Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Aktivitas yang Cocok untuk Pra-Remaja (Umur 12-14 Tahun)


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Kegiatan yang cocok untuk Pra-Remaja antara lain:

Penyelidikan Alkitab

Penyelidikan Alkitab ini dilakukan untuk merangsang anak-anak Pra-Remaja untuk mengetahui fakta dan kebenaran yang terdapat dalam Alkitab. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau mandiri. Metode yang cocok digunakan adalah Studi Alkitab Induktif supaya anak menggali sendiri kebenaran Firman Tuhan.

Penyelidikan Peta

Dalam menceritakan kisah Alkitab ajaklah mereka untuk membuka peta Alkitab agar mengetahui dimana kisah itu terjadi. Ajaklah juga melihat informasi-informasi tambahan lainnya, misalnya melihat latar belakang kota / daerah / kerajaan / bangsa / nama yang sedang dipelajari dengan memakai Kamus Alkitab atau Buku Ensiklopedia.

Diskusi

Diskusi ini dilakukan untuk mendorong mereka melihat kebenaran Alkitab dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagaimana menghadapi masalah-masalah remaja. Berikan judul-judul yang menarik supaya mereka tertarik untukb erdiskusi, misalnya Orang Farisi Jaman Milenium, Katakan "NO" pada Narkoba, dll.

Sharing

Sharing ini dilakukan untuk saling berbagi pengalaman hidup masing-masing, supaya dapat saling menguatkan dan menolong serta mendoakan. Usahakan untuk memisahkan kelompok laki-laki dan wanita, supaya mereka lebih merasa aman.

Kegiatan Di Alam Terbuka (Outdoors)

Jika memungkinkan sekali-kali ajaklah anak untuk pergi melakukan kegiatan di alam terbuka, misalnya berkemah, naik gunung, hiking, bersepeda ke desa dll. Bimbinglah mereka untuk bersahabat dengan alam, supaya menghargai ciptaan Tuhan. Melakukan kegiatan bersama-sama ini akan mengajar mereka untuk saling memperhatikan, mengasihi dan menolong satu dengan yang lain.

Demikian beberapa kegiatan yang cocok untuk Pra-Remaja, selamat mencoba.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Komentar