Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Doa Membantu Membangun Kehidupan Rohani yang Sehat


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Sebagai orang tua, kita melakukan segala sesuatu sebisa mungkin untuk memastikan anak-anak kita sehat. Membangun kehidupan rohani anak sama pentingnya dengan menjaga mereka, agar tetap sehat dan memastikan mereka mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Kerohanian dapat menjadi fondasi kuat, untuk membantu anak-anak melewati tantangan kehidupan mereka. Mengajarkan anak-anak kita berdoa, dapat menolong mereka membangun kehidupan rohani yang sehat.

Mengajarkan anak-anak Anda untuk berdoa sendiri, mungkin terlihat seperti tugas yang menakutkan. Mungkin kita menganggap tugas ini lebih cocok untuk orang-orang terdisiplin, seperti para pendeta atau utusan Injil, tetapi sebenarnya kita dapat melakukannya semudah dan seproduktif mereka. Alkitab mengatakan bahwa Elia adalah manusia seperti kita semua. Hal ini menjelaskan bahwa doa-doa kita berdampak luar biasa seperti doanya, dan doanya menghentikan kekeringan yang mengerikan!

Kebanyakan kita mengingat doa-doa berirama yang kita pelajari saat jam makan ketika kita masih anak-anak. Doa-doa berirama ini bagus karena mereka menolong anak-anak membentuk kebiasaan berdoa. Saat umur anak melewati umur prasekolah, Anda bisa mulai mengajarkan mereka doa yang lebih formal saat makan. Cara terbaik memulainya adalah dengan memberikan teladan. Para orang perlu memulai dengan beberapa kata-kata, lalu membiarkan anaknya memberi andil. Tak lama lagi, anak dapat bergantian mengucapkan berkat untuk seluruh keluarga.

Cara lain untuk mengajarkan anak berdoa adalah dengan memulai renungan keluarga. Renungan keluarga adalah waktu yang disisihkan setiap hari, untuk membaca bacaan Alkitab dalam keluarga dan mempelajari cara menerapkannya secara langsung dalam hidup kita. Jika kita menutup renungan dengan doa yang mengandung pelajaran Alkitab pada hari itu, kita mengajarkan anak-anak kita untuk mendoakan Firman menjadi tindakan. Anda menggunakan waktu lain untuk menerapkan pola pelatihan tersebut. Mulailah dengan memberi teladan dan mendorong partisipasi mereka. Nantinya, anak Anda akan memimpin Anda dalam doa!

Teknik terakhir ini bagus untuk membangun hubungan anak Anda dengan Tuhan. Langkah ini menolong Anda mengetahui keseharian anak Anda, serta mengajarkan mereka cara yang tepat untuk berdoa. Mulailah dengan menanyakan anak Anda tentang apa yang dialaminya hari itu. Tanyakan apakah ada hal-hal yang baik atau tidak terlalu baik terjadi. Tawarkan kepada anak Anda untuk mendoakan keduanya. Tanyakan apabila ada teman-teman mereka yang membutuhkan doa, atau jika ada yang ingin anak Anda doakan. Anak-anak mungkin sedikit malu pada awalnya, tetapi sebentar lagi mereka akan banyak berbagi dan berdoa.

Bagian akhir yang penting untuk menanamkan doa dalam anak-anak Anda adalah dengan merayakan doa yang terjawab. Saat Anda mengambil waktu untuk berterima kasih kepada Tuhan dan mengingat jawaban doa-doa Anda, Anda membantu anak Anda untuk memercayakan segala kebutuhannya kepada Allah.

Akhirnya, jangan pernah menyerah. Jika Anda merasa canggung pada awalnya, ingatlah manfaat-manfaat doa. Ingatkan diri Anda bahwa Anda sedang menolong keluarga Anda dan anak-anak Anda untuk tetap sehat secara rohani. Anda mengizinkan Allah untuk mengarahkan keluarga Anda, yang selalu memberi arahan terbaik untuk kita. (t/Uly)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : fwfamily.com
Alamat URL : www.fwfamily.com
Judul asli artikel : Prayer Helps Develop Healthy Spiritual Life
Penulis : Jessica Phiri
Tanggal akses : 18 Mei 2011

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar