Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Nabi Daniel -- Kekuatan Reputasi


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bacaan Alkitab: Daniel 1:1-21

Tujuan:
Setelah menyelesaikan pelajaran ini, anak-anak akan belajar bahwa memiliki hidup yang murni, suci, dan yang konsisten akan membangun reputasi ilahi yang kuat dalam hidup mereka.

Pendahuluan: Kegiatan Menghafal Ayat

"Anak-anakpun sudah dapat dikenal dari pada perbuatannya, apakah bersih dan jujur kelakuannya." (Amsal 20:11)

Sebelum kelas dimulai, tulislah setiap kata dari ayat hafalan di atas dalam kartu-kartu yang terpisah (buat dua set). Di depan anak-anak, ucapkanlah berulang kali ayat hafalan tersebut. Lalu, bagilah anak-anak menjadi dua tim. Setelah itu, berikan masing-masing satu set ayat hafalan, yang sudah tersebar kata-katanya, kepada setiap kelompok dan mintalah mereka menyusunnya menjadi kalimat yang benar. Tim yang dapat mengurutkan kalimat lebih cepat dan benar, dialah yang memenangkan permainan.


Cerita Alkitab:

Pengantar:
Tanyakan kepada kelas apakah ada yang tahu apa arti kata 'reputasi'? Jika memungkinkan, bawalah kamus Bahasa Indonesia ke kelas. [Red: Atau, Anda juga dapat membuka kamus online di http://alkitab.mobi/kamus/id/reputasi melalui HP Anda.] Reputasi bisa disamakan dengan "nama baik". Kalau dijabarkan, itu juga bisa berarti apa yang orang pikirkan tentang seseorang karena sikap, tindakan, dan perkataan orang itu.

Apa yang akan kamu lakukan jika beberapa temanmu di sekolah menginginkanmu mencoba rokok? Apa tindakan pertamamu? (Luangkan waktu untuk diskusi.) Atau, teman-temanmu mengajakmu melakukan sesuatu yang tidak berbahaya, seperti bermain "games online" setelah pulang sekolah, padahal orang tuamu tidak mengizinkan. Apakah kamu akan langsung mengatakan tidak? Apa yang kamu lakukan pada saat seperti ini memberimu reputasi, yang baik atau buruk. Jika kamu menyerah dan melakukan apa yang salah, reputasimu untuk melakukan hal yang baik adalah sangat lemah. Jika kamu cepat mengatakan "tidak" dan berdiri teguh untuk apa yang secara moral benar, kamu sedang membangun reputasi yang kuat untuk berbuat baik.

Cerita:
Bacalah Daniel 1:1-21 di depan semua anak, sementara anak-anak menyimak dari Alkitab mereka sendiri. Dalam kisah itu, diceritakan bahwa Daniel memilih untuk menghormati Allah.

Pertanyaan untuk Diskusi:

  1. Mengapa pelayan raja ingin Daniel dan teman-temannya makan makanan raja? (Mereka akan menjadi kuat dan sehat seperti yang lain.)
  2. Karena dia tidak ingin makan atau minum apa pun yang haram, apakah yang Daniel minta untuk disediakan? (Sayuran dan air.)
  3. Bagaimana Daniel membuktikan bahwa ia dan teman-temannya tidak perlu makan makanan raja? (Setelah sepuluh hari, mereka lebih kuat dan tampak lebih baik daripada mereka yang makan makanan raja.)
  4. Bagaimana Daniel dihargai karena memiliki reputasi yang kuat sebagai orang yang menghormati Allah? (Dia diberi pengetahuan dan kebijaksanaan, dan diizinkan untuk melayani raja.)
  5. "Dalam masa-masa Daniel", makanan tertentu dianggap haram dan dilarang. Hal-hal apa yang kita miliki dalam hidup kita hari ini, yang mungkin dianggap haram dan dilarang? (Jawaban akan bervariasi.)

Penerapan:
Berikan setiap anak selembar kertas dan pensil, dan mintalah mereka untuk menuliskan setidaknya sepuluh cara yang dapat membangun reputasi yang kuat, untuk melakukan perbuatan baik yang sesuai dengan firman Tuhan.

Akhiri pelajaran dengan pikiran berikut:
Reputasi dibangun dengan melakukan sesuatu berulang-ulang. Jika kita melakukan apa yang benar berulang-ulang, kita membangun reputasi untuk berbuat baik. Jika kita melakukan apa yang tidak benar berulang-ulang, kita membangun reputasi untuk melakukan apa yang salah. Semakin kuat reputasi baik kita, semakin kita akan merasa dekat dengan Allah, dan akan lebih mudah untuk terus melakukan apa yang benar. Juga, orang lain akan melihat kita sebagai orang Kristen yang kuat, orang yang bisa tampil maksimal. Reputasi Daniel jelas kuat. Tidak peduli situasi di mana dia menemukan dirinya, ia selalu menghormati Allah dan tidak membiarkan kejahatan memasuki hidupnya. Kita semua bisa mempelajari pelajaran berharga dari Daniel ini tentang membangun reputasi yang kuat dan Ilahi. Kita bahkan mungkin ingin mengambil porsi tambahan sayuran saat makan malam. (t/Davida)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Kids Sunday School Place
Alamat URL : http://www.kidssundayschool.com/21/lesson/a-reputation-of-strength.php
Judul asli artikel : A Reputation of Strength
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 31 Juli 2013

Kategori Bahan PEPAK: Kurikulum - Pedoman Mengajar

Komentar