dilakukan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Dari 6 hal di atas, Anda sebagai seorang pelayan dalam sebuah SM dapat menilai apakah selama ini pelayanan Anda sudah mencapai tujuan yang diharapkan, dan apakah pelayanan Anda sudah menghasilkan buah- buah rohani dalam kehidupan anak-anak didik Anda.

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Sumber
Judul Buku: 
Sekolah Minggu yang Berhasil
Pengarang: 
Ralph M. Riggs
Halaman: 
6 - 9
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1978

Published in e-BinaAnak, 23 July 2003, Volume 2003, No. 136


Komentar