e-BinaAnak, 11 February 2010, Volume 2010, No. 469


Kasih kepada Keluarga
Editorial

Membantu Keluarga Mengajarkan Kasih Kepada Anak

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 469 - Kasih kepada Keluarga

Apakah pelayanan sekolah minggu lepas dari pelayanan terhadap keluarga anak-anak yang kita layani? Jawabannya adalah tidak. Justru sekolah minggulah yang harus bekerja sama dengan keluarga untuk menolong anak semakin bertumbuh dewasa dalam Kristus.

Jika dalam sekolah minggu kita kerap menasihati anak-anak untuk mengasihi keluarganya, hasilnya tidak akan maksimal jika anak itu justru dibesarkan dalam keluarga yang kurang mengekspresikan kasih. Oleh karena itu, kedekatan kita dengan keluarga anak sangat dibutuhkan agar kita pun dapat mengetahui apakah ada anak-anak tertentu yang "akan sulit" mengasihi keluarganya. Artikel dalam edisi ini sengaja kami angkat kembali untuk membantu setiap keluarga menciptakan suasana kasih dalam keseharian, sehingga anak pun dapat mengetahui arti mengasihi keluarganya. Selain itu, kami sertakan pula dua bahan mengajar yang akan semoga dapat memberikan ide untuk mengajarkan arti pentingnya mengasihi keluarga bagi anak-anak layan kita. ... baca selengkapnya »

Artikel

Mengajar Anak Untuk Mengasihi Keluarga

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Seorang anak akan mengasihi keluarganya jika dalam keluarga tersebut ia mendapatkan ketenangan, penghargaan, dan kasih sayang. Hal ini merupakan tugas penting dari orangtua. Jika seorang anak dapat mengasihi keluarganya, kapan pun dan di mana pun dia akan merasakan bahwa keluarganya adalah tempat teraman bagi dia. Apa saja yang dapat dilakukan orangtua agar seorang anak dapat mengasihi keluarganya?

KASIH TANPA SYARAT

Kasih tanpa syarat berkata, "Apa pun yang kamu lakukan, tidak ada yang sanggup membuat aku berhenti mengasihimu."

Maukah Anda mengasihi anak Anda tanpa syarat? Itu berarti kasih Anda tidak tergantung pada apa yang mereka lakukan. Kasih Anda kepada anak Anda tidak lenyap hanya karena Anda marah terhadap kelakuan atau sikap mereka. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Buku: 
77 Kebenaran yang Hakiki dalam Membesarkan Anak
Pengarang: 
Dr. Larry Keefauver
Halaman: 
112 - 113 dan 133 - 134
Penerbit: 
Media Injil Kerajaan
Kota: 
Semarang
Bahan Mengajar

Ayah Tidak Sayang Kepada Saya!

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

"Ayah tidak sayang kepada saya!" teriak Lisa ketika ayahnya terpaksa memukulnya. Malam itu Lisa marah-marah pada waktu berada di meja makan dan ia telah melemparkan sebagian makanannya ke lantai. Setelah hal itu terjadi, ibunya menegur Lisa dan Lisa mengucapkan kata-kata yang kasar kepada ibunya. Itulah sebabnya ayah memukulnya.

"Ketika Lisa berteriak, 'Ayah tidak sayang kepada saya', Ayah memukul kamu karena Ayah sangat sayang kepadamu," kata ayah Lisa. Menurut kamu, siapakah yang benar, Lisa atau ayah Lisa? ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
84 -- 85
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1986

Menghormati Orang Tua, Menyenangkan Allah!

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Pendalaman Alkitab untuk Anak-Anak, dari Efesus 6:1-3

Waktunya membaca!

Efesus 6:1: "Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian."

Apakah kamu ingin hidup bahagia di bumi?

Allah berjanji jika kamu menaati perintah orang tuamu, maka "kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi." (Efesus 6:3). Dan seperti yang kita tahu, apabila Allah berjanji, maka Dia akan selalu menepati-Nya. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Artikel: 
Obeying Your Parents Makes God Happy!
Info

Facebook e-BinaAnak: Mengapa Anda Menjadi Guru Sekolah Minggu?

Kategori Bahan PEPAK: Kesaksian Guru

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 469 - Kasih kepada Keluarga

Kali ini kolom Sua Pelayanan Anak akan menampilkan aktivitas para pelayan anak dalam Facebook e-BinaAnak yang sharing mengenai alasan mereka menjadi guru sekolah minggu.

e-BinaAnak: Mengapa Anda menjadi guru sekolah minggu?

Komentar:

Muti Silalahi: Karena saya menyukai anak-anak dan saya senang bila melihat anak-anak kecil bersukacita ....

Diane Vriens: Mengajarkan firman Tuhan ke anak-anak pun harus dengan bahasa yang mudah dan dimengerti, dan anak-anak pun sangat menyukainya dan sehingga anak-anak itu tidak bosan tapi malah duduk diam mendengar kita berbicara. ... baca selengkapnya »

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK