Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Penggalian Diri Anak


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Beberapa prinsip penting yang harus guru lakukan untuk menolong anak mengembangkan penggalian diri yang baik:

1. Penemuan diri (self-discovery)
Apabila guru dapat membantu muridnya untuk "menemukan" dirinya sendiri (melihat sifat-sifatnya, melihat apa yang Tuhan tanam dalam dirinya) maka Ia akan mengagumi apa yang Tuhan kerjakan di dalam dirinya secara pribadi.

2. Penghargaan diri (self-respect)
Sebagai guru, kita harus memupuk anak agar menghormati atau menghargai dirinya karena Tuhan sendiri yang telah menciptakan dan membentuk dia dengan memberikan potensi khusus untuk dikembangkannya. Penghargaan pada diri sendiri akan menjadi kekuatan untuk memelihara diri dari kehancuran yang dapat menyerangnya sewaktu-waktu.

3. Pengertian diri (self-understanding)
Memiliki pengenalan diri adalah sangat penting, dimana seorang anak dapat mengetahui siapa dirinya, dimana kelebihan dan kekurangannya. Pengertian diri ini merupakan awal dari kebijaksanaan. Mengenal diri akan membawa seseorang mengerti akan keterbatasannya dan memahami ketidakterbatasan Allah. Inilah kunci bijaksana: dengan iman seorang yang terbatas sedang berpegang pada yang tidak terbatas.

4. Keyakinan diri (self-confidence)
Sebagai guru, kita harus menegakkan murid-murid kita agar dalam hidup mereka di dunia mereka mempunyai kepercayaan diri, yaitu keyakinan bahwa mereka bisa melakukan sesuatu. Tapi, di sisi yang lain, kita hendaknya tidak menuntut anak melampaui apa yang bisa ia kerjakan, hal ini justru akan meruntuhkan self-confidence anak. Ketika kemampuan dan keyakinan diri anak seimbang, seorang anak akan sehat jiwanya.

5. Pertanggungjawaban diri (self-responsibility)
Seorang anak dapat bertumbuh menjadi dewasa bila dia belajar arti tanggung jawab. Bagaimana dalam hidupnya dia belajar untuk memikirkan orang lain, tidak mementingkan diri sendiri, serta bersikap murah hati.

6. Pengembangan diri (self-development)
Dorongan untuk senantiasa mengembangkan diri adalah suatu dorongan yang sehat bila yang kita kembangkan adalah kemampuan dan potensi diri yang sesuai dengan pimpinan Tuhan, bukan menuruti nafsu kedagingan kita sendiri.

7. Penggenapan diri
Didiklah murid-murid untuk membuat perencanaan hidup berdasarkan prinsip hidup yang sesuai dengan Alkitab, sehingga mereka memiliki pagar-pagar sendiri dan dapat berjalan menurut jalur mereka. Prinsip-prinsip itu akan menjadi disiplin bagi diri mereka sendiri kelak saat mereka lepas dari asuhan kita.

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Buku: 
All the Children of the Bible
Pengarang: 
Herbert Lockxer
Halaman: 
243
Penerbit: 
Zondervan Publishing House

Komentar