Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Mengajar Anak Memelihara Lingkungan


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Sebagai orang dewasa, adalah tanggung jawab kita untuk mengajar anak-anak agar peduli terhadap lingkungan. Sejak dini, anak dapat belajar bagaimana mereka dapat menyelamatkan bumi dan hemat energi. Mengajar anak-anak untuk mencintai lingkungan akan menjamin kelangsungan generasi masa depan yang peduli terhadap bumi! Bincangkanlah dengan anak-anak bagaimana mereka dapat menghemat energi. Terangkan kepada mereka pentingnya mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan tertentu. Pastikan Anda mempratikkan

Sebagai orang dewasa, adalah tanggung jawab kita untuk mengajar anak-anak agar peduli terhadap lingkungan. Sejak dini, anak dapat belajar bagaimana mereka dapat menyelamatkan bumi dan hemat energi. Mengajar anak-anak untuk mencintai lingkungan akan menjamin kelangsungan generasi masa depan yang peduli terhadap bumi!

  1. Bincangkanlah dengan anak-anak bagaimana mereka dapat menghemat energi. Terangkan kepada mereka pentingnya mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan tertentu. Pastikan Anda mempratikkan apa yang Anda ajarkan!

  2. Berbincanglah dengan anak-anak mengenai pentingnya menghemat penggunaan air. Tunjukkan kepada mereka bagaimana mereka dapat menggosok gigi tanpa membiarkan air terus- menerus mengalir dari keran. Mereka akan sangat senang melakukan hal ini jika mereka pun melihat Anda menggosok gigi tanpa membiarkan air terus-menerus mengalir dari keran.

  3. Ajak anak-anak untuk menjadi sukarelawan bagi penyelamatan lingkungan. Menanam pohon, terlibat dalam kelompok pencinta lingkungan, dan kegiatan memungut sampah merupakan aktivitas sukarela yang dapat melibatkan anak-anak dalam belajar mencintai lingkungan.

  4. Hiaslah sebuah tas yang berbahan kampas/mota (kain tenunan yang kasar dan tebal) menggunakan cap atau pewarna kain. Bawalah tas tersebut ketika Anda berbelanja. Katakan kepada anak-anak bahwa lebih baik menggunakan tas kampas tersebut daripada menggunakan tas plastik karena akan lebih baik bagi lingkungan.

  5. Ajarkan anak-anak untuk mencintai lingkungan dengan cara mendaur ulang. Tunjukkan kepada mereka beberapa benda yang dapat didaur ulang. Perlihatkan kepada mereka tempat untuk menyimpan benda-benda tersebut. Biarkan mereka aktif berpartisipasi dalam proses tersebut! (t/Davida)

-- Bergabunglah dalam: http://fb.sabda.org/binaanak --

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Artikel: 
How to Teach Children To Care For The Environment

Komentar