Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Piknik Imajinatif


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Salah satu hari yang istimewa adalah ketika kami belajar tentang "Keluargaku". Setelah kepada anak-anak dijelaskan tentang apa yang disebut "Keluarga", kami mengajak anak-anak bermain peranan.

Setiap anak mengambil peran yang berbeda, ada yang menjadi ayah dengan mengenakan topi koboi yang besar, sepatu papa yang besar. Anak perempuan menjadi ibu dengan baju yang besar, menggendong bayi sambil membawa payung. Kami menyiapkan makanan untuk dibawa piknik. Dengan dipimpin oleh ayah sebagai supir, kami pergi ke ruangan lain. Di sana sudah disiapkan beberapa kemah-kemah kecil, dihiasi pohon-pohonan yang memberikan gambaran suasana piknik.

Dengan spontan anak-anak berubah peran menjadi dokter ketika melihat peralatan dokter; menjadi petugas pemadam kebakaran, ketika salah satu anak berteriak: "kebakaran" di salah satu kemah, dan lain-lain. Pada saat jam makan, salah satu guru menggelar tikar, membuka keranjang piknik. Dengan dibantu beberapa anak perempuan, maka makanan kecil dan minuman disiapkan, dan kami makan bersama. Tiba-tiba seorang ibu berseru, "hujan, ayo masuk ke dalam kemah". Maka dengan spontan, anak-anak masuk ke dalam kemah. Lampu dimatikan, seolah-olah malam hari dan anak-anak tidur di dalam kemah. Beberapa menit kemudian lampu dinyalakan lagi ... Waktu untuk pulang kembali ke dalam kelas.

Perjalanan piknik 20 menit yang menyenangkan. Tiba di kelas kami beristirahat di atas karpet. Gagasan acara "piknik" mempunyai tujuan untuk menyentuh aspek "affective" anak. "Sahabat Kristus" tidak hanya menyentuh "cognitive anak, melalui suasana yang bebas dan imaginatif, anak diajak untuk mengekspresikan diri. Sifat dan karakter anak terlihat dengan jelas sehingga mempermudah guru untuk mengarahkan. Setiap hal unik dan menarik yang kami lihat dalam diri anak, langsung didiskusikan dengan orangtua yang juga dengan setia menunggu anak sambil mereka sendiri belajar bersama "bagaimana menjadi orangtua yang bijaksana".

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Sumber
Nomor Edisi: 
12

Komentar