Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Editorial


Anak dan Apologetika Kristen (2)

Edisi PEPAK: edisi 763 - Anak dan Apologetika Kristen (2)

Salam kasih,

Pada edisi yang lalu, kita belajar bahwa dalam apologetika, anak diminta untuk dapat menceritakan iman mereka kepada orang lain dengan bekal pengalaman dan informasi dari komunitasnya, termasuk ayat alkitab serta pengajaran yang ia dapatkan dari sekolah minggu. Namun, sudahkah anak layan kita siap untuk berapologetika? ... baca selengkapnya »

Anak dan Apologetika Kristen (1)

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 762 - Anak dan Apologetika Kristen (1)

Salam kasih,

Sering kali, ketika mendengar kata "apologetika Kristen", pikiran kita akan tertuju pada perdebatan sengit antara beberapa kubu yang dihiasi dengan penjelasan yang berapi-api. Keadaan tersebut seakan-akan membuat apologetika Kristen hanya dikhususkan bagi mereka yang telah dewasa dan memiliki pengetahuan yang lebih tentang pengajaran-pengajaran tertentu, yang kemudian diperdebatkan untuk mencari kebenaran. ... baca selengkapnya »

Mempersiapkan Anak Menghadapi Pergumulan Hidup (I)

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 760 - Mempersiapkan Anak Menghadapi Pergumulan Hidup (I)

Salam kasih,

Saya percaya bahwa setiap manusia memiliki berbagai macam pergumulan hidup, baik saat dewasa maupun saat masih kanak-kanak. Namun, banyak orang sering kali menganggap bahwa anak-anak tidak tahu-menahu tentang arti pergumulan hidup, padahal mereka juga mengetahuinya sesuai dengan porsi mereka. Dan, respons anak-anak saat menghadapi masalahnya adalah hal yang akan membentuk pola yang berpengaruh pada respons mereka saat dewasa kelak. Lalu, apa yang dapat kita lakukan sebagai orang dewasa terdekat untuk mempersiapkan mereka menghadapi pergumulan hidup? ... baca selengkapnya »

Hari Anak Nasional

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 758 - Hari Anak Nasional (I)

Bulan ini, kita memperingati hari Anak Nasional. Hari tersebut mengingatkan kita, baik sebagai orangtua maupun pelayan anak, tentang tanggung jawab dan peran serta kita untuk menjadi teladan serta petunjuk jalan bagi generasi penerus bangsa. ... baca selengkapnya »

Mengajarkan Perjanjian Baru kepada Anak (II)

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 757 - Mengajarkan Perjanjian Baru kepada Anak (II)

Salam kasih,

Kitab Perjanjian Baru adalah penggambaran kasih Allah bagi umat manusia. Sebagai orangtua, kita harus menerapkan cara Allah menghadapi umat manusia. Manusia yang "nakal", keras kepala, dan cenderung melawan kehendak Allah dihadapi-Nya dengan penuh kasih. ... baca selengkapnya »

Apakah Anak-Anak Mendengar Injil atau Cerita dari Alkitab? (I)

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 754 - Apakah Anak-Anak Mendengar Injil atau Cerita dari Alkitab? (I)

Salam kasih,

Setiap anak Tuhan yang rajin mengikuti sekolah minggu tentunya telah mendapatkan segudang cerita Alkitab dari guru sekolah minggu mereka. Terlebih lagi jika orangtuanya juga memberikan buku cerita tentang tokoh Alkitab atau komik Alkitab dalam bentuk apps pada peranti mereka. Lalu, kita kerap menganggap bahwa anak akan menjadi seorang yang Tuhan inginkan jika ia hafal tentang keseluruhan cerita di dalam Alkitab. Benarkah demikian? ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content