Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Cara Memuridkan Anak-Anak Anda dengan Membaca Alkitab


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 702 - Memuridkan Anak dengan Firman Tuhan (II)

  1. Bacakan kepada mereka dari Alkitab ketika mereka masih kecil. Mengenang kembali Daud dan Goliat, Nuh dan Bahtera, Yesus dan Anak-Anak Kecil, Yosua dan Yerikho; berbagilah cerita-cerita Alkitab tersebut dengan mereka, dan mereka akan belajar untuk mencintai mendengar firman Allah.

    - Gunakan stiker dan/atau buku-buku berwarna, grafik flanel, membuat kue, dll. untuk mendorong minat dan ingatan mereka. (Bisa juga dengan mendengarkan Alkitab audio drama, menonton film Yesus, menyaksikan animasi-animasi rohani cerita Alkitab, dan sebagainya yang sesuai dengan dunia generasi digital saat ini. - Red.)

  2. Setiap hari, milikilah waktu saat teduh sebagai keluarga. Mengumpulkan semua orang untuk bersama-sama membaca firman Allah, belajar, dan mendiskusikan ajaran-ajaran-Nya akan mendekatkan keluarga Anda dan membuat masing-masing anggota keluarga Anda bertumbuh dalam perjalanan rohani bersama Tuhan.

    - Terapkan dalam keluarga Anda waktu untuk belajar Alkitab. Pilihlah pelajaran Alkitab berdasarkan pada apa yang Anda ketahui tentang kebutuhan keluarga Anda untuk dilakukan, pilihlah sebuah kitab dari Alkitab untuk dibaca bersama-sama sebagai sebuah keluarga.

  3. Ajarlah anak Anda untuk memiliki waktu teduh pribadi. Jika kita tidak melatih mereka untuk membaca firman Allah sendiri terpisah dari waktu perenungan keluarga, mereka cenderung untuk tidak melakukannya sendiri ketika dewasa. (Sebagai pendamping untuk waktu teduh pribadi, dalam gawai/gadget Android Anda atau anak Anda, silakan install aplikasi e-Renungan Harian Pagi, Siang, dan Malam. Anda dapat mengunduhnya melalui < http://android.sabda.org >. - Red.]

    - Carilah renungan anak yang akan melibatkan mereka untuk membaca Alkitab dan menemukan jawaban sendiri. Memiliki sesi/bagian pertanyaan adalah penting bagi mereka untuk belajar menggali firman Allah sebagai jawaban-jawabannya. Mereka akan memerlukan kemampuan ini sepanjang hidup ketika mereka memerlukan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang lebih besar.

  4. Izinkan mereka untuk membawa sebuah Alkitab ke gereja. Saya tahu bahwa akan sulit bagi anak-anak untuk mengikuti khotbah pendeta, sehingga dengan membiarkan anak-anak kita membawa Alkitab, kita memberikan kesempatan kepada mereka untuk membaca firman Allah daripada hanya membiarkan mereka menggeliat atau mengalihkan perhatian orang-orang di sekitar mereka.

    - Anda harus menentukan pada usia berapa Anda mengharuskan anak-anak Anda membuka Alkitabnya ketika pendeta sedang mengajar. Putra saya berusia 10 tahun dan hal itu diperlukan pada usianya saat ini, sementara putri saya yang berusia 8 tahun dapat membaca Alkitabnya dalam waktu lama selama dia tenang. (Jika anak Anda memiliki gagdet sendiri, pastikan sudah tersedia aplikasi Alkitab di dalamnya sehingga ia juga bisa membaca Alkitab melalui gadgetnya. - Red.)

  5. Jadilah teladan. Jagalah waktu perenungan pribadi Anda agar dapat dilihat oleh anak-anak Anda. Mintalah mereka untuk menghargai waktu teduh Anda bersama Allah. Hal ini akan mengajarkan kepada mereka pentingnya perenungan pribadi.

    - Ingatlah bahwa anak kita belajar paling banyak dari teladan-teladan yang kita berikan. Hanya dengan melihat apa yang kita lakukan dalam kehidupan pribadi kita dengan Alkitab akan sangat mengajarkan kepada mereka apa yang seharusnya mereka lakukan. Teladan kita harus mengarahkan mereka kepada Kristus dan kepada figur yang kita harapkan ketika mereka dewasa.

    Tidak ada kata terlambat untuk membuat perubahan-perubahan dalam waktu perenungan pribadi dan keluarga Anda. Masuklah ke dalam firman Allah, baik sendiri maupun secara bersama-sama tahun ini, lihatlah hal-hal menakjubkan yang akan Allah lakukan dalam keluarga Anda! Saya berdoa untuk Anda! (t/Santi T.)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Beautiful Ashes
Alamat URL : http://www.mistyleask.com/bible/
Judul asli artikel : How to Disciple Our Kids by Reading the Bible
Penulis artikel : Misty Leaks
Tanggal akses : 9 April 2015

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Komentar