Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Gadis Kecil dengan Seember Air


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ada seorang janda miskin yang tinggal di satu pondok kecil yang hidup berseberangan dengan seorang Pendeta. Kesayangan utama janda miskin ini adalah bunga-bunga yang ditanam di depan rumahnya. Suatu hari janda miskin ini jatuh sakit, sehingga ia harus terbaring di tempat tidur untuk waktu yang cukup lama. Semua teman-teman dan tetangga-tetangganya datang untuk menunjukkan perhatian dan kebaikan hati mereka. Dari balik jendelanya, pak Pendeta dapat melihat siapa saja yang mengunjungi janda itu setiap hari, termasuk kunjungan dokter yang memeriksanya.

Di sebelah rumah janda miskin ini tinggal juga seorang gadis kecil. Dia tidak terlihat mengunjungi janda miskin ini dan dia juga tidak menunjukkan perhatian secara menyolok kepada janda miskin ini. Tapi menjelang petang dia selalu datang membawa seember air dan mulai menyirami bunga-bunga milik janda miskin yang hampir layu karena teriknya sengatan matahari musim panas. Dia rajin melakukan hal ini sampai si janda miskin itu sembuh kembali.

Hari pertama janda miskin ini sembuh, hal pertama yang ingin dilakukannya adalah melihat bunga kesayangannya. Wajahnya terlihat semakin cerah saat diketahuinya bahwa bunga-bunga miliknya tetap segar dan cerah. Pendeta ini tidak menyelidiki apakah janda miskin ini tahu siapa yang merawat bunga-bunganya. Namun pendeta ini melihat kasih dan perhatian yang diberikan gadis kecil ini. Setiap kali pendeta ini melihat gadis kecil ini, maka ingatannya melayang pada peristiwa itu dan dia percaya bahwa Tuhan juga turut menyaksikan peristiwa itu dan mencatatnya di Buku Besar-Nya.

Tidak masalah seberapa muda dan kecilnya engkau, engkau bisa mengasihi, menolong dan berbuat baik kepada semua orang. Sebagaimana Tuhan Yesus selalu menolong orang lain bahkan kepada mereka yang memusuhi Dia. Semoga puisi berikut ini bisa menjadi doamu:

 "God make my life a little light
 Within the world to glow
 A little flame that burneth bright
 Wherever I may go."

 "Tuhan membuat hidupku menjadi seberkas sinar kecil
 untuk memancarkan cahaya di dalam dunia
 Seberkas api kecil yang menyala terang
 kemanapun aku pergi."

Kategori Bahan PEPAK: Sudut untuk Anak

Komentar