Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Mengikuti Bintang Timur


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 769 - Natal (2)

Ditulis oleh: Joy

Gambar: Bintang Timur

Tujuan: Anak belajar mengenal Mesias yang benar dan karakter yang alkitabiah.

Dasar Alkitab: Matius 2:1-11

Usia: 7 -- 10 tahun

Sebelum permainan, terlebih dahulu diberikan cerita tentang orang Majus dan pengajaran tentang sifat-sifat Kristus: Raja Damai, Penasihat, Penurut, dll..

Yang dibutuhkan:

  1. Lahan di tempat terbuka yang cukup luas ataupun tempat di dalam ruangan gedung gereja yang memiliki banyak ruang.
  2. Karton bentuk bintang berbagai warna dan ukuran (4 -- 5 buah). Setiap bintang merupakan satu pos yang di dalamnya terdapat minimal 2 guru sekolah minggu (GSM) yang berperan sebagai Maria dan Yesus balita.
  3. Perhiasan-perhiasan mainan, replika kotak harta karun, atau apa pun yang dapat merepresentasikan persembahan yang indah.
  4. Apabila menggunakan lahan di tempat terbuka:
    • Dirikan bintang dengan tongkat atau tempelkan di pohon. Dijaga oleh 2 GSM (Maria dan balita Yesus).
    • Pastikan jarak antarpos cukup jauh dan tidak terlalu mudah ditemukan.
    • Buatlah juga beberapa pos tanpa bintang sebagai pengecoh.
  5. Apabila menggunakan tempat di dalam ruangan:
    • Tempelkan bintang di pintu ruangan -- berfungsi sebagai pos -- di tiap ruangan ada 2 GSM.
    • Pastikan ruangan berbintang cukup berjauhan.

Cara bermain:

  1. Kumpulkan anak di salah satu tempat titik start.
  2. Bagilah anak-anak menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 3 -- 4 orang (tergantung jumlah total anak).
  3. Berikan replika persembahan kepada tiap kelompok.
  4. Beri instruksi: Carilah Yesus, Mesias yang benar. Tandanya, ada bintang di atas rumahnya. Dengarkan apa yang dia dan ibunya katakan. Apabila kalian yakin bahwa itu adalah Yesus yang benar, berikan persembahan kepadanya, lalu kembali ke sini (titik start).
  5. Permainan berakhir ketika semua kelompok sudah kembali ke titik start dan persembahan mereka sudah diserahkan kepada "Yesus". Guru-guru SM yang berada di pos juga kembali.
Gambar: Bunda Maria

Prosedur untuk GSM di pos:

  1. Ada 4 -- 5 pos berbintang, tetapi hanya 1 pos berisi Maria dan Yesus yang benar.
  2. Tiap GSM di pos yang berperan sebagai Maria dan Mesias palsu menyiapkan dialog yang mengecoh saat menyambut anak-anak yang datang. Dialog tersebut harus merepresentasikan kepalsuan Mesias. Misalnya, "Wah kalian datang membawa persembahan ya, sini berikan kepada kami. Bayi Yesus butuh banyak uang" (menunjukkan keserakahan). Atau, "Kalian dari mana saja? Kenapa lama sekali! Kami sudah menunggu dari tadi! Mana, berikan persembahannya!" (menunjukkan ketidaksabaran). GSM bebas mengimprovisasi kalimat apa pun yang menunjukkan sifat-sifat yang bertentangan dengan Yesus dan Maria dalam Alkitab.
  3. GSM yang memerankan Maria dan Yesus sejati menunjukkan karakter yang sabar, pemurah, dll., sesuai deskripsi Yesus dalam Alkitab.
  4. Apabila anak-anak SM memberikan persembahan kepada pos yang salah, tetap diterima, jangan ditolak.
  5. Setelah permainan berakhir dan semua berkumpul, baru dilakukan evaluasi, kelompok mana yang terkecoh dan salah memberi persembahan. Dilanjutkan dengan menekankan pengajaran pentingnya mengenali Yesus dan ajaran-Nya yang benar.

*Catatan:

Jika jumlah GSM cukup banyak, bisa ditambahkan peran Herodes dan para prajuritnya untuk menghadang dan mengejar di rute tertentu pada saat anak-anak kembali dari pos ke titik start.

Untuk itu, perlu diberi instruksi tambahan: "Hindari Herodes yang akan mengejar kalian, dan kembali ke titik start tanpa tertangkap".

GSM juga bisa menentukan rute berangkat dan pulang ke titik start, dengan memberi pilihan beberapa jalur, tanpa memberi tahu jalur mana yang aman dari Herodes.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar