Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menjelaskan Kebangkitan Yesus Kepada Anak-anak


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Setiap tahun saat Paskah tiba, tibalah saatnya untuk membicarakan kebangkitan kepada anak-anak Anda. Menjelaskan kebangkitan Yesus berarti Anda juga perlu menjelaskan mengenai penyaliban yang mungkin menantang, khususnya bila Anda memiliki anak-anak yang masih kecil. Langkah-langkah berikut ini akan memberi Anda beberapa ide tentang bagaimana menceritakan cerita Paskah kepada anak-anak sehingga mereka mengerti pentingnya Paskah.

  1. Jelaskan penyaliban tanpa memberikan detail yang mengerikan, khususnya bila anak-anak Anda masih terlalu kecil.

  2. Berikan jawaban yang benar atas pertanyaan anak-anak mengenai penyaliban. Gunakan penilaian Anda sendiri mengenai detail yang Anda pilih untuk diceritakan kepada mereka sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.

  3. Tekankan aspek positif dari kematian Kristus. Sampaikan kepada mereka bahwa dengan mati di kayu salib, Yesus menyelamatkan kita dari dosa-dosa kita sehingga kita bisa berada di surga.

  4. Fokuskan pada bagian yang memberikan harapan dari cerita itu, yaitu pada bagian kebangkitan. Jelaskan kepada mereka bahwa adalah suatu mukjizat bila Yesus bangkit dari kematian dan naik ke surga.

  5. Gunakan buku-buku tentang Paskah dan video-video yang dirancang bagi anak-anak untuk membantu Anda menjelaskan penyaliban dan kebangkitan. Tontonlah video itu atau bacalah buku-buku Paskah sebelum menunjukkannya kepada anak-anak Anda. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda nyaman dengan cara penyampaian yang digunakan oleh buku atau video itu.

  6. Belilah satu set "telur kebangkitan" sebagai alat bantu Anda dalam menjelaskannya. Setiap telur berisi satu bagian yang menyimbolkan perjalanan Yesus pada waktu Paskah sehingga anak-anak bisa belajar tentang penyaliban dan kebangkitan dalam cara yang menarik dan menyenangkan. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Artikel: 
How to Explain the Resurrection to Children
Judul Buku: 
e-How

Komentar