Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Pertumbuhan Sekolah Minggu Melalui Kesaksian Keselamatan Guru


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 692 - Pentingnya Bersaksi bagi Guru Sekolah Minggu (II)

Sekolah minggu merupakan tempat yang sangat baik bagi guru untuk mengajar anak-anak bersaksi, khususnya kesaksian mengenai keselamatan jiwa mereka. Dalam kelas sekolah minggu, anak-anak akan lebih banyak menerima "pelatihan" mengenai bersaksi dibandingkan dalam ibadah di gereja. Tim Smith, seorang guru sekolah minggu di Georgia Baptist Convention, menulis sebuah blog yang mendorong guru sekolah minggu untuk melatih anak-anak di dalam kelas sekolah minggu untuk mempersiapkan kesaksian iman mereka. Berikut ini adalah garis besar pemikiran Tim Smith dalam tulisannya.

  1. Berikan beberapa petunjuk dasar kepada anak-anak, bagaimana mereka dapat mulai menuliskan cerita/kesaksian mereka. Tulisan kesaksian mereka harus dipikirkan dengan baik terlebih dahulu dan tidak boleh bertele-tele. Tulisan mereka harus jelas dan "to the point". Ingatkan anak-anak agar tidak menulis cerita dengan kata-kata yang berlebihan mengenai gaya hidup mereka yang penuh dosa sebelum mereka bertobat. Kata-kata yang mereka gunakan harus kata-kata yang dapat dimengerti oleh orang yang belum bergereja. Inti kesaksian mereka harus menceritakan tentang apa yang telah Tuhan Yesus lakukan dalam hidup mereka baru-baru ini.
  2. Ketika melatih anak-anak untuk bersaksi, guru sekolah minggu harus memberikan kesaksian pribadinya terlebih dahulu. Harus ada tiga bagian dalam kesaksian guru sekolah minggu. Pertama, kesaksian mengenai "Hidupku Sebelum Menjadi Orang Kristen". Inti kesaksiannya adalah bagaimana hidup Anda sebelum bertobat sampai ketika Anda menyadari bahwa Anda membutuhkan Kristus. Bacalah Kisah Para Rasul 26:4-5. Kedua, kesaksian mengenai "Proses Hidupku Menjadi Orang Kristen". Tekankan bagaimana Injil Kristus mengubah hidup Anda secara jelas dan singkat. Bacalah Kisah Para Rasul 26:12-15. Ketiga, kesaksian Anda mengenai "Bagaimana Aku Berubah Sejak Diselamatkan". Bagaimana hidup Anda kini berbeda karena Anda adalah seorang Kristen? Berikan contoh-contoh dalam kehidupan Anda tentang bagaimana kehidupan Anda sebagai orang Kristen berbeda dengan kehidupan Anda sebelumnya. Bacalah Kisah Para Rasul 26:19-20.
  3. Kesaksian pribadi dianalogikan seperti tongkat "baseball". Bagian pertama dari kesaksian adalah seperti bagian ujung tongkat "baseball" yang terdapat tonjolan kecil (knob). Meskipun kecil, tetapi sangat penting. Bagian kedua adalah bagian untuk pegangan. Bagian ini lebih besar dari ujung tongkat (knob), tetapi lebih sedikit memberikan kontribusi pukulan (hit). Bagian ketiga adalah bagian atas yang ukurannya lebih besar untuk memukul bola. Semua bagian dari kesaksian penting, tetapi semuanya harus bekerja sama untuk mendapatkan "hit".

Dari pengalaman Anda, apa yang akan Anda tambahkan ke petunjuk yang telah diberikan oleh Tim Smith di atas? Saya hanya akan menambahkan bahwa setelah orang Kristen merespons untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya, adalah hal yang penting baginya untuk terhubung dengan orang percaya lainnya dan saling menguatkan dalam iman. Guru sekolah minggu dapat melakukan hal tersebut dalam kelas sekolah minggu. Bantulah anak-anak untuk menyiapkan kesaksian iman mereka dan latih mereka untuk menyaksikannya kepada orang lain. Tuntun mereka untuk memohon kepada Tuhan agar mendapatkan kesempatan untuk bersaksi. (t/Davida)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : Sunday School Revolutionary
Alamat URL : http://web.kybaptist.org/kbc/blogs/
Judul asli artikel : Grow Sunday School by Sharing Your Salvation Testimony
Penulis artikel : Darryl Wilson
Tanggal akses : 10 November 2014

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Komentar