Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hal Penting dalam Menghafal Ayat Alkitab


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Satu hal yang sangat penting harus diingat oleh guru Sekolah Minggu bahwa ayat-ayat Alkitab tidak berdiri sendiri. Ada konteks yang menyertainya. Masing-masing ayat tidak boleh diberi arti di luar konteksnya. Oleh karena itu ketika guru mengajar anak untuk mengahafal salah satu ayat sebaiknya guru memberikan penjelasan makna ayat itu dalam konteksnya yang tepat.

Salah satu cara agar guru tidak melepaskan ayat hafalan itu dari konteksnya adalah dengan membacakan seluruh perikop dimana ayat itu berada, lalu menjelaskan makna ayat tsb. Atau jika anda cukup kreatif anda bisa membuat cerita yang memberikan pelajaran seperti yang dimaksudkan oleh ayat tsb. Tapi pastikan bahwa cerita itu memang menggambarkan makna yang tepat untuk ayat yang dihafalkan, karena kalau tidak justru mengaburkan makna ayatnya.

Ada banyak cara yang dapat dipakai guru untuk menolong anak-anak menghafal ayat, misalnya:

  1. Dengan menuliskan ayat hafalan dalam kertas yang cukup besar, dengan warna dan tulisan yang menarik hati utnuk anak-anak. Lalu tempelkan di salah satu dinding kelas selama beberapa minggu berturut-turut sehingga anak dapat melihat dan membacanya berulang-ulang.
  2. Dengan cara merekam suara anak yang telah menghafalkan ayat hafalan, khususnya untuk meanrik anak yang sulit menghafal karena biasanya anak senang mendengar suaranya sendiri.
  3. Dengan menuliskan ayat hafalan dikertas-kertas kecil yang diberi hiasan yang menarik, sehingga anak bisa membawanya kemana saja mereka pergi.
Dan masih ada banyak cara lagi, selamat berkreasi ...

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Komentar