e-BinaAnak, 8 Desember 2010, Volume 2010, No. 512


Cerita Natal
Editorial

Cerita Natal

Salam sejahtera dalam Yesus Kristus,

Perkataan-perkataan yang baik akan menghasilkan buah yang baik. Demikian juga saat kita berhadapan dengan anak-anak, hendaknya kita bisa memberikan hal-hal positif yang dapat membangun mereka. Berikan perkataan-perkataan yang sesuai dengan firman Tuhan, perkataan yang membuat mereka bukan hanya mendengar tetapi melakukannya. Bagaimana caranya? Ajari mereka untuk mendengarkan cerita-cerita tentang Yesus. Anda dapat memulai sejak dini untuk memperkenalkan kepada mereka cerita kebenaran yang dapat membekali hidup mereka. Dengan cerita, anak-anak dapat berimajinasi, menghidupkan cerita dalam alam pikir mereka, dan merekam cerita tersebut. Edisi e-BinaAnak kali ini khusus membahas mengenai cerita yang dapat memperlengkapi setiap orangtua dan guru untuk membekali anak-anak dengan cerita yang benar. Selamat menyimak, Tuhan Yesus memberkati!

Staf Redaksi e-BinaAnak
Santi Titik Lestari ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Artikel

Cerita dan Anak-Anak

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Ditulis oleh: Santi Titik Lestari

"Kekuatan daya ingat seorang anak kecil dapat dimanfaatkan dengan memberikan segala sesuatu yang berguna untuk pertumbuhan kerohanian mereka."

Apabila Anda diminta untuk menceritakan sebuah cerita, dapatkah Anda melakukannya? Sekalipun tidak mengingat secara keseluruhan, tapi setidaknya Anda bisa menceritakan inti dari cerita tersebut. Anda tentunya masih ingat tentang cerita bahtera Nuh, Goliat, dan Yunus. Kebanyakan dari kita mengenal cerita tersebut saat masih kecil dan itu pun didapatkan di sekolah minggu. Cerita-cerita tersebut masih terekam dengan baik, bahkan sampai dewasa pun kita masih bisa mengingatnya. Apakah itu karena daya ingat kita yang baik atau karena cerita ini memang terkenal? Salah satu faktornya adalah daya ingat kita saat masih anak-anak. Anak-anak memiliki kecenderungan untuk mengingat, meniru, dan melakukan hal-hal seperti yang ia amati; tanpa orang dewasa sadari, segala tindakan, tutur kata, dan cara mereka melakukan sesuatu akan diikuti oleh anak-anak. Kecenderungan ini sering tidak diperhatikan oleh orang dewasa. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Tips

Adegan Palungan Sebagai Pusat Hiasan Natal

Jenis Bahan PEPAK: Tips

Jadikan adegan palungan sebagai bagian yang menonjol di antara dekorasi Natal Anda. Banyak dekorasi dari keramik, kayu, logam, kaca, dan porselen yang indah bisa dibeli. Manfaatkan adegan palungan sebagai cara yang dramatis untuk menceritakan Natal pada anak-anak Anda selama beberapa hari atau minggu. Adapun langkah-langkah dalam memanfaatkan hiasan istimewa ini:

1. Pada minggu Adven pertama, mereka hanya memasang kandangnya.

2. Pada minggu kedua, mereka menambahkan keledai dan ternak ke dalam adegan palungan.

3. Pada minggu ketiga, mereka memasang para gembala dan domba-domba diletakkan agak jauh dari kandang (biasanya di rak buku di seberang ruangan). Mereka juga memasang Maria dan Yusuf di tempat lain, biasanya di meja kopi. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Mutiara Guru

Mutiara Guru - Edisi 512

"Jika Anda memutuskan untuk bercerita tentang Yesus, maka Anda harus siap bahwa cerita itu tidak akan pernah berakhir. Cerita itu bukan hanya sekadar cerita, tapi itulah kehidupan dan karya-Nya yang hebat." (ST)

Bahan Mengajar

Pace Panov

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Sebuah cerita Natal Pembacaan Kitab Matius 25:34-40.

Di suatu negeri yang jauh, ada seorang tukang sepatu bernama bapak Panov. Biasanya dia duduk seharian di kios tempat kerjanya dengan palu dan kulit binatang yang dipukul-pukul dengan palunya itu. Kemudian dia mengiris-iris lembaran kulit kering dengan sebilah pisau tajam. Tidak lama kemudian, dia menjahitnya dengan jarum tukang sepatu yang bengkok. Akhirnya, jadilah sebuah sepatu yang sangat bagus. Setelah itu, dia mulai dengan sepatu yang kedua. Dia mulai dengan memukul-mukul dan mengiris lembaran kulit kering dengan pisau yang tajam itu, dan dia mulai menjahit lagi, hasilnya sungguh memuaskan. Sepasang sepatu yang sangat bagus! Hatinya sangat gembira. Setiap orang senang mengunjungi kios tempat kerjanya itu. Hal ini terjadi pada masa silam, saat dia masih sangat muda. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Warnet Pena

Artikel Natal

Setiap perayaan Natal tentu membawa kesan yang berbeda-beda bagi setiap orang. Perayaan Natal dapat melahirkan cerita, kesaksian, dan peristiwa yang menjadi kenangan berharga sehingga tidak bisa dilupakan begitu saja. Anda pun dapat ikut merasakan betapa baiknya Tuhan dalam hidup setiap orang dengan membaca artikel Natal di situs YESAYA (Yesus Sayang Saya) ini. Situs berbahasa Indonesia ini menyajikan berbagai artikel tentang peristiwa Natal dan Adven. Situs ini memunyai tampilan yang sederhana dengan desain yang tidak mencolok. Pengunjung awam akan sangat mudah untuk menemukan artikel-artikel Natal, karena di halaman pertama sudah disediakan daftar-daftar artikel. Situs yang menarik dan mampu membawa pengunjung merasakan kehidupan Natal di waktu sekarang dan sebelumnya. Segera kunjungi situs ini dan dapatkan hal-hal menarik di dalamnya. (STL) ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK