Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Rumah Saya Yang Hangat Dan Indah


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Hujan telah turun sejak pagi dan bertambah deras saat Dahlan pulang dari sekolah, seakan-akan dicurahkan dari langit. Sementara itu, angin bertiup dengan kencang. Dahlan menggigil ketika ia berjalan menuju rumahnya. Air hujan terasa menampar-nampar mukanya, dan angin seolah-olah hendak menerbangkan topi dan jas hujannya.

Walaupun setiap langkah membawanya semakin dekat ke rumah, Dahlan merasa ia tidak akan pernah sampai ke rumahnya, apalagi dalam keadaan hujan deras seperti ini. Selain itu, langit juga bertambah gelap.

Akhirnya, Dahlan melihat cahaya lampu yang berasal dari jendela rumahnya. Ia dapat melihat ibunya sedang bekerja di dalamnya. Dahlan berpikir, "Perjalanan pulang kali ini sungguh mengesankan."


Renungan Singkat Tentang Hal Mengucap Syukur

  1. Pernahkah kamu berjalan di tengah hujan deras dan angin kencang seperti Dahlan? Bagaimanakah rasanya? Bagaimanakah perasaanmu ketika kamu akhirnya melihat rumahmu?
  2. Menurutmu, apakah yang akan dikatakan Dahlan ketika ia masuk ke dalam rumahnya? Apakah yang akan kamu katakan seandainya kamu adalah Dahlan?

"Bu, saya pulang! Saya pulang!" teriak Dahlan begitu ia sampai di rumahnya.

Sebelumnya, tidak pernah terpikir oleh Dahlan bahwa rumahnya begitu indah dan nyaman. Tampak ibu tersenyum kepadanya. Seisi rumah penuh dengan aroma masakan. Dan, yang paling indah dari segala-galanya, bahwa rumah ini adalah rumahnya.


Renungan Singkat Tentang Tuhan Yesus dan Kamu

  1. Apakah kamu berterima kasih atas rumahmu? Jika ya, berterimakasihlah kepada orang tuamu malam ini. Juga, berterimakasihlah kepada Tuhan Yesus. Ia telah menolong orang tuamu memperoleh rumahmu.
  2. Menurut kamu, apakah rasanya juga akan seperti itu saat kita pulang ke surga? Kadang-kadang, hidup di dunia ini seperti berjalan di tengah hujan deras dan angin kencang, bukan? Betapa indahnya kelak tinggal bersama Tuhan Yesus!

Bacaan Alkitab: Mazmur 127:1

Kebenaran Alkitab: Tuhan memberkati rumah orang yang benar. (Amsal 3:33)

Doa :

Terima kasih, ya Tuhan Yesus, atas rumah yang indah dan hangat, dan atas keluarga saya yang tinggal di dalamnya. Amin.

Diambil dan disunting dari:

Judul asli buku : Little Talks about God and You
Judul buku terjemahan : 100 Renungan Singkat untuk Anak-Anak
Penulis : V. Gilbert Beers
Penerjemah : Dra. Astried Bunardi
Penerbit : Yayasan Kalam Hidup, Bandung 1986
Halaman : 114 -- 115

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Komentar