Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Saran Praktis dalam Mengajarkan Tanggung Jawab


Jenis Bahan PEPAK: Tips

KEBERSIHAN DAN KERAPIAN

Anak-anak perlu diajarkan bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengajarkan tentang tanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian itu kepada anak-anak:

  1. Mulailah dengan mengajukan dua pertanyaan yang sulit:
    1. Apakah ada tingkah laku yang saya harapkan dari anak saya, tetapi saya sendiri tidak memberi teladan? (Apakah saya selalu membereskan kembali segala yang saya buat berantakan dan membersihkan segala yang saya kotorkan? Apakah saya jorok menurut ukuran saya sendiri?
    2. Apakah tingkat kerapian yang saya harapkan itu cocok dengan tahap perkembangan anak saya? (Jika kita mengharapkan tingkah laku dewasa dari anak-anak pasti kita akan kecewa.)
  2. Usahakan bahwa anak Anda mengetahui bagaimana caranya melakukan tugas-tugas yang dituntut dari padanya. Anak itu memerlukan petunjuk bagaimana cara menggantung pakaian, membereskan kamar, atau membersihkan kamar mandi. Cobalah melaksanakan suatu tugas di rumah bersama-sama, satu kali saja, untuk menunjukkan bagaimana hal itu seharusnya dikerjakan. Jika ada berikanlah buku-buku yang baik yang dapat memberi petunjuk tentang bagaimana caranya untuk membersihkan sendiri kamar mereka (bagi mereka hal ini sering merupakan pekerjaan berat dan besar).
  3. Gabungkanlah kelemahlembutan dengan ketegasan, tanpa perlu marah. Jika tuntutan Anda yang tegas disertai kemarahan, maka anak Anda tidak akan mau memberi respons sebelum ia melihat Anda naik pitam.

TANGGUNG JAWAB TERHADAP BARANG

Untuk menolong anak untuk memelihara dan bertanggung jawab terhadap barang yang dimilikinya, cobalah gagasan-gagasan berikut ini:

  1. Batasilah jumlah barang yang harus dipelihara dan dijaga oleh anak Anda. Jika ia diberi terlalu banyak mainan, tidaklah mungkin bagi anak itu untuk memandang setiap mainan itu sebagai barang yang berharga. Usahakanlah untuk menggilir mainan-mainannya, sebagian disimpan untuk sementara waktu sehingga mainan itu terasa baru lagi bila kemudian dikeluarkan kembali.
  2. Tolong dan ajarkan anak untuk dapat membeli barang-barang yang diingininya dengan uangnya sendiri. Jika anak mengerti upaya yang diperlukan untuk mendapatkan suatu barang, ia akan lebih menghargai dan memiliki rasa tanggung jawab penuh untuk memelihara barang tersebut.
  3. Jika anak Anda sudah cukup besar dan cukup mengerti bagaimana memperlakukan dan memelihara barang miliknya dan sesudah diperingatkan terus saja ceroboh dan menyalahgunakan benda tersebut, janganlah Anda mengijinkannya untuk memakai barang itu untuk sementara waktu.
  4. Jika suatu barang rusak atau hancur karena perlakuan yang kasar atau karena kelalaiannya, suruhlah anak itu membayar dengan uangnya sendiri untuk perbaikan atau untuk mengganti yang diperlukan.
  5. Jika mainan, pakaian, dan barang-barang miliknya tercecer di mana- mana, buatlah suatu "kotak hari Sabtu". Apa saja yang ditemukan berceceran tidak pada tempatnya dimasukkan ke dalam kotak itu dan tidak boleh diambil sampai pada hari Sabtu. Kelihatannya memang kejam, tetapi setelah Anda menjalankan cara ini satu atau dua minggu, Anda pasti akan melihat perubahan yang mengherankan yang akan mengubah kebiasaannya.
  6. Ajarkan mereka untuk bertanggung jawab dalam menggunakan barang milik orang lain. Jika barang-barang pinjaman rusak atau habis terpakai, mereka harus memperbaiki dan mengganti barang-barang tersebut.

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Artikel: 
Anak Anda Juga dapat Rapi dan Bersih dan Belajar tentang Nilai Barang
Judul Buku: 
40 Cara Mengarahkan Anak
Pengarang: 
Paul Lewis
Halaman: 
78 - 80 dan 181 - 183
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1993

Komentar