Aplikasi Komik Kitab Suci sangat cocok untuk anak-anak remaja karena cara penyajiannya yang lucu dan segar karena menggunakan bahasa yang sederhana dan gaul.
Berikut ini bermacam-macam pilihan permainan dengan musik yang dapat
Anda gunakan untuk semakin memeriahkan "Hari Musik" di Sekolah
Minggu Anda.
ANEKA PERMAINAN DENGAN MUSIK
1. Permainan Terka Judul:
Mintalah seorang GSM memainkan lagu rohani dengan piano, organ,
suling atau gitar. Kelompok yang paling dahulu menerka judul
dengan tepat akan memperoleh angka. Bila Anda mau, bagikanlah
pensil dan kertas sehingga masing-masing kelompok dapat segera
menuliskan judul-judul itu, ketika pemain musik terus memainkan
10 buah lagu. Yang memperoleh angka terbanyak, dialah yang
menang.
2. Permainan Himpun Lagu:
Tulislah beberapa baris lagu pada potongan-potongan kertas, lalu
bagikan kepada setiap ASM yang hadir. Pada waktu aba-aba diberi,
ASM yang memegang kertas yang bertuliskan kata-kata lagu yang
sama harus berkumpul menjadi satu. Ketika masing-masing kelompok
berhimpun, suruhlah mereka menyanyikan lagunya.
3. Permainan Pertanyaan Musikal:
Hamparkanlah dua helai surat kabar di lantai berhadapan dengan
para ASM yang berbaris dalam bentuk lingkaran. Mainkan musik dan
pada saat aba-aba diberi, setiap ASM berjalan berkeliling sambil
menyebrangi koran tadi. Ketika musik tiba-tiba berhenti, ASM yang
tepat berada di atas koran tersebut harus berhenti. Ajukanlah
pertanyaan mengenai isi Alkitab kepadanya. Bila jawabannya benar,
angka 10 ditambahkan baginya. Bila jawaban salah, ia dikeluarkan
dari barisan. Permainan dapat diteruskan sampai terkumpul
beberapa ASM yang menjawab salah dan siap untuk diberi hukuman.
4. Permainan Putar Pertanyaan:
Tulislah sebuah soal Alkitab di atas sehelai kerta. Kemudian
taruhlah kertas itu dalam keranjang kecil. Boleh juga kaleng
kosong atau tempat lain. Mainkan musik dan gilirkan wadah
tersebut mengelilingi para ASM. Ketika musik tiba-tiba berhenti,
orang yang sedang memegang wadah tadi harus mengambil kertas itu
dan menjawab pertanyaannya. Ia mendapat angka 10 kalau jawabannya
benar. Kalau secara kebetulan ia mendapat giliran beruntun dan
jawabannya tepat, maka angkanya dua kali lipat. Tetapi bila ia
dua kali salah, angkanya dikurangi dua kali lipat.
Permainan ini dapat juga diadakan dengan beregu, di mana anggota
regu yang satu duduk berselang-seling dengan anggota regu lain
dalam lingkaran itu. Bila tidak ada musik, pemimpin boleh memakai
siulan maupun aba-aba lain.
5. Permainan Ritme Lagu:
Bagilah para ASM menjadi beberapa kelompok. Masing-masing
kelompok harus memilih lagu yang mereka sajikan kepada kelompok
lain dengan cara bertepuk tangan sesuai dengan ritme lagu itu.
Sebaliknya, kelompok lain harus menerka judul lagu itu. Angka
lima diberikan kepada kelompok yang menyanyikan lagu yang tak
dapat dikenali oleh siapapun.