Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Anggota-anggota Tubuh Kristus


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat peraga:
Sebuah palu.

Penyampaian:
Ini adalah sebuah palu. Digunakan untuk memukul paku bila memaku sesuatu, misalnya peti. Apa yang terjadi bila jari yang kena palu? Pasti akan sakit sekali dan akhirnya bengkak.

Sekarang saya hendak mengangkat palu ini dan saya akan meletakkan tangan saya yang lain di bawahnya. Jika saya mengatakan kepada kalian bahwa saya akan memukul ibu jari saya sekeras mungkin, percayakan kalian? Kalian benar. Mengapa kalian tidak percaya bahwa saya akan memukul ibu jari saya? Tentu saja itu akan sakit sekali. Tangan saya dihubungkan pada lengan saya, dan lengan itu dihubungkan pada tubuh saya. Walaupun ibu jari adalah anggota tubuh yang kecil sekali, namun ia akan merasa sakit. Tidak ada orang yang dengan sengaja akan menyakiti tubuhnya sendiri, bukan?

Dalam 1Korintus 12:12-31 Firman Allah memberitahukan bahwa pada saat kita menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, maka Dia menjadikan kita anggota-anggota tubuh-Nya. Kalian adalah anggota dari tubuh Kristus dan saya juga anggota dari tubuh Kristus. Semua orang Kristen adalah anggota-anggota dari Kristus (bacalah 1Korintus 12:12,13,27). Kita tidak tahu menjadi bagian apakah kita ini, namun Alkitab mengatakan bahwa kita semua sama penting bagi Dia. Alkitab mengatakan bahwa bila seorang Kristen menderita, maka kita semua menderita karena kita semua berada dalam satu Tubuh (1Korintus 12:26).

Jika salah seorang di antara kita berbuat sesuatu yang menyakiti orang Kristen lain, sesungguhnya kita menyakiti Kristus dan diri kita sendiri, sama seperti palu itu akan menyakiti seluruh tubuh saya walaupun yang kena pukul hanya ibu jari saya. Mungkin kalian berpikir bahwa kalian tidak pernah menyakiti orang Kristen lain karena kalian tidak pernah meninju dia atau melemparinya dengan batu atau menyebabkan dia tersandung.

Kita sekalian sudah pernah menyakiti satu sama lain, yaitu dengan lidah kita. Surat Yakobus (pasal 3) mengatakan, betapa banyak kesusahan yang dapat dibuat oleh lidah kita terhadap orang-orang Kristen lain. Pernahkah kalian berdusta tentang orang Kristen lain? Pernahkah kalian mengatakan hal-hal yang jahat dan tidak baik kepada orang Kristen lain sehingga menyakiti hatinya? Pernahkah kalian tidak dapat mengendalikan amarah kalian dan mengatakan apa saja yang ada dalam pikiran kalian? Ada banyak cara lagi untuk melukai hati orang Kristen dengan kata-kata yang tidak benar atau tidak baik, yang seharusnya tidak boleh kalian ucapkan. Firman Allah mengatakan bahwa lidah itu seperti api dan penuh dengan kejahatan atau dosa (Yakobus 3:6). Hanya Tuhan Yesus Kristus sajalah yang dapat mengontrol lidah kita dan menahan kita dari berkata-kata yang tidak baik. Ingatlah, bila kali berikutnya kalian dicobai untuk mengatakan sesuatu yang tidak benar tentang seorang Kristen, maka kalian tidak saja menyakiti dia tetapi kalian juga menyakiti Kristus dan diri sendiri, karena kita sekalian adalah anggota-anggota tubuh Kristus.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar