Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menanamkan Tingkah Laku yang Baik: Mengajar dengan Kesabaran dan Doa


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Akan tetapi, sebagai guru, kita perlu membantu anak-anak menghormati orang lain dan menyatakan keperluan serta keinginan-keinginan mereka sendiri dengan sikap menghormati. Untuk melakukannya, kita perlu mengajarkan mereka sikap sopan santun, sikap menghormati, dan sikap- sikap yang baik. Akan tetapi, kita perlu memastikan bahwa kita memberikan teladan yang baik dari kehidupan kita sendiri kepada mereka.

Ketika kita mendukung tingkah laku yang baik, kita perlahan-lahan akan menanamkan tingkah laku yang kita inginkan kepada anak-anak. Amsal 22:6 adalah cara Allah mengajarkan dan melatih anak-anak berbagai umur: "Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."

Memberikan Teladan tentang Tingkah Laku yang Baik

Anak-anak belajar saat mengamati dan mendengar orang tua, guru, dan anak-anak yang lain. Cara terbaik mendorong mereka untuk bertanggung jawab adalah bertindak dengan penuh tanggung jawab saat mereka bersama-sama Anda. Kita perlu benar-benar berusaha menjadi orang yang akan mereka teladani dan perlu menunjukkan kepada mereka pengendalian diri, keberanian, dan kejujuran kita. Anda dapat memberikan mereka teladan dengan kata-kata serta perbuatan yang menghormati orang lain. Anda dapat menunjukkan kepada mereka belas kasihan dan kepedulian Anda ketika orang lain menderita.

Ketika anak-anak mengamati Anda dan ketika Anda berbicara kepada mereka, tanyakanlah pertanyaan-pertanyaan yang membangun. Ini akan menolong Anda untuk mulai mengerti mereka dan memberikan Anda kesempatan untuk mengajarkan tingkah laku yang baik kepada mereka. Anak-anak belajar tentang tanggung jawab lewat cerita-cerita Alkitab. Melalui cerita-cerita itu, mereka akan mengidentifikasi karakter-karakter tokoh Alkitab. Contohnya, mereka dapat mempelajari keberanian dari keberanian Daud melawan Goliat atau mereka mungkin mempelajari nilai kegigihan dari cerita-cerita Musa dan Yosua.

Anak-anak mengasah kemampuan mereka dalam menilai suatu tindakan bertanggung jawab lewat latihan. Salah satu cara adalah dengan menolong mereka mengerti konsekuensi-konsekuensi dari pilihan- pilihan yang berbeda-beda, dan menghindari tingkah laku yang mementingkan diri sendiri atau gegabah. Anda dapat menolong anak- anak Anda mengasah kebiasaan-kebiasaan yang kuat untuk menghargai kesejahteraan orang lain dan menghargai nilai-nilai kebaikan, kebenaran, dan sikap menghormati. Anak-anak perlu menyaksikan bagaimana Anda serius dengan prinsip-prinsip Anda seraya mereka masih dapat bermain dan bersenang-senang!

Menghormati Rumah Allah

Apakah kedisiplinan dan pengendalian kurang diterapkan dalam rumah Anda? Ataukah anak-anak kekurangan kasih sayang dan perhatian? Walaupun faktor-faktor ini memegang peranan dalam membentuk tingkah laku yang buruk, pengalaman anak bersama Allah memegang peranan yang lebih besar. Kurangnya rasa hormat dalam Rumah Allah berakar dari kurangnya hubungan dengan Tuhan. Agar anak-anak dapat sungguh- sungguh mencintai Allah serta menghargai dan menghormati Rumah Allah beserta semua isi di dalamnya, pertama-tama mereka perlu memunyai hubungan yang nyata dengan Allah.

Rasa hormat ini lebih dari sekadar menundukkan kepala mereka saat berdoa, menyanyi, bertindak, atau mendapatkan nilai-nilai baik dalam kuis Alkitab. Anak-anak menikmati keceriaan, permainan, dan persekutuan dengan teman-teman dalam banyak program sekolah minggu. Tetapi, apakah mereka benar-benar bertemu dengan Allah di sana?

Jika Anda ingin melihat perubahan dalam kehidupan dan tingkah laku mereka, maka bawalah mereka masuk ke dalam kehadiran Allah. Saat mereka mulai membentuk hubungan yang luar biasa dengan Allah sendiri serta merasakan kasih-Nya, mereka akan rindu belajar lebih banyak tentang Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya. Hasil dari hubungan ini akan terpancar lewat tindakan, tingkah laku, dan sikap dalam rumah Allah. (t/Uly)

Tuhan Memberkati!

Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Artikel: 
Instilling Good Behaviour
Situs: 

(Children Ministries Sharon)

Komentar