Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Dosa yang Terungkap


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Jika kita mencoba menyembunyikan dosa kita atau berpura-pura tidak pernah melakukan dosa itu, pada akhirnya dosa pun akan tetap muncul ke permukaan, seperti halnya kancing-kancing plastik dalam segelas minuman bersoda.

Bahan: Gelas minum yang bening, sekaleng minuman bersoda, beberapa kancing-kancing plastik, dan sendok.

Durasi: Kurang lebih 5 menit

Topik: Pengakuan, Pengampunan, Dosa, Kebenaran, dan Penyesalan

Peserta: Kelas 1 -- 4 SD (umur 6-10)

Apa yang akan Anda lakukan:

Untuk memulai inti pelajaran, tuangkanlah 4 ons minuman kola ke gelas. Kemudian masukkanlah beberapa kancing ke dalamnya. Kancing-kancing tersebut akan mengendap ke dasar gelas sehingga kancing-kancing tersebut tidak terlihat. Akan tetapi, dalam beberapa detik saja kancing-kancing tersebut akan naik ke permukaan sehingga semua orang dapat melihatnya. Gunakanlah sendok untuk mengambil kancing-kancing itu.

Apa yang akan Anda katakan:

"Pernahkah kamu mengira bahwa tidak akan ada orang yang tahu kesalahan yang telah kamu perbuat, jika kamu merahasiakannya? Apakah kamu tahu sepintar-pintarnya kita merahasiakan dosa-dosa kita, dosa-dosa itu pun akan terungkap? Maksudnya begini:

(Tuangkan minuman kola ke dalam gelas)

Gelas ini menggambarkan diri manusia. Soda ini menunjukkan tempat kita menyembunyikan rahasia-rahasia buruk kita; mungkin di dalam lubuk hati kita karena kita tidak ingin seorang pun tahu. Nah, kancing-kancing ini menggambarkan dosa.

(Tunjukkan kancing-kancing tersebut)

Kancing ini adalah ketika kamu berbohong kepada orang lain, kancing ini adalah ketika kamu tidak mau berbagi dengan teman-temanmu, dan kancing ini adalah ketika kamu tetap menonton acara televisi walaupun dilarang oleh orang tuamu. Aku akan menjatuhkan dosa-dosa ini ke dalam gelas soda dan mereka itu akan tersembunyi, seperti halnya ketika kita menyembunyikan dosa-dosa kita.

(Jatuhkan semua kancing ke minuman bersoda)

Apakah kalian lihat? Dosa-dosa itu memang tersembunyi, tetapi kita hanya dapat merahasiakan dosa-dosa tersebut untuk sementara waktu saja. Pada akhirnya, dosa-dosa akan mencari jalan keluar untuk muncul ke permukaan. Nah, lihatlah dosa-dosa itu. Dosa tidak bisa disembunyikan selamanya. Oleh karena itu, daripada berusaha menyembunyikan dosa, kita perlu berusaha semampu kita untuk melakukan apa yang benar. Ketika kita gagal, kita tahu bahwa kita bisa meminta Yesus untuk mengampuni kita. Dia akan mengampuni kita! Alkitab berkata, 'Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.' (1 Yohanes 1:9) Dia akan membersihkan kita dari dosa-dosa kita, seperti ini.

(Mengambil kancing-kancing tersebut dengan sendok)

Sekarang hati kita (soda) bersih kembali." (t/Uly)

Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Sins Revealed

Komentar