Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mempromosikan Pelayanan Anak dalam Gereja


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Promosi kelas-kelas sekolah minggu atau gereja anak yang baik merupakan salah satu bentuk dukungan gereja terhadap pelayanan anak. Hal tersebut juga penting untuk menjaga pertumbuhan sekolah minggu atau gereja anak tersebut. Tujuan promosi adalah untuk memberitahukan dan membangkitkan semangat. Menjaga supaya murid-murid yang ada maupun calon murid mengetahui kegiatan-kegiatan dan acara-acara yang diselenggarakan. Bila dilakukan dengan baik, hal ini bisa menjadi daya tarik yang besar dalam pelayanan

Promosi kelas-kelas sekolah minggu atau gereja anak yang baik merupakan salah satu bentuk dukungan gereja terhadap pelayanan anak. Hal tersebut juga penting untuk menjaga pertumbuhan sekolah minggu atau gereja anak tersebut. Tujuan promosi adalah untuk memberitahukan dan membangkitkan semangat. Menjaga supaya murid-murid yang ada maupun calon murid mengetahui kegiatan-kegiatan dan acara-acara yang diselenggarakan. Bila dilakukan dengan baik, hal ini bisa menjadi daya tarik yang besar dalam pelayanan anak Anda. Ingatlah bahwa promosi tidak akan berhasil bila pelayanan anak sepi dan membosankan. Iklan promosi yang paling tepat adalah pelayanan yang menarik dan menyenangkan, yang membuat anak-anak tertarik untuk datang; mereka akan menyebarkan iklan itu pada teman-temannya.

  1. Langkah 1
    Bentuk paling sederhana dari promosi dimulai di gereja. Bila gereja Anda memiliki buletin, gunakan halaman-halaman buletin itu untuk memberitahu para orang tua tentang seri pelajaran kegiatan dan acara berikutnya. Orang tua yang memiliki banyak informasi mudah yakin bahwa anak-anak mereka berada di kelas bila mereka tahu apa yang diajarkan. Hal ini meyakinkan mereka bahwa waktu yang ada digunakan dengan baik untuk kepentingan anak-anak mereka. Semua pelayan anak akan mendapatkan dukungan penuh dari para orang tua; informasi yang disampaikan di buletin gereja akan sangat membantu.

  2. Langkah 2
    Presentasi singkat dengan menggunakan "power point" juga merupakan cara promosi lain yang bisa dilakukan di gereja. Salah satu hal yang juga banyak membantu adalah foto-foto para murid ketika berada di dalam kelas, tersenyum dan terlibat aktif. Setelah beberapa foto murid, tampilkan juga tayangan gambar dengan disertai ayat tentang persahabatan atau anak-anak. Bila Anda tidak terbiasa melakukan presentasi dengan menggunakan power point, mintalah bantuan orang lain dalam gereja.

  3. Langkah 3
    Kirimilah kartu pos! Tidak ada yang lebih menarik bagi anak-anak selain menerima surat. Kirimlah kartu pos dengan berbagai ucapan. Kartu-kartu ulang tahun, semoga lekas sembuh, merindukanmu, ingin segera bertemu denganmu, adalah beberapa kartu yang bisa Anda dapatkan di toko buku-toko buku Kristen setempat atau secara online. Pastikan untuk menuliskan tanggal acara-acara besar penting lainnya di setiap kartu pos.

  4. Spanduk dan Selebaran
    Spanduk atau selebaran yang menarik akan menyedot perhatian anak-anak dan juga orang dewasa. Gunakan spanduk untuk mengenalkan nama pelayanan Anda. Saya menuliskan nama pelayanan saya dengan huruf yang besar dan berwarna-warni. Gunakan selebaran untuk mempromosikan lebih lanjut apa yang sudah Anda tuliskan di spanduk besar. Tuliskan secara spesifik dan kreatif. Bila Anda tidak tahu bagaimana menggunakan peralatan komputer untuk membuat spanduk dan selebaran; mintalah tolong pada gereja Anda. Selalu ada orang yang bisa dan siap menolong apabila Anda minta tolong pada mereka. Sekretaris gereja Anda mungkin dapat mendampingi Anda dalam hal ini.

    Selebaran bisa diletakkan di beberapa tempat. Rumah makan dan toko-toko setempat biasanya memunyai papan buletin yang dirancang untuk acara-acara setempat. Murid-murid Anda juga bisa membagikan selebaran-selebaran itu. Bila Anda memilih untuk membagikan selebaran itu di suatu tempat umum, pastikan untuk mendapat izin dari pemiliknya atau manajernya.

  5. Langkah 5
    Manfaatkan acara masyarakat untuk membuat pengumuman. Selalu sediakan meja pendaftaran di setiap acara dan berikan motivasi untuk setiap pendaftar, misalnya dengan menyediakan "door prize" bagi mereka yang mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap. Ini akan membantu Anda membangun jaringan. Anda juga bisa menggunakan acara-acara seperti ini untuk membagikan selebaran. Sediakan spanduk dan gambar-gambar yang banyak tentang kelas Anda supaya bisa dilihat. Anda bisa menggunakan drama singkat yang dimainkan oleh orang atau boneka untuk mempromosikan pelayanan anak Anda. Kesempatan terbuka lebar untuk mempromosikan pelayanan Anda melalui acara-acara seperti ini. Program yang dirangkai dengan baik akan memberi kesan pertama yang sangat baik akan apa yang gereja Anda sediakan bagi anak-anak.

  6. Langkah 6
    Buatlah jaringan. Selalu kumpulkan alamat! Pengunjung pertama adalah sumber utama; mintalah para orang tua mengisi kartu pendaftaran bagi anak-anak mereka. Kumpulkan alamat-alamat di setiap acara. Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk mendapatkan alamat baru. Minta pada para anggota gereja Anda untuk memberikan alamat tetangga mereka yang memiliki anak-anak. Begitu Anda bisa membentuk jaringan, carilah alasan untuk mengirimkan selebaran atau kartu pos. Ingatlah, anak-anak senang menerima surat. Jangan lupa pada murid-murid baru Anda.

  7. Langkah 7
    Gunakan media. Radio, TV, koran, dan jadwal kegiatan umum sangat bermanfaat dan dilihat oleh orang banyak. Langkah ini mungkin membutuhkan dana yang besar, tetapi imbal baliknya pun bisa sangat tinggi. Bila Anda tidak memiliki dana, ada beberapa hal yang masih bisa Anda lakukan. Sebagian besar koran akan menerima artikel-artikel yang ditulis dengan baik dengan disertai foto hitam putih. Tulislah suatu artikel tentang suatu kegiatan yang telah dilakukan oleh gereja untuk anak-anak dan bagaimana kegiatan itu memberikan dampak positif pada anak-anak dan masyarakat. Bila koran tersebut menerbitkan artikel Anda, di kemudian hari, artikel-artikel Anda yang lainnya pun akan diterbitkan. Bila Anda bukan seorang penulis, mintalah bantuan keluarga gereja Anda, mungkin ada seorang penulis di antara warga gereja Anda.

Jadwal kegiatan umum juga gratis. Beberapa jadwal kegiatan umum menyediakan saluran lokal. Sebagian besar stasiun radio Kristen akan mengumumkan acara Anda secara gratis. Karena mereka lembaga nirlaba, maka mereka tidak bisa menjual iklan. Carilah situs stasiun radio tersebut untuk mendapatkan jadwal pengumuman mereka dan kirimkan acara Anda atau teleponlah stasiun radio tersebut untuk memberikan informasi yang akan mereka perlukan. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
How to Promote a Children`s Church Ministry
Situs: 

Komentar