Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menggunakan Ponsel dalam Pelayanan Sekolah Minggu?


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 741 - Teknologi Mobile dan Pelayanan Sekolah Minggu (II)

"Saya tidak keberatan jika anak-anak membawa ponsel mereka ke sekolah minggu." Pernyataan tersebut mungkin bukan sesuatu yang sering diucapkan pengurus gereja atau guru sekolah minggu saat ini. Namun, seperti yang dibahas Janelle Hoos dalam blognya, membawa ponsel ke sekolah minggu bisa menjadi hal yang baik, khususnya untuk melayani para generasi digital. Berikut ini adalah hal penting tentang bagaimana ponsel dapat digunakan anak untuk beribadah di sekolah minggu.

1. Alkitab sekarang tersedia di perangkat mobile.

Gadget

Kita ingin agar anak-anak membaca dan mempelajari Alkitab mereka di sekolah minggu. Bagi beberapa anak, ini berarti menggunakan perangkat mobile mereka. Dan, itu tidak apa-apa! Tidak semua anak memiliki akses ke Alkitab di perangkat mobile mereka. Dalam kasus tersebut, ponsel harus dimatikan dan disingkirkan. Namun, anak-anak yang memiliki akses ke Alkitab di ponsel mereka perlu didorong untuk menggunakannya. Memang, kita perlu mengajari anak-anak kita serangkaian aturan baru mengenai penggunaan ponsel di kelas (misalnya, menolak godaan untuk memeriksa situs media sosial). Alkitab adalah firman Allah dan bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan, dan mendidik orang dalam kebenaran (2 Timotius 3:16-17) yang terdapat dalam format apa pun!

2. Anak-anak lebih suka membawa ponsel mereka ke sekolah daripada Alkitab mereka.

Anak-anak membawa ponsel mereka ke sekolah. Jika mereka memiliki akses ke Alkitab di ponsel mereka dan telah membuat catatan tentang cara praktis yang akan mereka terapkan dari apa yang mereka pelajari di sekolah minggu, maka ponsel mereka telah menjadi sarana bagi anak-anak untuk bertumbuh sebagai pengikut Kristus.

Orang-orang sekarang membaca Alkitab di perangkat mobile mereka, dan itu termasuk anak-anak di sekolah minggu kita. Pada awalnya, anak-anak sepertinya sedang menggunakan lebih banyak waktu di perangkat mobile mereka daripada Alkitab mereka. Namun, inovasi teknologi ini memberikan anak-anak kesempatan untuk mengakses Alkitab mereka dan banyak hal lainnya dengan cara yang tidak mereka miliki sebelumnya. Para pemimpin pelayanan anak perlu menerima perubahan tersebut dan mengajarkan anak-anak untuk menggunakan ponsel mereka dengan bijak sebagai alat untuk membantu membangun iman mereka.

We read the Bible

Kita mungkin tidak nyaman dengan ponsel di dalam ibadah kita, tetapi ada hal indah yang terjadi di sini. Pada masa lalu, pertumbuhan rohani adalah sesuatu yang berisiko menjadi terkotak-kotak dalam gereja, tetapi sesuatu yang kuat terjadi ketika pembentukan rohani seorang anak menjadi terintegrasi dalam hidup mereka. Dan, itulah mengapa kita merasa senang dengan pelayanan seperti yang Janelle pimpin -- mereka merangkul generasi berikutnya dengan cara yang tidak hanya menjangkau mereka hari ini, tetapi membangun sebuah landasan untuk perjalanan rohani mereka esok.

Dalam ponselnya, seorang anak dapat melakukan saat teduh setiap hari dalam seminggu. Sudah banyak apps renungan Alkitab setiap hari yang dapat anak-anak unduh dalam perangkat mobile mereka. Kita juga dapat memilih beberapa apps yang baik dan dikombinasikan dengan program kerja sekolah minggu kita. Dengan demikian, kita membuka kesempatan yang besar untuk meningkatkan keterlibatan anak-anak yang kita layani untuk semakin mengenal firman Allah -- setiap hari, sepanjang minggu.

Diterjemahkan dan disunting dari:
Nama situs : Incredible Islands
Alamat URL : http://incredibleislands.com/2014/08/cell-phones-in-sunday-school/
Judul asli artikel : Cell Phones in Sunday School?
Penulis artikel : Janelle Hoos
Penerjemah : Jing-Jing
Tanggal akses : 14 Oktober 2016

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Komentar