Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Mendorong Anak Bersaksi


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 692 - Pentingnya Bersaksi bagi Guru Sekolah Minggu (II)

Nas: Kisah Para Rasul 1:8-14

MENERIMA

Berdoalah kepada Tuhan agar melalui kehidupan saudara, anak-anak terdorong untuk bersaksi!

MERENUNGKAN

  1. Apa yang Yesus katakan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke surga? (8)
  2. Bagaimanakah Yesus naik ke surga? (9-11)
  3. Apa yang dilakukan murid-murid setelah Yesus naik ke surga? (12-14)

PENGAJARAN

Kalau melihat sosok anak kecil, mungkin saudara akan berpikir "tidak mungkin seorang anak kecil akan bersaksi". Namun, tahukah Saudara kisah tentang seorang Penginjil dari Zaire, yang telah menjadi berkat untuk bangsanya, di mana 110.000 orang telah percaya kepada Tuhan, berdiri 32 pos penginjilan, beberapa sekolah Alkitab, dan sebuah rumah sakit dengan 120 tempat tidur. Penginjil ini mengenal dan menerima Yesus saat sepasang misionaris datang ke daerah itu, dan di antara seluruh penduduk, hanya dia yang percaya Kristus. Anak kecil ini bertumbuh dan terus bersaksi sehingga daerahnya pun mengenal Yesus.

Ketika Yesus telah naik ke surga, Roh Kudus turun dan memberikan kuasa kepada setiap anak Tuhan. Kuasa yang diberikan itu dipergunakan untuk bersaksi. Bersaksi atau menceritakan kepada orang lain tentang siapa Yesus itu, bagaimana Yesus datang untuk menyelamatkan umat manusia, kebangkitan-Nya yang sungguh luar biasa, dan ketika Ia naik surga. Orang percaya akan dapat bersaksi tentang siapa Yesus itu, apabila Ia telah mengalami sendiri siapa Yesus itu. Pengalaman orang percaya dalam mengerjakan keselamatan itu haruslah disaksikan kepada orang lain, agar mereka juga dapat percaya kepada Tuhan.

Anak-anak haruslah terus didorong untuk bersaksi dalam hidup mereka sejak kecil. Bukankah kita juga sering mendengar ada orang tua yang belum mengenal Kristus akhirnya dimenangkan karena kesaksian anak-anak mereka? Doronglah anak-anak untuk menceritakan kepada orang lain mengenai Yesus, Sang Juru Selamat hidup mereka, dari setiap firman Tuhan yang telah mereka dengar, baik di sekolah maupun di sekolah minggu.

MELAKUKAN

Sediakanlah waktu bagi anak-anak Saudara dan tuliskanlah suatu aksi yang dapat Saudara kerjakan bagi anak-anak Saudara.

MEMBAGIKAN

Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat tentang keindahan berbagi firman dan kasih kepada anak-anak atau sesama saudara.

Ayat Hafalan: Amsal 10:1

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : Gereja Kristen Kalam Kudus Taman Kopo Indah Bandung
Alamat URL : http://gkkk-tamankopoindah.blogspot.com/
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 19 November 2014

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar