Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Disiplin Rohani Membaca Alkitab


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 779 - Relasi antara Anak dan Alkitab

Pelajaran sederhana ini akan membantu memperkenalkan kepada anak-anak pemahaman tentang “disiplin rohani” dengan fokus khusus pada pentingnya membaca Alkitab. Pelajaran ini dirancang untuk kelompok anak-anak yang lebih kecil, tetapi bisa dipakai untuk semua kelas sekolah minggu atau di gereja anak-anak.

Topik Alkitab: Membaca Alkitab

Bacaan: Mazmur 119:105

Target kelompok usia: SD (kelas 1-5)

Konteks pembelajaran: Kelompok kecil yang disiapkan seperti sekolah minggu.

Target waktu: 30 menit

Tujuan Pelajaran: Anak-anak akan belajar tentang disiplin rohani membaca Alkitab.

Pendahuluan: Mulailah pelajaran dengan membacakan ayat kunci kepada anak-anak. Untuk anak-anak SD yang lebih besar, doronglah seseorang untuk bersedia membacakan ayat ini untuk kelompok.

Gambar: Anak menangis yang digendong orang tuanya.

Peganglah peta dan tanyakan kepada anak-anak apa fungsi dari peta. Biarkan anak-anak menjawabnya. Arahkan jawaban-jawaban mereka jika perlu. Katakan kepada anak-anak tentang sebuah peta yang membantu kita untuk mengetahui arah tujuan jika kita tersesat atau jika kita akan melakukan sebuah perjalanan. Jelaskan bahwa peta memimpin kita, atau memandu jalan kita sehingga kita tahu jalan mana yang harus kita lalui.

Jelaskan: Baca Mazmur 119:105 sekali lagi. Jelaskan bahwa Alkitab adalah seperti sebuah peta! Itu adalah peta yang kita gunakan untuk membantu kita mengetahui bagaimana menjalani kehidupan Kristen. Katakan kepada anak-anak bahwa firman Allah (Alkitab) bermanfaat untuk memberi tahu kita bagaimana menjalankan hidup kita sehingga kita bisa menjadi semakin serupa dengan Yesus! Kita harus berusaha keras untuk membaca Alkitab setiap hari supaya kita tahu apa yang dikatakan oleh Allah di dalam Alkitab.

Dia menulis Alkitab untuk kita semua -- anak-anak dan orang dewasa -- supaya kita dapat semakin mengenal Dia. Beberapa dari kalian di sini mungkin belum bisa membaca beberapa kata di Alkitab karena kalian baru saja mulai belajar membaca. Lukas 11:28 berkata, “Berbahagialah orang-orang yang mendengarkan firman Allah dan menaatinya.” Kamu bisa meminta orang tua atau orang dewasa yang lain untuk membacakan Alkitab untukmu jika kamu belum bisa membacanya sendiri!

Yang penting adalah kamu belajar dari Alkitab dan apa yang dikatakan di dalamnya. Saat kamu semakin besar, penting bagimu menyisihkan waktu sendirian untuk membaca Alkitab supaya kamu bisa belajar apa yang dikatakan oleh Allah kepadamu. Pada saat ini, kamu mungkin memiliki waktu saat teduh bersama keluarga setiap malam sebelum tidur (atau pada waktu lain yang nyaman menurut keluargamu) supaya kamu belajar apa yang ada di dalam Alkitab.

Gambar: Keluarga membaca Alkitab.

Saat kamu membaca Alkitab, juga penting untuk memastikan bahwa kamu mengerti apa yang kamu baca. Pastikan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang teks itu. Cobalah untuk menceritakan ulang kisahnya dengan kata-katamu sendiri untuk memastikan kamu tidak melewatkan detailnya. Ajukan pertanyaan seperti: siapa yang bercerita atau tentang siapakah cerita itu? Apa yang terjadi dalam cerita itu? Apakah cerita itu terjadi di Perjanjian Baru atau Perjanjian Lama? Bagaimana/Apa yang bisa saya pelajari dari cerita itu?

Alkitab adalah buku istimewa dari Allah untuk kita, dan kita seharusnya menghormati Dia dengan menyisihkan waktu untuk melihat apa yang dikatakan Alkitab! Bayangkan seorang teman menulis sebuah surat kepadamu, memberi tahu betapa kamu adalah seorang teman yang hebat. Akan tetapi, bukannya membaca surat itu, kamu memasukkannya di dalam sebuah laci dan tidak pernah membukanya. Kamu tidak akan pernah tahu bahwa menurut temanmu, kamu adalah seorang teman yang hebat! Jika kita tidak membaca Alkitab kita, itu adalah seperti tidak pernah membuka surat dari teman kita. Kita tidak akan mengetahui apa yang Allah katakan mengenai kita tentang bagaimana menjalankan hidup bagi Dia jika kita tidak membaca apa yang dikatakan di Alkitab.

“Alkitab adalah buku istimewa dari Allah untuk kita, dan kita seharusnya menghormati Dia dengan menyisihkan waktu untuk melihat apa yang dikatakan Alkitab!”


Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Aktivitas Kerajinan mengenai Membaca Alkitab

Buatlah lampu kertas yang dicetak untuk anak-anak. (klik di sini untuk mengunduh) Mintalah mereka untuk mengisi ayat Alkitab di atas kertas sebagai pengingat bahwa firman Allah adalah panduan jalan kita dan itulah alasan penting bagi kita untuk membacanya!

Anda juga dapat melakukan beberapa gerakan untuk menolong anak-anak menghafalkan ayat itu (tangan ditangkupkan untuk Alkitab, posisikan tangan seperti saat Anda memegang sebuah lentera, arahkan ke kaki, tangan di atas kepala menghadap keluar, arahkan tangan ke depan seakan-akan Anda membuat jalan dan menunjuk ke depan). (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Ministry to Children
Alamat situs : https://ministry-to-children.com/bible-reading-lesson/
Judul asli artikel : The Spiritual Discipline of Bible Reading
Penulis artikel : Brandi Riddle
Tanggal akses : 14 September 2018

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar