Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengapa Gereja Harus Mendukung Pelayanan Anak?


Jenis Bahan PEPAK: Tips

24 Cara Memanfaatkan Pelayanan Anak untuk Gereja Pelayanan anak membantu gereja mewariskan iman. Pada setiap periode sejarah gereja, pewarisan iman ini selalu menjadi masalah. Pelayanan anak dapat menolong gereja untuk mewariskan iman kepada para generasi penerus. Tips pelayanan anak: Bekerjasamalah dengan pendeta Anda dalam merancang kurikulum pendidikan Kristen yang komprehensif. Terkadang, ketika Anda berbicara tentang kurikulum sekolah minggu, hal itu meliputi batasan dan urutan pelajaran. Sebagian

24 Cara Memanfaatkan Pelayanan Anak untuk Gereja

  1. Pelayanan anak membantu gereja mewariskan iman. Pada setiap periode sejarah gereja, pewarisan iman ini selalu menjadi masalah. Pelayanan anak dapat menolong gereja untuk mewariskan iman kepada para generasi penerus.
    Tips pelayanan anak: Bekerjasamalah dengan pendeta Anda dalam merancang kurikulum pendidikan Kristen yang komprehensif. Terkadang, ketika Anda berbicara tentang kurikulum sekolah minggu, hal itu meliputi batasan dan urutan pelajaran. Sebagian besar penerbit memiliki kusrikulum di halaman depan buku panduan bagi guru.

  2. Pelayanan anak membantu membawa keluarga baru ke gereja. Lebih sulit mengidentifikasi dan menjangkau 20-an orang yang sepertinya bisa diinjili.
    Tips pelayanan anak: Pahami peran pelayanan di wilayah di mana pelayanan itu berada dan jadikanlah peran itu sebagai tujuan dari setiap program.

  3. Pelayanan anak memungkinkan anggota gereja untuk menggunakan talenta dan karunia rohani mereka. Mengeluarkan potensi orang-orang dalam pelayanan sering kali menjadi kunci pertumbuhan gereja.
    Tips pelayanan anak: Hubungi sukarelawan pertama gereja dalam pelayanan. Latihlah mereka, dorong mereka dan lihatlah karya Tuhan melalui mereka.

  4. Pelayanan anak membantu melatih pemimpin gereja masa depan. Kita harus berharap anak-anak yang tumbuh dalam pelayanan kita menjadi pemimpin di gereja dan di dunia.
    Tips pelayanan anak: Libatkan anak-anak dalam kesempatan pelayanan. Libatkan anak-anak dalam pelayanan gereja lainnya sesering mungkin.

  5. Pelayanan anak secara tak langsung memberikan pembelajaran bagi para relawan pelayanan. Kadang-kadang, orang dewasa belajar sebanyak anak-anak belajar.
    Tips pelayanan anak: Doronglah orang dewasa untuk membuat "belajar" sebagai salah satu alasan untuk mereka melayani dalam pelayanan.

  6. Pelayanan anak menumbuhkan kesadaran masyarakat akan gereja melalui acara-acara khusus. Ketika gereja kami mengadakan kegiatan sepak bola, seluruh kota membicarakannya. Kegiatan ini menjadi langkah maju terbaik gereja kami dan berhasil membawa orang-orang baru mengikuti ibadah di gereja kami.
    Tips pelayanan anak: Memahami acara-acara yang kita buat bisa menciptakan dampak positif bagi gereja secara keseluruhan.

  7. Pelayanan anak membantu gereja besar berkembang dengan baik. Pelayanan anak yang berkualitas diperlukan agar para orang tua berpartisipasi penuh dalam ibadah gereja. Saat pelayanan kita jauh lebih baik dari sekadar tempat penitipan anak, hal itu jelas akan menguntungkan gereja.
    Tips pelayanan anak: Sediakan pelayanan yang terbaik untuk membantu para orang tua terlibat lebih dalam di gereja.

  8. Pelayanan anak membantu membangun sebuah pelayanan pemuda yang kuat. Kita harus berharap anak-anak yang tumbuh dalam pelayanan kita menjadi pemimpin dalam pelayanan murid.
    Tips pelayanan anak: Bekerjasamalah dengan pelayanan pemuda untuk mencapai tujuan yang sama dan rencana pemuridan yang komprehensif.

  9. Kehadiran anak-anak membantu pendeta menyampaikan Injil dengan sederhana. Pendeta Anda akan mendapatkan manfaat dari mengajar anak-anak. Ini mendorong mereka untuk memikirkan kembali kosakata mereka dan memberikan penjelasan konsep spiritual yang cukup.
    Tips pelayanan anak: Sediakan waktu secara rutin untuk anak-anak hadir dalam kebaktian.

  10. Kehadiran anak-anak memberikan sukacita kepada seluruh jemaat. Anak-anak adalah anugerah Tuhan, dan keberadaan mereka akan membuat persekutuan menjadi hidup.
    Tips pelayanan anak: Libatkan anak-anak dalam kehidupan gereja, khususnya dalam ibadah penyembahan.

  11. Kehadiran anak-anak mengingatkan jemaat bahwa semua orang diciptakan segambar dengan Allah. Anak-anak yang lugu dan kreatif mengingatkan kita semua bahwa manusia diciptakan untuk menjadi kudus dan bahagia.
    Tips pelayanan anak: Mintalah anak-anak untuk mengadakan pertunjukan musik khusus atau berdoa di depan jemaat.

