Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Cara Mengenali dan Mengembangkan Talenta Anak


e-BinaAnak: Bagaimana cara mengenali talenta anak dan cara mengembangkan talenta tersebut?

Trivonia Yanggu: Mengamati setiap kegiatan yang diikuti anak dan menyediakan sarana yang tepat untuk pengembangan talentanya.

Heny Ruroh Waryanti: Mengamati setiap perkembangan anak kemudian melihat apa yang menjadi kesukaannya dan kita membantu mengarahkan apa yang menjadi talentanya.

Shmily Tilestian: Memerhatikan aktivitas yang menjadi kesukaan anak, memberikan kesempatan untuk melakukan kesukaan itu lebih banyak dan efektif. Biasanya, anak akan betah melakukan aktivitas yang menjadi interesnya.

e-BinaAnak: Terima kasih sharing dari Trivonia Yanggu, Heny Ruroh Waryanti, dan Shmily Tilestian. Pertanyaannya sekarang, apakah ada anak yang juga tidak tahu apa yang menjadi minat mereka? Bagaimana cara menolong mereka untuk tahu apa yang benar-benar menjadi minat dan talentanya?

Shmily Tilestian: Bisa jadi anak yang tidak tahu apa minat mereka karena disebabkan oleh faktor lingkungan keluarga. Kalau di dalam keluarga, anak-anak sering dibentak, dimarahi (karena mainannya berantakan, susah tidur siang, dll.), bahkan ditekan tidak boleh main ini-itu... anak bisa saja malah fokus pada perasaan tertekan, ingin berontak, dan takut untuk mencoba hal-hal baru. Menurut saya, untuk mengetahui minat mereka yang sebenarnya, perlu waktu yang lama juga... proses. Tapi yang penting, aktivitas yang mereka lakukan jangan sampai luput dari perhatian kita.

Sumber: http://www.facebook.com/sabdabinaanak/posts/10150890107196629

Kategori Bahan PEPAK: Kesaksian Guru

Komentar