Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Yesus HIDUP!


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Di hari ketiga setelah Yesus Kristus dikubur, Ia bangkit! Pintu kuburnya terbuka dan tak ada apa-apa di dalamnya. Banyak orang tak percaya Yesus HIDUP lagi. Tapi itu benar-benar terjadi. Kuburan tidak dapat mengurung-Nya. Alkitab memperlihatkan setelah bangkit, Yesus Kristus memperlihatkan diri kepada banyak orang. Murid-murid, dan banyak orang lain, berani bersaksi bahwa Yesus Kristus Tuhan kita sungguh-sungguh HIDUP!

  1. Yesus Menampakkan Diri pada Maria
    (Baca kisahnya di Yohanes 20:11-18)
    Maria Magdalena sangat sedih. Pagi itu ia pergi ke kuburan Yesus bersama Yohana, dan Maria Ibu Yakobus. Tapi ternyata ia tak menjumpai Yesus di sana. Kuburan-Nya kosong! Waktu ia sedang menangis sendirian, tiba-tiba Yesus menjumpainya. Betapa senang hati Maria. Ia sekarang tahu Tuhannya telah bangkit dan HIDUP kembali.
  2. Yesus Menampakkan Diri pada Petrus
    (Baca kisahnya di Lukas 24:34 dan 1Korintus 15:5)
    Pada hari itu juga Yesus menampakkan diri pada Petrus. Alkitab tidak memberitahu dengan jelas di mana dan bagaimana Yesus menjumpai Petrus. Ia telah menyangkal Yesus 3 kali. Ia sangat menyesal atas perbuatannya itu. Tapi Yesus mau memaafkan kesalahannya. Itulah yang membuat Petrus amat bahagia.
  3. Yesus Menampakkan Diri pada Kleopas
    (Baca kisahnya di Lukas 24:13-35)
    Kleopas pergi ke desa Emaus bersama temannya. Mereka berdua adalah murid-murid Yesus. Keduanya sangat sedih karena Yesus telah disalib. Di tengah perjalanan Yesus menjumpai mereka. Mulanya mereka tidak tahu kalau itu adalah Yesus. Tapi ketika mereka hendak makan malam bersama, barulah mereka sadar Yesus ada bersama dengan mereka. Betapa senangnya Kleopas dan temannya! Segera mereka pulang ke Yerusalem untuk memberitahu kawan-kawan yang lain bahwa Yesus HIDUP!
  4. Yesus Menampakkan Diri pada Murid-murid-Nya
    (Baca kisahnya di Lukas 24:36-48 dan Yohanes 20:19-23)
    Dari 12 murid, hanya 10 orang yang berkumpul malam itu. Yudas Iskariot sudah tak ada lagi, sedangkan Tomas sedang keluar seorang diri. Murid-murid itu mengunci rumah rapat-rapat. Mereka takut kepada orang-orang Yahudi yang jahat. Tapi tiba-tiba Yesus ada di tengah mereka! Padahal pintu itu masih tetap terkunci. Yesus menghibur mereka dan mengatakan, "Damai sejahtera bagimu!" Setelah itu Yesus makan ikan goreng disaksikan oleh murid-murid. Sekarang mereka betul-betul tahu Yesus HIDUP! Karena itu mereka tidak ketakutan lagi.
  5. Yesus Menampakkan Diri pada Tomas
    (Baca kisahnya di Yohanes 20:24-29)
    Tomas tidak percaya bahwa Yesus sudah bangkit. Tomas bilang, kalau ia belum memasukkan jarinya ke lubang bekas paku di tangan Yesus, ia tak akan percaya bahwa Yesus HIDUP kembali. Beberapa hari kemudian, Yesus muncul lagi. Kali ini Ia khusus mendekati Tomas. Yesus memperlihatkan tangan-Nya yang berlubang kepada Tomas. Segera Tomas bersujud di hadapan Yesus dan berkata, "Ya Tuhanku dan Allahku!" Yesus mengatakan, "Setelah melihat-Ku baru engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat tapi percaya!"
  6. Yesus Menampakkan Diri pada Yakobus
    (Baca 1Korintus 15:7)
    Paulus bilang kepada gereja di Korintus bahwa Yesus menampakkan diri kepada adiknya yang bernama Yakobus. Sebelumnya, meskipun Yakobus itu adik Yesus, Yakobus tidak percaya bahwa Yesus itu Tuhan. Ia tidak mau menjadi pengikut Yesus Kristus. Tapi sejak Yesus menampakkan diri kepadanya, ia menjadi orang percaya. Sejak itu ia tahu Yesus bukan hanya kakaknya, tetapi Yesus itu Tuhan yang HIDUP.
  7. Yesus Menampakkan Diri pada 500 Orang
    (Baca 1Korintus 15:6)
    Kemungkinan 500 orang yang melihat Yesus sudah bangkit ini adalah orang-orang yang juga melihat Yesus kemudian naik ke surga. Bayangkan betapa banyaknya jumlah orang-orang ini. Kalau murid di kelasmu misalnya berjumlah 50 anak, maka jumlah orang-orang ini 10 kali jumlah anak di kelasmu. Banyak bukan?! Mereka berani bersaksi bahwa mereka melihat Yesus sungguh-sungguh HIDUP!
  8. Yesus Menampakkan Diri pada Paulus
    (Baca kisahnya di Kisah Para Rasul 9:1-8)
    Yang terakhir, Yesus menampakkan diri kepada Paulus. Tadinya Paulus adalah orang jahat yang suka mengejar dan membunuh orang Kristen. Perjumpaannya dengan Yesus telah membuat Paulus bertobat. Ia menjadi salah seorang pengikut Kristus yang paling setia. Bahkan Paulus tetap menjadi pengikut Yesus sampai ia dihukum mati oleh Kaisar Nero. Ia tidak mau menyangkal Yesus karena ia tahu Yesus Tuhan yang HIDUP!

  9. [Tambahan Redaksi - mulai]
  10. Yesus Menampakkan Diri pada Anda dan Saya!
    Dan jangan lupa, kepada setiap orang yang percaya -- setiap anak SM, guru SM, Anda dan saya -- Tuhan Yesus sudah hadir dalam hati ... untuk mengubah hidup dan identitas kita yang telah menerima Yesus sebagai Juruselamat pribadi. Semua ini dapat terjadi karena Dia sungguh-sungguh HIDUP!
  11. [Tambahan Redaksi - selasai]

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Buku: 
KITA - Majalah Kristen untuk Anak-anak
Halaman: 
4 - 6
Penerbit: 
Lembaga Reformed Injili Indonesia
Tahun Edisi: 
1995
Nomor Edisi: 
26

Komentar