Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Lima Hal untuk Diajarkan kepada Anak Anda pada Natal Ini


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 769 - Natal (2)

Gambar: Anak dan Hadiah Natal

"Bu, aku harus menambahkan sesuatu ke dalam daftar keinginan Natalku."

Ini adalah waktu itu lagi pada tahun ini. Toko dihiasi dengan segala sesuatu yang bernuansa merah dan hijau. Kotak surat dan kotak masuk penuh dengan iklan, penjualan, dan katalog. Kado yang dibungkus dengan cantik berada dalam pemikiran utama hampir semua orang -- terutama anak-anak.

Natal memberikan kesempatan yang baik untuk menuangkan kebenaran Injil ke dalam hati anak-anak kita. Ini adalah waktu yang ideal untuk menunjukkan kepada mereka hadiah terbesar yang pernah mereka terima, karunia Yesus Kristus.

Di bawah ini adalah daftar kebenaran penting untuk diajarkan kepada anak-anak kita pada saat Natal ini:

1. Kisah Penebusan

Selama masa Adven, dalam penantian untuk tanggal 25 Desember, kita dapat mengajar dan mempersiapkan anak-anak kita untuk perayaan dalam Alkitab tentang kelahiran Yesus.

Dalam keluarga kami, kami ingin memulai dengan kisah penciptaan dan perjalanan harian yang terus dilakukan melalui kisah penebusan sampai pada kelahiran Kristus pada hari Natal. Kami membicarakan tentang kejatuhan manusia dan janji Allah tentang Juru Selamat dalam Kejadian 3:15. Kami membaca tentang janji-Nya kepada Abraham mengenai penegasan-Nya kembali dalam seluruh Perjanjian Lama. Kami membahas Musa dan Seseorang yang lebih besar daripada Musa pada masa yang akan datang (Ibrani 3:3-6). Kami membaca nubuat dalam Yesaya. Kami melihat bagaimana semua arahan dari Alkitab untuk Penebus kita.

2. Kerendahan Hati Kristus

Bagi dunia, musim liburan adalah tentang pemborosan, kemewahan, dan membuat setiap detail dalam gambaran yang sempurna. Kisah Yesus, bagaimanapun, adalah salah satu peristiwa tentang kerendahan hati. Masa Natal memberikan kesempatan besar untuk mengajar anak-anak kita tentang apa artinya menjadi terbesar dalam Kerajaan Allah (Matius 20:26-28). Orangtua-Nya, tempat kelahiran-Nya, kota kelahiran-Nya, dan tindakan utama-Nya dalam menjadi manusia yang memperlihatkan kerendahan hati.

Gambar: Bayi Yesus

Kebanyakan orang mengharapkan Mesias datang dalam suatu istana, bukan suatu kandang. Kebanyakan orang mengharapkan Dia untuk hidup dalam kebangsawanan, bukan kemiskinan. Kebanyakan orang mengharapkan Dia untuk menaklukkan Roma, bukan disalibkan oleh mereka. Bacalah Filipi 2:1-11, dan tunjukkan kepada anak-anak Anda tentang kerendahan hati Kristus.

3. Allah Bekerja Melalui Kelemahan

Dalam nada yang sama, ajarlah anak-anak kita bagaimana Allah bekerja melalui kelemahan merupakan topik lainnya untuk diajarkan pada saat Natal. Allah sering memilih yang paling tidak mungkin dan lemah untuk digunakan dalam kisah penebusan-Nya. Maria adalah gadis miskin yang sederhana, yang berasal dari kota kecil. Petrus adalah seorang nelayan tidak berpendidikan. Kemuliaan Allah ditampilkan ketika Ia bekerja melalui kelemahan kita. Hal tersebut terlihat paling dramatis dalam kematian Yesus di kayu salib untuk menggantikan kita dan dalam kebangkitan-Nya pada hari ketiga, menjamin kemenangan kita atas dosa dan kematian.

4. Allah Memegang Janji-Nya

Kebenaran penting lainnya yang kita bisa tekankan kepada anak-anak kita selama masa ini adalah bahwa Allah menepati janji-janji-Nya. Kita bisa memulai dengan janji akan Juru Selamat setelah peristiwa kejatuhan dan di sepanjang Perjanjian Lama, dengan melihat janji Allah untuk menebus umat-Nya, yang berpuncak pada janji-Nya yang terpenuhi dalam Kristus.

5. Nama Kristus

Pada tahun lalu, anak-anak saya mempelajari nama-nama yang berbeda untuk Yesus pada setiap hari selama masa Adven. Kami mempelajari nama-nama seperti Mesias, Anak Domba Allah, Imanuel, Alfa dan Omega, dan Raja Damai. Mengajarkan tentang nama-nama Yesus anak-anak dan apa yang dimaksudkan dari nama-nama tersebut membantu mereka tahu lebih banyak tentang Yesus, karakter-Nya, dan apa yang telah dilakukan-Nya. Kami membuat jalinan rantai dari kertas dengan nama yang berbeda dicetak pada masing-masing kertas. Cara lain untuk mempelajari nama-nama mungkin dengan membuat hiasan Natal untuk masing-masing nama dan menggantungkannya pada pohon Natal setiap kali Anda mempelajari satu nama.

Manfaatkan waktu di tahun ini untuk mengajar anak-anak Anda tentang Kristus, Sang Anak. Habiskan waktu dalam firman, menunjukkan kepada mereka tentang Mesias yang dijanjikan dan bagaimana janji itu digenapi pada Bayi yang lahir di Betlehem. Bantulah mereka melihat bahwa Yesus adalah hadiah terbesar yang pernah mereka terima dan hadiah terbesar yang dapat mereka bagikan kepada orang lain. (t/N. Risanti)

Download Audio

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Desiring God
Alamat situs : http://www.desiringgod.org/articles/five-things-to-teach-your-children-this-christmas
Judul asli artikel : Five Things to Teach Your Children This Christmas
Penulis artikel : Christina Fox
Tanggal akses : 7 November 2017

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar