Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Memilih Kurikulum yang Tepat untuk Kelas Anda


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Bagaimana tinjauan secara umum sebelum menyusun kurikulum sekolah minggu? Alangkah baiknya jika Anda mulai mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini. Bagaimana Memilih Kurikulum yang Tepat untuk Kelas Anda Mengajarkan prinsip-prinsip yang alkitabiah kepada anak-anak adalah hal yang penting bagi para guru sekolah minggu. Mendapatkan kurikulum yang terbaik untuk melakukan hal ini bukanlah hal yang selalu gampang. Ketika Anda menjadi guru sekolah minggu, Anda akan ingin memerhatikan kurikulum yang

Bagaimana tinjauan secara umum sebelum menyusun kurikulum sekolah minggu? Alangkah baiknya jika Anda mulai mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

Bagaimana Memilih Kurikulum yang Tepat untuk Kelas Anda

Mengajarkan prinsip-prinsip yang alkitabiah kepada anak-anak adalah hal yang penting bagi para guru sekolah minggu. Mendapatkan kurikulum yang terbaik untuk melakukan hal ini bukanlah hal yang selalu gampang.

Ketika Anda menjadi guru sekolah minggu, Anda akan ingin memerhatikan kurikulum yang bisa Anda ajarkan di kelas Anda. Penting bagi Anda untuk memilih dengan cermat apa yang Anda ajarkan, dan pastikan bahwa ajaran itu mencerminkan kepercayaan gereja dan keluarga yang dilayani. Bagaimana Anda memilih dan menyusun kurikulum sekolah minggu yang baik bagi anak-anak? Berikut hal-hal perlu Anda perhatikan.

Perhatikan Apa yang Disediakan Gereja

Beberapa gereja menerima kurikulum yang memungkinkan setiap orang mengajarkannya di kelas anak-anak. Kurikulum ini biasanya berupa paket yang diberikan kepada para guru sekolah minggu untuk memberi ide-ide pelajaran, kegiatan, lagu-lagu, dan tips untuk mengajarkan pelajaran tertentu. Bila gereja Anda menerima kurikulum seperti itu, maka ini mungkin ide yang baik untuk Anda gunakan sebagai tuntunan dasar di kelas Anda. Rencana mingguan dibagikan sehingga semua usia belajar secara garis besar belajar pelajaran yang sama setiap minggunya. Anda bebas menggunakan kurikulum tersebut dan temukan ide-ide yang berkaitan yang bisa membantu Anda menjabarkan pelajaran tersebut.

Usia yang Tepat

Hal berikutnya yang akan Anda lakukan ketika Anda akan memilih atau menyusun kurikulum untuk pelajaran sekolah minggu adalah usia yang tepat untuk pelajaran yang diberikan. Ketika Anda menghadapi anak- anak, Anda perlu mengajarkan pelajaran dengan cara- cara tertentu sehingga mereka memahami prinsip-prinsip dasar tanpa merasa terbebani. Anak-anak yang usianya lebih dewasa perlu pemaparan yang lebih mendalam ketika mereka mempelajari sesuatu. Jadi, Anda perlu memastikan apakah kurikulum yang disusun dan apa yang hendak Anda ajarkan tepat untuk anak-anak didik Anda. Beberapa kegiatan bisa dirancang sesuai dengan kelompok usia, sehingga kegiatan-kegiatan jenis ini selalu bisa digunakan pada masa yang akan datang.

Perhatikan Harapan dan Tujuan Pelajaran Anda

Hal berikutnya yang akan Anda lakukan ketika Anda memilih dan menyusun kurikulum untuk sekolah minggu adalah membuat daftar harapan dan tujuan pelajaran Anda sendiri. Menurut Anda, apa yang perlu dipelajari oleh anak-anak? Apa yang Anda harapkan untuk mereka pelajari? Pelajaran yang bagaimana yang "bisa dilakukan" di dalam kelas? Ada banyak ide besar untuk mengajar anak-anak tentang Tuhan dan Alkitab, tetapi Anda juga harus ingat bahwa Anda punya waktu yang terbatas dengan anak-anak ini setiap minggunya, dan beberapa anak bahkan malah lebih sedikit lagi. Pastikan Anda menetapkan harapan-harapan Anda sehingga Anda bisa mencapai tujuan- tujuan Anda sebagai seorang guru. (t/Ratri)

-- Bergabunglah dalam: http://fb.sabda.org/binaanak --

Kategori Bahan PEPAK: Kurikulum - Pedoman Mengajar

Sumber
Judul Artikel: 
How to Choose the Best One for Your Class
Situs: 

http://baptist-church.suite101.com (Baptist-Church.Suite101.com)

Komentar