Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Menggunakan Teknologi untuk Meningkatkan Pelayanan Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Saya ingat akan ponsel pertama saya, ukurannya sebesar buku dan memiliki antena. Ponsel seperti itu hanya bisa digunakan di kota-kota besar, tetapi saya pikir perangkat baru ini adalah inovasi yang paling berguna sejak waktu yang sangat lama sekali.

Hari ini, hampir semua orang memiliki ponsel yang akan cocok di sakunya dan tidak hanya dapat membuat panggilan telepon, seseorang juga bisa menerima email, pesan teks, dan bahkan mengakses situs untuk mendapatkan informasi dan petunjuk. Bahkan, ada sebuah aplikasi pada ponsel saya yang saya gunakan di lapangan golf untuk menentukan ukuran jarak dari bola ke lubang. Sungguh menakjubkan apa yang dapat dilakukan telepon seluler sekarang ini.

Teknologi akan terus maju dan ponsel akan dapat berguna lebih banyak lagi pada masa depan. Berikut ini adalah sepuluh ide terbaik tentang bagaimana menggunakan teknologi baru ini untuk meningkatkan pelayanan di sekolah minggu:

  1. Minta kepada semua anak di kelas yang memiliki ponsel untuk mengirimkan SMS, chatting, atau email kepada seseorang yang mereka tahu dapat diundang untuk datang ke sekolah minggu.
  2. Berikan kepada anak, nama dan nomor telepon dari teman-teman mereka yang namanya ada di buku absensi sekolah minggu, tetapi jarang hadir akhir-akhir ini. Mintalah anak untuk mengontak temannya itu untuk mengingatkan mereka datang ke sekolah minggu.
  3. Dapatkan nomor ponsel atau email dari anak sekolah minggu atau rekan pelayanan Anda. Buatlah daftar doa pada hari minggu dan kirimkan daftar doa itu kepada mereka.
  4. Kirimkan informasi dan undangan mengenai kegiatan kelas kepada anak-anak sekolah minggu dan rekan pelayanan melalui SMS, chatting/group, atau email.
  5. Mintalah seorang anak di kelas dengan ponsel pintar untuk mencari beberapa informasi yang berhubungan dengan pelajaran sekolah minggu hari itu dan bagikan informasi itu di kelas.
  6. Kirimkan pesan SMS, chatting, atau email kepada setiap anak di kelas, untuk memberitahukan kepada mereka bagian Kitab Suci yang akan digunakan pada hari Minggu agar mereka dapat mempersiapkan diri untuk melakukan studi Alkitab di kelas.
  7. Gunakan ponsel atau email untuk menciptakan komunikasi dengan para rekan pelayanan yang lainnya melalui SMS, chatting, atau email, dengan menyediakan informasi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka sehubungan dengan pelayanan.
  8. Kembangkan sebuah halaman Facebook untuk kelas Anda sebagai cara untuk berbagi informasi, foto, bahkan untuk mendiskusikan firman Tuhan. Atau, Anda juga bisa membuat sebuah group chatting (misal: WA, Telegram, LINE, dsb.).
  9. Memberitahukan tentang ulang tahun, peringatan, dan acara khusus lainnya melalui email, SMS, chatting, atau Facebook (media sosial).
  10. Menjalin kemitraan dengan yayasan-yayasan misi dengan menyediakan jalur komunikasi rutin untuk membagikan pokok doa dari yayasan-yayasan tersebut kepada anggota kelas melalui email, SMS, chatting atau Facebook. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran misi di kelas. (t/Davida)

Tentunya, ada banyak cara lain untuk menggunakan teknologi modern untuk meningkatkan pelayanan di sekolah minggu dan meminimalkan pengaruh negatif teknologi bagi anak. Apakah Anda punya ide lain? Silakan kirimkan kepada redaksi di < binaanak(at)sabda.org >.

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : Flight 4031
Alamat URL : http://flight4031.com/2012/11/03/using-modern-technology-to-improve-sunday-school/
Judul asli artikel : Using Modern Technology to Improve Sunday School
Penulis artikel : Ron Moore
Tanggal akses : 26 Mei 2014

Kategori Bahan PEPAK: Fasilitas Pelayanan Anak

Komentar