Membuat Pembatas Alkitab yang Manis

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Anda dapat mengajak anak-anak untuk membuat pembatas Alkitab yang manis, dengan cara sebagai berikut:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kertas manila atau kertas asturo (atau yang sejenis)
  • Gunting dan lem kayu
  • Pensil Warna atau Boxy/spidol warna
  • Bunga kering dan daun kering
  • Pita dan benang warna warni
  • Gambar binatang atau bunga yang kecil-kecil
Cara membuat:
  1. Guntinglah kertas sesuai dengan bentuk yang dikehendaki, jangan terlalu besar tapi juga jangan terlalu kecil. Bentuk kertas bisa persegi panjang dengan lebar 5 Cm, panjang 15 Cm; atau bentuk hati; atau bentuk bulat; atau bentuk-bentuk lain yang disukai yang baik untuk menjadi pembatas buku Alkitab.
  2. Buat lobang dengan menggunakan pelobang kertas pada potongan kertas yang telah dibentuk pada bagian pinggirnya. Masukkan pita berwarna atau benang berwarna ke dalam lobang sebagai penghias pembatas Alkitab.
  3. Di satu sisi kertas yang sudah dibentuk tersebut. tuliskan nats ayat Alkitab, bisa dengan menggunakan pensil warna, boxi atau spidol berwarna.
  4. Di sisi sebaliknya, hiasilah kertas itu dengan bunga kering atau daun kering (tapi harus yang rata/tidak menonjol). Tempelkan bunga atau daun kering itu dengan lem kayu. Atau bisa juga dihias dengan tempelan gambar-gambar/stiker kecil seperti bunga-bunga, atau binatang atau bintang dan lain-lain. Aturlah hiasan-hiasan tersebut agar tampak manis dilihat.
  5. Agar lebih rapi anda dapat melapisi kertas pembatas Alkitab ini dengan plastik press atau dilaminating.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak