Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hormati Orangtua


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan mengajar berikut ini akan menolong GSM untuk mengajar bagaimana anak-anak menghormati dan menghargai orangtuanya.

Hukum Tuhan yang kelima mengatakan, "Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu." (Keluaran 20:12)

Tuhan amat menghargai orangtua. Orangtua telah Tuhan pilih untuk membimbing dan membawa anak-anak bertumbuh besar. Karena itu sejak kecil anak-anak harus menghormati orangtua. Siapakah orangtua yang harus kita hormati? Ternyata yang dimaksud dengan 'orangtua' bukan cuma ayah dan ibu kita saja lho. Ayo kita lihat, siapa saja yang harus kita hormati.

1. Hormati Bapak-bapak Negeri

"Maka raja-raja akan menjadi pengasuhmu, dan permaisuri- permaisuri mereka akan menjadi inangmu." (Yesaya 49:23)

Jenis 'orangtua' yang dimaksud di sini adalah orang yang duduk dalam pemerintahan: Raja-raja, Presiden, Menteri, Gubernur, dsb. Mereka bertanggungjawab agar hidup rakyatnya sejahtera. Mereka mengurus kebutuhan orang miskin, anak yatim dan janda. Mereka menghukum orang-orang berbuat kejahatan. Mereka disebut sebagai 'Bapak Negeri, Bapak Bangsa'. Kita sebagai anak-anaknya menghormati mereka dengan tunduk terhadap Undang-undang dan peraturan yang mereka buat. Kita berdoa untuk mereka agar pemerintah dengan bijaksana dan baik.

2. Hormati Bapak-bapak Tua

"Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat kepada orang yang tua dan engkau harus takut akan Allahmu; Akulah TUHAN." (Imamat 19:32)

Alkitab mengajar kita untuk menghormati orang yang sudah tua. Yang sudah berambut putih, beruban. Mungkin itu kakek atau nenek kita, mungkin kakek teman kita, atau kakek-kakek yang lain. Mereka telah banyak mengecap pengalaman hidup. Mereka telah melewati berbagai kesulitan dan tantangan. Mereka memiliki banyak kisah keberhasilan dan kegagalan. Itulah sebabnya kita patut menghormati orang yang sedemikian. Bagaimana kita menyatakan hormat kepada mereka? Dengan belajar dari pengalaman mereka dan menuruti teladan hidup mereka.

3. Hormati Bapak-bapak Rohani

"Sebab sekalipun kamu mempunyai beribu-ribu pendidik dalam Kristus, kamu tidak mempunyai banyak bapa. Karena akulah yang dalam Kristus Yesus telah menjadi bapamu oleh Injil yang kuberitakan kepadamu." (1Korintus 4:15)

Kita juga harus menaruh hormat kepada orangtua rohani kita. Mereka adalah orang-orang yang mengenalkan Kristus ke dalam kehidupan kita. Misalnya, guru Sekolah Minggu, guru agama, atau pendeta kita. Kepada mereka kita menaruh hormat dan berterima kasih, karena kerelaan mereka melayani dan mengabarkan Injil membuat kita bisa mengenal Tuhan. Bayangkan apa jadinya dunia ini jika tak ada orang yang rela menyerahkan hidupnya untuk mengabarkan Injil dan mengajarkan Firman Tuhan? Pasti banyak sekali orang jahat dan perusak, bukan?

4. Hormati Bapak-bapak Pemimpin

Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu. (Baca: Ibrani 13:17)

Selain bapak-bapak rohani, kita juga mempunyai "bapak-bapak" pemimpin. Mungkin itu Bapak atau Ibu guru, Kepala Sekolah, ketua kelas, pemimpin kelompok belajar, dsb. Terhadap mereka kita wajib tunduk dan hormat. Kalau besar nanti kita bekerja di kantor, kita akan punya majikan. Majikan itu juga harus kita hormati. Pokoknya terhadap semua atasan, kita wajib hormati. Alkitab mengatakan kita menghormati atasan kita dengan taat dan tunduk.

5. Hormati Bapak dan Ibu

"Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup? Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya." (Ibrani 12:9-10)

Nah, yang terakhir tetapi tak kalah penting, tentu saja orangtua kita. Papa dan Mama adalah orang-orang terpenting dalam hidup kita. Mama melahirkan kita dengan susah payah. Papa bekerja siang malam untuk mencukupi kebutuhan hidup kita. Mereka mendidik dan membesarkan kita di dalam Tuhan. Sudah sepatutnya kita hormat kepada mereka. Turutilah nasehat yang bisa kita nyatakan untuk menghormati Papa dan Mama.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
KITA - Majalah Kristen untuk Anak-anak
Halaman: 
4 - 6
Penerbit: 
Lembaga Reformed Injili Indonesia
Nomor Edisi: 
50

Komentar