  12. Kehadiran anak-anak memberikan teladan hidup kepada orang dewasa tentang bagaimana beriman seperti anak-anak.
    Tips pelayanan anak: Ceritakan kisah tentang anak-anak dan kepercayaan mereka yang tulus kepada Tuhan. Ini akan menjadi motivasi bagi orang-orang percaya, berapa pun usianya.

  13. Kehadiran anak-anak membantu gereja belajar menyesuaikan diri terhadap berbagai jenis musik yang berbeda. Sering kali, keegoisan menjadi penyebab "perang pujian". Tetapi sering kali pula, gereja mau menyesuaikan diri dengan pujian-pujian yang cocok bagi anak-anak. Ini merupakan satu langkah maju terhadap keberagaman jenis musik.
    Tips pelayanan anak: Bantulah pemimpin pujian memilih pujian-pujian anak yang bisa dinikmati.

  14. Kehadiran anak-anak memberi semangat dan harapan akan masa depan. Beberapa hal menunjukkan kepada kita masa depan, seperti berada di sekitar anak-anak.
    Tips pelayanan anak: Buatlah suatu visi tentang bagaimana Tuhan memberkati generasi yang akan datang.

  15. Melihat anak-anak tumbuh dari tahun ke tahun membawa sukacita bagi gereja. Semua orang senang melihat anak-anak bertumbuh. Pelayanan anak dapat membantu mewujudkannya bila kita memerhatikan anak-anak.
    Tips pelayanan anak: Gunakan papan pengumuman untuk mencatat pertumbuhan mereka melalui foto-foto di sekolah minggu.

  16. Pelayanan anak memberi kesempatan kepada orang dewasa untuk menjadi kakek-nenek rohani. Ada banyak berkat bagi setiap orang ketika orang tua menghabiskan waktu bersama anak-anak.
    Tips pelayanan anak: Rencanakan acara khusus atau buatlah suatu program kakek-nenek rohani.

  17. Pelayanan anak menyediakan cara bagi gereja untuk bekerja sama satu dengan yang lain.
    Tips pelayanan anak: Pertimbangkan untuk merencanakan program-program kerja sama, misalnya pertandingan basket atau sekolah Alkitab liburan dengan gereja-gereja besar di kota Anda.

  18. Sukarelawan mendapatkan keuntungan dari persekutuan tambahan. Bekerja sama dalam suatu program pelayanan membantu mereka menjalin persahabatan yang awet.
    Tips pelayanan anak: Jadikan persekutuan sebagai kunci dari pertemuan-pertemuan para pelayan. Doronglah para sukarelawan untuk tinggal bersama selama beberapa tahun pelayanan.

  19. Para sukarelawan mendapatkan pelatihan formal dan pengawasan pastoral tambahan. Sesi pelatihan yang Anda sediakan bisa menjadi cara yang bagus untuk memberikan pendidikan Kristen lanjutan bagi orang dewasa.
    Tips pelayanan anak: Sediakan waktu dan energi untuk pertemuan-pertemuan pelatihan. Jadikan pertemuan itu sebagai sesuatu yang layak dihadiri; jangan membuang waktu orang lain.

  20. Pelayanan anak memberi konteks bagi wanita untuk menggunakan karunia mengajar dan kepemimpinan mereka. Dalam banyak denominasi, kedudukan pendeta senior dibatasi untuk pria yang berkualitas dan disetujui oleh gereja. Namun, setiap orang menyetujui bahwa Tuhan memberi karunia dan menggunakan wanita untuk mengajar di berbagai bidang, khususnya dalam pelayanan anak.
    Tips pelayanan anak: Doronglah semua sukarelawan (termasuk para wanita) untuk benar-benar mengembangkan kemampuan mengajar.

  21. Pelayanan anak memberi kesempatan kepada seniman untuk membagikan talenta mereka. Bidang keterampilan pelayanan anak merupakan salah satu area yang dapat mengambil manfaat besar dari kemampuan ini.
    Tips pelayanan anak: Doronglah para sukarelawan yang ahli dalam hal keterampilan untuk ambil bagian dalam proyek berkala. Hormatilah para wanita yang setia melayani walaupun hanya memiliki sedikit pengetahuan dalam pelayanan anak.

  22. Pelayanan anak memberi kesempatan kepada orang-orang yang memiliki karunia dalam bidang musik untuk membagikan talenta mereka. Membutuhkan kesabaran dan karisma yang luar biasa untuk memimpin anak-anak memuji Tuhan melalui musik.
    Tips pelayanan anak: Carilah orang-orang yang bertalenta yang telah Tuhan kirim melalui jemaat Anda untuk mencapai tujuan ini.

  23. Pelayanan anak memberi kesempatan kepada orang-orang yang memiliki talenta memasak untuk membagikan karunia mereka. Jangan lupa bahwa memanggang dan memasak merupakan talenta yang berguna, yang bisa Tuhan gunakan untuk pelayanan.
    Tips pelayanan anak: Rencanakan membuat roti ulang tahun spesial untuk anak-anak di sekolah minggu.

  24. Pelayanan anak membantu membentuk ulang keluarga dan gereja. Ketika suatu gereja berjuang untuk memulihkan warisan teologi dan rohani mereka, sering kali departemen pendidikan dapat memimpin perjuangan tersebut.
    Tips pelayanan anak: Sediakan sumber-sumber yang berkualitas untuk keluarga, misalnya bimbingan penyembahan untuk ibadah keluarga dan katekisasi. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
24 Ways Children`s Ministry Benefits The Church
Situs: 

http://ministry-to-children.com/ (Ministry-To-Children.Com)

Komentar